Comscore Tracker

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kecantikan

Bisa cegah kanker kulit, lho!

Para beauty enthusiast mungkin sudah tahu manfaat kece dari teh hijau dalam produk perawatan kulit. Selain bantu melembapkan, teh hijau juga bisa melawan penuaan dini. Tak heran, banyak produk perawatan kulit menggunakan teh hijau sebagai kandungan andalan.

Nah, ternyata manfaat kecantikan teh hijau gak cuma kamu dapat lewat produk skin care, lho! Dengan rutin minum teh hijau, kamu juga bisa banyak manfaat kecantikan lainnya yang gak bisa disepelekan. Berikut daftar manfaat kalau kalau kamu rutin minum teh hijau!

1. Bantu mengurangi jerawat

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk KecantikanFreepik/senivpetro

Teh hijau mengandung catechin, tipe senyawa polifenol yang bersifat antioksidan dan antiperadangan. Catechin ini sangat efektif dalam mengurangi peradangan kulit.

Biarpun rutin minum teh hijau dan mengaplikasikannya pada kulit, gak serta-merta bikin jerawat hilang. Setidaknya, jerawat yang kamu alami gak sampai parah meradang dan meninggalkan bekas yang sulit hilang.

2. Bantu mengurangi minyak berlebih

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk KecantikanFreepik/benzoix

Epigallocatechin gallate (EGCG), tipe catechin yang banyak terkandung dalam teh hijau ini bisa bantu mengurangi minyak berlebih. EGCG dapat mengurangi jumlah lipid dan bersifat antiandrogenik sehingga efektif dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Androgen itu sendiri merupakan salah satu hormon yang dihasilkan tubuh. Hormon ini menstimulasi kelenjar minyak untuk memproduksi sebum. Hormon androgen yang banyak dan aktif akan memicu produksi sebum berlebih yang bisa memicu blackhead, whitehead, dan jerawat. Kandungan EGCG bisa bantu mengontrol ini.

3. Bikin tampak awet muda

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kecantikanfreepik/pressfoto

Dilansir laman Healthline, sebuah studi pada 2005 terhadap 80 perempuan menunjukkan kalau pengaplikasian teh hijau ke kulit dan rutin meminumnya bisa bantu meningkatkan keelastisitasan kulit. Kulit jadi tetap kenyal, tidak mengendur, dan tampak awet muda.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterol

4. Bantu mencengah kanker kulit

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk KecantikanFreepik/pressfoto

Dilansir laman 100 Percent Pure, sebuah studi menunjukkan kalau rutin minum dan mengaplikasikan teh hijau pada kulit bisa bantu melawan beberapa jenis kanker kulit. Hal ini karena teh hijau mendorong perbaikan DNA. Kandungan antioksidannya melawan kerusakan DNA karena sinar UV yang bisa memicu kanker kulit.

5. Melindungi kulit dari sinar UV

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk KecantikanFreepik/pressfoto

Rutin minum teh hijau bisa bantu membentengi kulit dari bahaya sinar UV. Selain melawan penuaan dini, kandungan yang ada pada teh hijau bisa menghentikan kerusakan sel-sel pada permukaan kulit akibat sinar UV. Biarpun begitu, kamu tetap wajib pakai tabir surya, ya!

6. Mengurangi iritasi akibat sinar UV

Gak Bisa Disepelekan, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hijau untuk KecantikanPexels/minan1398

Kamu yang sering mengalami kulit kemerahan karena terpapar sinar matahari perlu sering pakai tabir surya dan minum teh hijau, nih!

Dilansir laman Cup and Leaf, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menunjukkan kalau minum teh hijau rutin dapat mengurangi kemerahan dan peradangan akibat paparan sinar matahari. Teh hijau bisa meningkatkan jumlah senyawa penting untuk mengobati iritasi kulit.

Jadi, gak cuma baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga bisa memaksimalkan cantikmu, nih! Setelah tahu manfaatnya, apa kamu ingin mulai kebiasaan minum teh hijau?

Baca Juga: 4 Perbedaan Teh Hijau, Hitam, dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya