Comscore Tracker

Baiknya Hindari, Ini 5 Situasi Berbahaya untuk Gunakan Makeup Mata

Hindari ya!

Mata adalah jendela hati dan pusat kecantikan sehingga setiap perempuan berlomba-lomba untuk tampil cantik dengan merias mata. Tetapi meski begitu kamu tetap harus waspada karena beberapa situasi menggunakan makeup ini justru berbahaya bagi mata.

Berikut 5 situasi yang harus kamu hindari agar keamanan dan kesehatan mata tetap terjaga, apa saja ya?

1. Menggunakan makeup di dalam mobil

Baiknya Hindari, Ini 5 Situasi Berbahaya untuk Gunakan Makeup Mataid.pinterest.com

Bagi yang tinggal di ibu kota jelas setiap hari harus menghadapi kemacetan sehingga biasanya para perempuan tak ada waktu untuk berdandan. Saat situasi seperti ini menggunakan makeup di dalam mobil merupakan hal yang biasa.

Tak mengapa jika kamu mengaplikasikan mascara atau eyeliner saat dalam kondisi macet. Tapi jika tidak dalam kondisi macet, tentunya risiko mata tercolok saat mengaplikasikan makeup bisa saja terjadi dan menyebabkan mata iritasi.

Lebih baik hindari resiko agar mata tak tercolok ya!

2. Gunakan makeup kedaluwarsa

Baiknya Hindari, Ini 5 Situasi Berbahaya untuk Gunakan Makeup MataPexels/Magda Ehlers

Saat kamu menggunakan makeup kedaluwarasa, sejatinya kesehatan dan keamanan matamu sedang dipertaruhkan. Bagaimana tidak, bila setiap hari bakteri yang bersarang di mascara atau eyeliner semakin banyak jelas matamu bisa terkena resiko iritasi bahkan infeksi.

Lebih baik segera buang produk perias mata kalau memang sudah kedaluwarsa daripada kesehatan matamu dipertaruhkan bukan?

Baca Juga: Cintai Hewan Yuk, Ini 6 Rekomendasi Drugstore Makeup yang Cruelty-Free

3. Makeup tidak dibersihkan dengan maksimal

Baiknya Hindari, Ini 5 Situasi Berbahaya untuk Gunakan Makeup Matatoday.com

Saat kamu tak membersihkan makeup mata secara maksimal, sejatinya matamu bisa terkena infeksi kapan saja. Karena produk perias mata terbuat dari berbagai bahan kimia sintetik sehingga jelas pemakaiannya pun harus waspada.

Dikutip dari situs nypost.com seorang wanita bernama Theresa hampir buta karena tidur masih menggunakan mascara. Selain terbuat dari senyawa kimia sintetik, produk riasan mata yang tak dibersihkan akan membuat bakteri menjamur di sekitar mata dan malah membuat mata jadi berisiko terkena berbagai infeksi.

4. Asal memilih lem bulu mata palsu

Baiknya Hindari, Ini 5 Situasi Berbahaya untuk Gunakan Makeup Matasneakymakeup.com/

Terlihat sepele namun kamu harus waspada dalam memilih lem untuk bulu mata. Karena seperti yang kita tahu lem bulu mata sangat dekat dengan mata bahkan mengenai mata. Oleh karena itu penting untuk memilih lem bulu mata yang memiliki kualitas terbaik dan terjamin keamanannya. Nah hal-hal kecil seperti ini jangan kamu sepelekan ya!

5. Pinjam produk makeup orang lain

Baiknya Hindari, Ini 5 Situasi Berbahaya untuk Gunakan Makeup MataPexels/bryan scneider

Saat kamu meminjam produk makeup orang lain, sejatinya kamu malah menambah bakteri pada mata. Oleh karena itu lebih baik gunakan makeup punya sendiri saja dan jangan berbagi makeup dengan orang lain. Karena seperti yang kita tahu pinjam-meminjam makeup punya orang lain malah akan membuat matamu berisiko terkena infeksi dan iritasi karena banyaknya bakteri yang berpindah padamu.

Meski 5 hal di atas ini sepele namun sebaiknya kamu tetap perlu waspada. Menghias diri untuk tampil cantik boleh-boleh saja tetapi tetap jaga kebersihan dan keamanan daerah matamu ya!

Baca Juga: Stylish & Keren, Ini 7 Jenis Kacamata yang Bikin Fotomu Makin Hits

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Jasa makeup artist murah hubungi my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You