Comscore Tracker

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker Rambut

Biar rambut gak gampang rusak! 

Perawatan rambut gak cuma melulu dengan shampo atau conditioner. Rambutmu butuh nutrisi lebih untuk tetap sehat dan terbebas dari masalah seperti rambut bercabang. Dengan menggunakan masker rambut, kamu bisa terhindar dari masalah rambut atau kembali menyehatkan rambutmu yang sedang rusak. 

Penggunaan masker rambut pun tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakannya. Apa saja, ya? Berikut daftarnya!

1. Pilihlah masker sesuai dengan kebutuhan rambutmu

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutPixabay/stocksnap-894430/

Kamu tidak bisa asal memilih masker rambut tanpa memahami kebutuhan rambutmu. Apakah rambutmu sedang kering? Atau rapuh dan mudah patah? Setiap masker yang tersedia di toko-toko menawarkan manfaat yang berbeda-beda, mulai dari melembapkan sampai merawat rambut rontok. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

Dengan begini, rambutmu akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari masker yang kamu pakai. Kamu pun juga lebih merasakan manfaatnya.

2. Masker rambut tidak menghilangkan masalah rambut bercabang

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutPixabay/stux-12364/

Tidak ada yang salah dengan berharap kalau masker yang kamu beli atau buat akan mengatasi masalah rambut bercabang. Namun, masker rambut tidak bisa menyulap masalah rambut bercabangmu menjadi hilang. Penanganan yang terbaik untuk rambut bercabang adalah dengan trim atau potong rambut rutin di salon. 

Namun untuk urusan pencegahan rambut bercabang, kamu bisa mengandalkan masker rambut.

Baca Juga: 5 Masker Rambut dari Bahan Alami Mengatasi Kerontokan dan Kebotakan 

3. Gunakan setidaknya seminggu sekali

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutUnsplash/freestocks

Rutinlah menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan manfaatnya. Terlalu sering menggunakan masker rambut dikhawatirkan akan semakin merusak rambut. Tapi kalau rambutmu sedang rusak parah, kamu boleh menggunakan sekitar dua kali seminggu untuk menanganinya.

4. Pakai secukupnya, jangan berlebihan!

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutPexels/moose-photos-170195

Memakai masker rambut banyak-banyak tidak menjamin rambutmu akan semakin sehat dan gampang diatur. Masker rambut berlebih tidak akan terserap oleh rambut dan akhirnya terbuang sia-sia. Pakailah secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhan rambut.

5. Fokuskan pada ujung rambut

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutUnsplash/stairhopper

Ujung rambut adalah bagian rambut yang paling sering dan mudah rusak. Untuk mencegah rambut bercabang, aplikasikan masker rambut lebih banyak dan merata pada bagian ujung. Lakukan secara rutin dan lihat sendiri hasilnya!

6. Selalu baca petunjuk pemakaian terlebih dahulu!

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutHerstyler.com

Kalau kamu membeli masker rambut, perhatikan benar-benar petunjuk pemakaiannya. Setiap produk memiliki cara pemakaian yang berbeda-beda. Ada yang butuh didiamkan selama lima menit, ada yang butuh didiamkan selama sepuluh menit. Ada yang bisa digunakan lebih dari sekali seminggu, ada yang tidak boleh digunakan lebih dari sekali seminggu.

Jangan sampai rambutmu semakin bermasalah hanya karena kamu malas membaca petunjuk pemakaian!

7. Membungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap akan membantu penyerapan nutrisi

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutHerstyler.com

Anjuran membungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap ternyata ada alasannya, lho.

Temperatur hangat akan membuat rambut dan kulit kepala lebih mudah dalam menyerap nutrisi dari masker rambut. Nutrisinya akan terserap sampai lapisan-lapisan terdalam rambut. Membungkus rambut dengan handuk atau shower cap akan mengunci kelembapan dan temperatur yang dibutuhkan rambut.

8. Sisir rambut setelah mengaplikasikan masker rambut

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutVimessa.com

Setelah masker rambut dioleskan secara merata, sisirlah rambut dengan sisir bergigi renggang. Hal ini akan membuat masker rambut terbagi semakin rata ke tiap bagian rambutmu. Ingatlah untuk menyisir rambutmu secara halus, karena rambutmu sangat rapuh dalam kondisi basah. 

9. Haruskah membilas dengan shampo?

9 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Menggunakan Masker RambutPixabay/socialbutterflymmg-5413276

Kalau kamu membuat sendiri masker rambut dari bahan-bahan alami, disarankan kalau kamu membilas rambutmu setelahnya dengan shampo. Dikhawatirkan ada residu atau sisa masker yang masih tertinggal setelah dibilas dengan air saja.

Kalau kamu membeli masker rambut, sesuaikan dengan petunjuk pemakaian; apakah cukup dibilas dengan air saja, atau perlu menggunakan shampo, atau ditambah lagi dengan conditioner. Bila tidak ada dalam petunjuk, kamu cukup menggunakan shampo di kulit kepala saja.

Nah, jangan sampai rambutmu semakin bermasalah hanya karena salah menggunakan masker rambut, ya!

Baca Juga: 5 Tips Atasi Rambut yang Sering Lepek bagi Hijabers, Gampang Banget!

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya