Comscore Tracker

5 Trik Merawat Kulit & Rambut di Cuaca Panas ala Gadis Arab

Mudah dan murah!

Cuaca yang panas dan kemarau yang panjang pastinya membuat kulit serta rambut kusam dan tidak terawat. Untuk mengatasinya cukup menggunakan bahan-bahan alami seperti yang selalu dilakukan para wanita di Timur Tengah. Dari olive oil sampai rose water, ini 5 perawatan kulit serta rambut ala wanita Arab yang bisa kamu praktikan di rumah!

1. Rawat wajah dengan green clay

5 Trik Merawat Kulit & Rambut di Cuaca Panas ala Gadis Arabmountainroseherbs.com

Green clay memang bisa membersihkan kulit sampai ke pori-pori dan para wanita Timur Tengah sering mencampurkannya dengan tumbuh-tumbuhan untuk mendapatkan efek yang lebih manjur. Hal ini karena green clay memiliki sifat exfoliating sehingga mampu membersihkan kulit dengan optimal dan juga menghilangkan sebum yang terperangkap dalam kulit.

2. Pakai minyak argan dan zaitun sebagai pelembab rambut serta kulit

5 Trik Merawat Kulit & Rambut di Cuaca Panas ala Gadis ArabPexels/Pixabay

Minyak argan bisa bermanfaat untuk kulit sekaligus rambut dan sering digunakan oleh para perempuan Timur Tengah untuk menebalkan rambut dan membuat rambut tetap sehat. Sedangkan untuk minyak zaitun atau olive oil memiliki manfaat melembabkan kulit serta merawat kesehatan rambut. Kedua zat ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa melindungi rambut serta kulit dari radikal bebas yang berbahaya.

3. Atasi sunburn dengan greek yoghurt

5 Trik Merawat Kulit & Rambut di Cuaca Panas ala Gadis Arabmedicalnewstoday.com

Sebenarnya nama lain greek yoghurt adalah labneh dan sering dijumpai pada makanan-makanan khas Timur Tengah. Greek yoghurt sangat ampuh untuk mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari. Hal ini karena daerah Timur Tengah memang memiliki sinar matahari yang menyengat. Greek yoghurt memiliki tekstur yang creamy dan mempunyai efek cooling yang cepat sehingga kulit yang terkena sunburn bisa sembuh dengan cepat.

Baca Juga: 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Paling Sering Dilakukan oleh Cewek

4. Gunakan air mawar sebagai toner

5 Trik Merawat Kulit & Rambut di Cuaca Panas ala Gadis Arabmedicalnewstoday.com

Para gadis Timur Tengah pun sering menggunakan air mawar sebagai toner dan face mist. Hal ini karena kandungan air mawar atau rose water dapat melembabkan kulit, seimbangkan pH, menjaga kulit yang berjerawat serta sebagai antioksidan. Bahkan kebiasaan ini sudah terjadi sejak zaman Cleopatra dan terus dilestarikan sampai sekarang.

5. Madu dan susu untuk melembabkan

5 Trik Merawat Kulit & Rambut di Cuaca Panas ala Gadis ArabPexels/Pixabay

Pada zaman dulu susu dan madu memang sudah populer digunakan oleh Cleopatra untuk menjaga kecantikan kulitnya. Hal ini karena susu dan madu mengandung asam laktat, vitamin C dan elastin untuk menjaga kulit tetap cerah, sehat dan lembut. Karena tradisi turun-temurun inilah para gadis Arab selalu menggunakan susu dan madu untuk menjaga kecantikan kulitnya. Tertarik untuk mencobanya?

Itulah cara merawat kulit dan rambut yang bisa kamu coba!

Baca Juga: 7 Perawatan Kulit Ini Mesti Dilakukan Saat Masuk Usia Kepala Tiga

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Jasa makeup artist murah hubungi my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You