Comscore Tracker

5 Strategi yang Mesti Diterapkan Supaya Wanginya Parfum Lebih Awet!

Yuk coba!

Pada umumnya manusia menyukai wewangian dan sudah sejak zaman Cleopatra parfum pun hadir untuk memberikan aroma wangi di tubuh manusia. Meskipun tampak sepele, tetapi wangi akan memberikan kesan mendalam pada diri seseorang sehingga tentu banyak orang yang selalu menggunakan parfum untuk memulai aktivitasnya.

Namun sayangnya kita seringkali tidak tahu bagaimana untuk menjaga parfum tetap awet wanginya dan inilah 5 tips nya!

1. Tutup kembali setelah menggunakannya

5 Strategi yang Mesti Diterapkan Supaya Wanginya Parfum Lebih Awet!Pexels/Kaboompics

Parfum biasanya terdiri dari alkohol dan ekstrak bunga.

Seperti yang kita tahu bila alkohol bersifat volatil atau mudah menguap sehingga setelah menggunakan parfum kamu wajib menutupnya kembali. Jika kamu seringkali lupa dalam menutup parfum setelah menggunakan, maka wangi yang dihasilkan pun akan semakin berkurang karena banyak partikel yang menguap di udara.

2. Simpan dalam tempat yang gelap

5 Strategi yang Mesti Diterapkan Supaya Wanginya Parfum Lebih Awet!Pexels/Pixabay

Tak banyak yang tahu bila menyimpan parfum harus di tempat yang gelap dan jauh dari sinar matahari seperti dalam laci misalnya.

Meskipun parfum yang wadahnya cantik tampak sayang jika hanya disimpan dalam laci, faktanya parfum memang harus disimpan dalam keadaan gelap. Cahaya matahari bisa memecah molekul parfum sehingga akhirnya molekul parfum akan terurai dan mengurangi wanginya. Oleh sebab itu simpanlah parfum dalam keadaan gelap ya!

Baca Juga: Cara Pilih Parfum Sesuai Golongan Darah, Bikin Auramu Makin Terpancar!

3. Jangan simpan di tempat yang lembap

5 Strategi yang Mesti Diterapkan Supaya Wanginya Parfum Lebih Awet!Pexels/Kristina

Meski terlihat sepele, faktanya tempat-tempat yang lembap mengandung banyak bakteri dan kuman-kuman lainnya yang bersarang. Oleh sebab itu selalu simpan parfum di tempat kering dan hindarkan menyimpan parfum di kamar mandi atau wastafel. Meski sepele, bakteri-bakteri yang menempel di parfum bisa menyebabkan kita sakit lho!

4. Simpan lagi dalam kotaknyanya

5 Strategi yang Mesti Diterapkan Supaya Wanginya Parfum Lebih Awet!Unsplash/Adriana

Umumnya parfum memiliki kemasan luar seperti box atau kardus. Namun kita seringkali membuangnya begitu saja. Padahal ada baiknya kardusx tersebut jangan dibuang dulu karena ada manfaat tersembunyi yang tidak kita ketahui.

Kardus atau kemasan itu berfungsi menghindari suhu panas dan cahaya matahari langsung. Oleh sebab itu parfum akan lebih awet wanginya karena terhindar dari hal-hal tersebut.

5. Beli dalam ukuran mini

5 Strategi yang Mesti Diterapkan Supaya Wanginya Parfum Lebih Awet!Pexels/Valeria Boltneva

Ketika membeli parfum, ada baiknya belilah dalam ukuran yang kecil saja. Hal ini karena ketika separuh parfum sudah kosong biasanya wanginya pun akan berkurang dan tidak sewangi saat masih penuh. Ini disebabkan udara sekitar yang menempati ruang kosong dalam wadah parfum itu mengoksidasi sisa parfum sehingga wanginya akan berkurang.

Oleh sebab itu ada baiknya beli saja parfum yang ukurannya kecil agar proses oksidasi oksigen di sekitar wadah tidak sebesar parfum yang dalam ukuran besar.

Untukmu yang merupakan penggemar parfum, yuk terapkan tips di atas agar parfum milikmu wanginya bisa awet.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Parfum yang Tepat dan Awet untuk Wanita, Gak Sulit!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya