Comscore Tracker

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!

#GirlThing Perhatikan ya girls!

Rambut merupakan mahkota bagi para perempuan karena dengan adanya rambut kecantikan seorang perempuan semakin terpancar. Sebagai mahkota, tentunya setiap perempuan perlu menjaga keindahan rambutnya dan menjaga kebersihannya dengan menggunakan sampo.

Tetapi, 6 kesalahan saat keramas ini kerap dilakukan setiap perempuan. Alhasil, bukannya rambut tampak indah tetapi malah terlihat kusam bahkan rontok. Kira-kira kesalahan saat menggunakan sampo apa saja ya girls?

1. Asal menggunakan sampo

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!Pixabay/Mohammad Hasan

Saat menggunakan sampo, kita wajib tahu apa masalah yang dihadapi rambut kita dan bukannya malah asal menggunakan sampo. Misalnya rambut kita sedang berketombe, maka gunakan sampo anti ketombe bukannya sampo anti rontok. Selain itu, jangan berganti-ganti sampo hanya karena ingin mencoba-coba ya.

2. Terlalu banyak busa

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!Pixabay/Public Domain Pictures

Umumnya setiap orang beranggapan, makin banyak busa yang dihasilkan sampo makin bersih rambut. Padahal itu merupakan hal yang salah, karena busa yang dihasilkan oleh sampo merupakan senyawa sodium sulfat yang bisa menghilangkan minyak alami rambut. Oleh karena itu tak perlu berlebihan menggunakan sampo agar rambut kita tetap terjaga kelembabannya.

3. Keramas menggunakan air hangat

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!Pixabay/Pexels

Cukup saat sakit saja kita keramas dengan air hangat selain itu disarankan tidak. Air hangat mampu membuka pori-pori kulit kepala sehingga minyak alami rambut akan mudah terbuang begitu saja. Alih-alih ingin mendapatkan rambut sehat, yang ada malah rambutmu mudah lepek.

4. Mengabaikan kulit kepala

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!Pixabay/melancholia photography

Ketika keramas, biasanya orang-orang akan lebih fokus pada helaian rambut dan kurang mempedulikan kulit kepala. Padahal, kulit kepala yang kurang bersih akan membuat rambutmu cepat rontok dan bercabang.

5. Terlalu cepat dibilas

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!Pexels/ Chris Howard

Usahakan ketika keramas, tunggulah beberapa menit agar sampo yang digunakan bisa meresap sempurna ke dalam rambut dan kulit kepala. Karena jika buru-buru dibilas, vitamin dan treatment sampo terhadap rambut tak akan bekerja maksimal dan rambutmu tak akan sehat dan bersih seperti yang diidamkan.

6. Pilih kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut

Bikin Rambut Rontok, 6 Kesalahan Gunakan Sampo yang Jarang Disadari!Pixabay/Ryan McGuire

Sama seperti penggunaan sampo, penggunaan kondisioner pun sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambutmu. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan kondisioner sudah bersih sempurna saat kamu membilasnya ya.

Gimana, sudah siap untuk mendapatkan rambut indah bak model iklan sampo?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya