Comscore Tracker

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut Rusakmu

Gak mahal, kok!

Rambut rusak gak cuma ditandai dengan rambut bercabang saja, lho. Tanda-tanda lainnya berupa rambut kering, mudah patah dan kusut, sulit diatur, gak berkilau, dan terlihat rapuh. Mengutip Healthline, rambut dengan kerusakan parah mengalami retakan pada lapisan terluar rambut bernama kutikula.

Kalau kutikula ini terbuka, rambutmu semakin mudah mengalami kerusakan lagi. Jadi, kamu harus segera melakukan perawatan sebelum terlambat. Tapi kamu gak perlu panik. Ada banyak cara untuk merawat rambut yang mengalami kerusakan. Gak mahal, kok! Berikut 8 caranya dilansir dari WebMD dan Healthline!

1. Pilih produk perawatan rambut dengan kandungan minyak alami

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuPixabay/stevepb-282134

Perhatikan kandungan produk perawatan rambut yang hendak kamu pakai. Untuk mengatasi rambut rusak, lebih baik kamu pilih produk dengan kandungan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak argan, glycerinsorbitol, atau shea butter

Untuk sementara, hindari dulu produk dengan kandungan minyak mineral dan petrolatum. Kandungan tersebut membuat kelembapan dari luar sulit terserap.

2. Jauhkan rambut dari temperatur tinggi

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuPixabay/ryanmcguire-123690

Temperatur tinggi akan membuat rambutmu semakin rusak. Hindari dulu deh alat styling rambut bertemperatur tinggi seperti pengering rambut atau catok. Kalau kamu terpaksa harus menggunakannya, jangan lupa gunakan krim styling khusus yang melindungi rambut dari panas alat styling.

3. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari berlebih

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuPixabay/free-photos-242387

Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan rambut, tapi paparan secara berlebihan dapat berbahaya bagi rambut rusakmu. Hindari paparan sinar saat matahari sedang tinggi-tingginya. Kalau kamu selalu beraktivitas di luar ruang, pastikan rambutmu terlindungi dengan topi, tudung, dan lain-lain.

4. Potong atau trim rambut rusakmu

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuPixabay/kaleido-dp-1176973

Potonglah rambut yang mengalami kerusakan atau cukup dengan trim sesuai dengan bagian rambut yang rusak. Setelah itu, jangan lupa untuk potong rambut atau trim rutin untuk menghindari rambut bercabang dan masalah rambut lainnya di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing, Supaya Tidak Kering & Rusak

5. Manfaatkan minyak kelapa dan jojoba

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuPixabay/moho01-3895945

Minyak kelapa dan jojoba terkenal efektif mengatasi masalah rambut. Minyak kelapa dapat menghidrasi rambut dari dalam dan mengembalikan minyak pelindung alami yang dihasilkan kulit kepala. Minyak jojoba juga bantu menghidrasi rambut. Selain itu, minyak ini dapat membantu menguatkan tiap helainya. 

6. Menyisir rambut sebelum tidur

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuVimessa.com

Menyisir tidak hanya membuat rambut mudah diatur, tapi juga bantu menyebarkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala ke tiap helai. Sisirlah dengan hati-hati hingga rambutmu tidak kusut lagi sebelum tidur. Diharapkan, minyak alami dapat memulihkan rambutmu semalaman dari kerusakan.

7. Jangan semir atau warnai rambut dulu

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuPixabay/artursfoto-3533503/

Untuk sementara, tahan dulu keinginan untuk menyemir atau mewarnai rambut. Pewarna rambut memiliki kandungan yang dapat mengganggu kelembaban alami rambut dan melemahkan helainya. Sampai rambutmu kembali sehat, lebih baik kamu fokus merawatnya terlebih dulu.

8. Makan makanan mengandung lemak sehat

Gak Perlu Panik, Lakukan 8 Perawatan Ini pada Rambut RusakmuUnsplash/thoughtcatalog

Selain melakukan perawatan di atas, jangan lupa menutrisi rambut dari dalam, ya. Untuk mengatasi kerusakan rambut, makanlah makanan mengandung lemak sehat seperti avokad dan ikan salmon. Makanan ini mengandung asam lemak penting yang dapat membantu melembapkan kulit kepala dan menutrisi rambut. 

Sebelum melakukan perawatan di atas, lebih baik ketahui dulu penyebab asli kerusakan rambutmu, deh.  Dengan begini, kamu bisa mengatasi sumber permasalahannya lebih tepat. Semoga kerusakan rambutmu segera teratasi, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Shampo dan Kondisioner untuk Rawat Rambut Rusak

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You