Comscore Tracker

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  

Mulai dari rambut sampai kuku

Minyak marula merupakan minyak hasil ekstrak dari buah, kacang, atau biji pohon marula (Sclerocarya birrea) yang tumbuh di Afrika. Minyak ini kaya akan protein, antioksidan, dan asam lemak yang bagus untuk perawatan kecantikan, mulai dari rambut hingga kulit. Minyak marula juga terkenal ringan, mudah menyerap, dan memiliki aroma khas.

Simak enam manfaat minyak marula untuk perawatan kecantikan berikut ini! 

1. Efektif melembapkan kulit

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  Freepik/freepik

Minyak marula berfungsi sebagai emollient yang melembapkan dan melembutkan tekstur kulit yang kasar karena kering. Menurut laman Byrdie, kandungan asam lemak oleic dan linoleic acid yang ada bagus untuk menutrisi dan melembapkan kulit.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak ini untuk mengunci nutrisi dan kelembapan kulit sebagai tahap akhir skincare kamu. Minyak ini ringan, mudah menyerap, dan gak meninggalkan kesan greasy di kulit. Cocok untuk kulit berminyak sekalipun.

2. Melawan penuaan dini

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  Freepik/senivpetro

Minyak marula kaya akan antioksidan dan asam lemak yang bagus untuk melawan penuaan dini. Mengutip laman Healthline, minyak marula mengandung asam amino yang melembapkan sekaligus memiliki efek anti-aging, asam lemak yang melembutkan, dan antioksidan seperti vitamin C dan E yang bisa melawan radikal bebas.

Perpaduan kandungan ini bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan kolagen dan elastin akibat paparan sinar matahari maupun polusi. Kandungan melembapkannya juga bisa mengurangi tampilan garis halus dan keriput.

3. Bantu mengurangi jerawat

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  Freepik/user18526052

Kamu bisa gunakan minyak marula sebagai salah satu cara mengatasi permasalahan jerawat. Minyak ini mampu meredakan peradangan, iritasi, atau kemerahan yang biasa terjadi saat jerawat melanda. Minyak marula juga mengandung antimikroba yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat, whitehead, maupun blackhead.

Baca Juga: Bikin Lembut! 6 Manfaat Perawatan Rambut Menggunakan Yoghurt 

4. Mengatasi kuku kering

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  Freepik/Racool_studio

Jangan lupakan kesehatan dan penampilan kukumu. Laman Cosmopolitan menyarankan minyak marula sebagai salah satu perawatan kukumu karena punya banyak manfaat.

Efek melembapkannya bisa membantu mengurangi kuku atau kulit di sekitar kuku yang kering. Kandungan antimikrobanya juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur yang bisa menyebabkan masalah. 

5. Merawat kulit kepala

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  Freepik/cookie_studio

Gak cuma wajah dan tubuh, kulit kepalamu juga butuh perawatan, lho. Minyak marula bisa kamu gunakan untuk merawat kulit kepala. Efek melembapkan dan antimikrobanya bisa bantu mengatasi permasalahan rambut seperti ketombe. Kamu tinggal memijatkannya ke kulit kepala dan tak perlu khawatir akan merasa greasy

6. Melembapkan helai rambut

6 Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan, Serbabisa!  Freepik/nensuria

Minyak marula memiliki tekstur yang cukup ringan dan mudah menyerap sehingga bisa kamu gunakan pada helai rambut. Minyak ini bisa bantu menutrisi dan menambah kelembapan pada rambutmu sehingga dapat memperbaiki rambut rusak dan mencegah rambut bercabang. Rambutmu juga akan dapat kilau sehatnya dengan minyak ini.

Setelah tahu manfaatnya, apa kamu tertarik mencoba minyak marula untuk perawatanmu sehari-hari? Atau kamu sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: 12 Style Rambut Dannia Salsabila, Cocok buat Penggemar Rambut Panjang

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya