Comscore Tracker

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan Kulit

Bisa bikin awet muda, lho!

Melembapkan kulit dengan pelembap wajah ataupun losion tubuh menjadi tahapan perawatan kulit yang paling gak boleh dilewatkan. Selain menambah kadar air dan nutrisi pada kulit, pelembap atau losion juga menjaga kelembapan supaya tidak menguap.

Lalu, pernah kah kamu bertanya-tanya apa sih pentingnya menjaga kelembapan pada kulit? Ternyata ada banyak alasan, lho! Berikut daftarnya!

1. Kulit terhindar dari berbagai macam masalah

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan Kulitfreepik/pressfoto

Sebagai salah satu tahapan dasar perawatan kulit, melembapkan kulit akan menghindarkan kulit dari beberapa masalah. Mulai dari kulit kering, berminyak, sampai jerawatan. 

Selain butuh perawatan ekstra, kulit kering dan dehidrasi juga bisa memicu produksi sebum atau minyak berlebih pada kulit. Kulit berminyak akan memunculkan jerawat bila tak rajin dibersihkan. Dengan rutin melembapkan kulit, kamu berpotensi terhindar dari masalah-masalah ini.

2. Membantu pergantian sel kulit

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan KulitFreepik/senivpetro

Beberapa area kulit pada tubuh seperti wajah dan leher memiliki siklus pergantian sel kulit yang lebih cepat dibandingkan area lainnya. Oleh karena itu, area-area ini rentan mengalami kekeringan. Kadar kelembapan yang cukup akan membantu kulit mengganti sel-sel kulit lama dengan yang baru dan sehat.

3. Bikin tampak awet muda

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan KulitFreepik/benzoix

Kamu pasti merasakan sensasi kenyal pada kulit setelah melembapkannya, bukan? Itu dikarenakan kadar kelembapan yang cukup akan menjaga elastisitas kulit. Kulit akan tampak kenyal, kencang, bahkan memperlambat munculnya keriput. Kamu jadi tampak awet muda.

Baca Juga: 6 Macam Pelembap Tubuh yang Wajib Kita Kenali Perbedaannya 

4. Menyamarkan noda bekas jerawat

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan KulitPixabay/ivanovgood-1982503

Menggunakan pelembap secara rutin bisa menyamarkan noda-noda seperti bekas jerawat, lho. Seperti yang disebutkan pada salah satu poin di atas, kelembapan dapat membantu proses pergantian sel kulit. Kadar kelembapan yang selalu terjaga dan efek kilau sehatnya bisa menyamarkan bekas jerawatmu.

5. Mengurangi iritasi

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan KulitPixabay/silviarita-3142410

Kalau kamu memiliki kulit yang sedang iritasi, melembapkan kulit bisa cukup menenangkan, lho. Kelembapan yang cukup bisa mengurangi gatal-gatal dan sensasi perih pada kulit yang mengalami iritasi. Selain itu, iritasi juga bisa disebabkan oleh kurangnya kadar kelembapan pada kulit, lho! Jadi, jangan lewatkan melembapkan kulit, deh!

6. Menguatkan lapisan kulit terluar

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan KulitFreepik/pressfoto

Kelembapan yang cukup akan menguatkan lapisan terluar kulit dalam melindungi tubuhmu dari paparan dunia luar. Kamu gak perlu takut menghadapi cuaca panas, dingin, ataupun kering selama kamu menjaga kelembapan kulitmu.

7. Kulit terasa lebih halus dan lembut

Gak Boleh Dilewatkan, Ini 7 Alasan Kamu Harus Melembapkan KulitFreepik/pressfoto

Kelembapan akan bikin kulit terasa lebih halus dan lembut saat disentuh. Berbeda dengan kulit kering dan dehidrasi yang terasa kasar, bahkan mengelupas. Kelembapan yang cukup akan bikin kulitmu halus, kenyal, dan tampak sehat.

Nah, setelah tahu alasannya, jangan sampai meninggalkan tahapan melembapkan kulit dalam perawatan kulitmu, ya! Selain terhindar dari berbagai masalah, melembapkan kulit juga membuat kulitmu sehat dan tampak awet muda.

Baca Juga: Jangan Keliru Ladies, Ini 5 Cara Pilih Pelembap Sesuai Jenis Kulitmu 

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya