Comscore Tracker

Sering Dianggap Sama, Ini 5 Beda Makeup Waterproof vs Water Resistant!

Sudah tahu belum sist?

Memiliki tampilan yang sempurna pasti merupakan keinginan setiap perempuan. Oleh karena itu para perempuan mengakalinya dengan menggunakan makeup agar terlihat menarik dan sempurna secara fisik.

Namun seringkali riasan mudah luntur dan mudah hilang dalam beberapa jam. Untuk menghindari hal ini tentunya banyak perempuan menggunakan makeup waterproof tapi sayangnya sering disamakan dengan makeup water resistant padahal kedua hal ini berbeda.

Nah berikut 5 perbedaan makeup waterproof vs water resistant yang harus kamu tahu!

1. Makeup waterproof mampu bertahan meski terkena air

Sering Dianggap Sama, Ini 5 Beda Makeup Waterproof vs Water Resistant!Pexels/Suzy Hazelwood

Makeup waterproof diformulasikan agar mampu tahan lama selama berjam-jam dan takkan mudah luntur baik itu oleh keringat maupun oleh air. Tentunya saat kamu menggunakan makeup waterproof kamu gak perlu susah-susah touch up lagi karena riasanmu akan awet sepanjang hari tanpa takut luntur oleh keringat sekalipun.

2. Makeup water resistant mudah hilang bila terkena air

Sering Dianggap Sama, Ini 5 Beda Makeup Waterproof vs Water Resistant!Pexels/Rawpixels

Makeup waterproof berbeda halnya dengan makeup water resistant, makeup water resistan mudah luntur oleh air. Ketika digosok atau terkena air makeup ini jelas akan terhapus begitu saja dan perlu pemakaian berulang. Tentunya makeup ini tak cocok bila digunakan untuk acara-acara penting karena akan mudah hilang.

Baca Juga: Cleansing Oil vs Makeup Wipes, Mana yang Cocok untuk Wajahmu

3. Makeup waterproof memerlukan makeup remover untuk menghapusnya

Sering Dianggap Sama, Ini 5 Beda Makeup Waterproof vs Water Resistant!Pexels/Adrienn

Karena bersifat waterproof otomatis makeup ini agak sulit dihilangkan dengan pembersih biasa dan memerlukan makeup remover khusus agar bisa dihilangkan. Bahkan beberapa makeup waterproof tak sepenuhnya hilang oleh makeup remover karena daya adhesinya yang kuat dengan kulit. Tentunya efek samping yang dihasilkan adalah pori-pori kulit pun tersumbat.

4. Makeup water resistant cenderung memiliki formula ringan sehingga mudah dihapus

Sering Dianggap Sama, Ini 5 Beda Makeup Waterproof vs Water Resistant!Pexels/Ambar Simpang

Karena formulanya ringan otomatis makeup ini sangat mudah dihapus, entah digosok oleh tangan ataupun oleh air. Makeup ini memang diformulasikan khusus pemilik kulit acne prone karena tidak menyumbat pori sehingga takkan menimbulkan jerawat dan komedo yang tak diinginkan. Hanya memang kekurangannya makeup ini mudah hilang!

5. Saat dalam kondisi santai lebih baik gunakan makeup water resistant saja

Sering Dianggap Sama, Ini 5 Beda Makeup Waterproof vs Water Resistant!Pexels/Pixabay

Makeup waterproof lebih baik tak sering-sering digunakan karena bisa menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Lebih baik gunakan makeup waterproof saat acara-acara formal dan penting saja selebihnya gunakan makeup water resistant yang ringan. Bukan apa-apa karena kulitmu pun butuh bernafas, alih-alih kulitmu sehat yang ada justru bermasalah bila kamu terus-menerus memakai makeup waterproof.

Sudah tahu bedanya kan?

Baca Juga: 8 Urutan Pakai Makeup yang Sering Dilanggar, Sudah Tahu?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya