Comscore Tracker

5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!

Mana menurutmu yang terbaik?

Ketika kita tinggal di daerah tropis, pastinya intensitas penyinaran matahari akan cenderung lebih lama dan kuat bila dibandingkan dengan tinggal di daerah subtropis. Sehingga tentu kita memerlukan sunscreen untuk menghindari efek buruk sinar UVA dan UVB dari matahari.

Umumnya sunscreen terbagi menjadi dua, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscree yang satu sama lain mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum kamu memilih akan menggunakan sunscreen jenis apa, yuk simak dulu 5 beda chemical sunscreen dan physical sunscreen yang harus kamu tahu!

1. Physical sunscreen terbuat dari bahan anorganik sedangkan chemical dari bahan organik

5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!beautyheaven.com.au/n

Dari segi pembuatan produk, umumnya zat aktif physical sunscreen terbuat dari zat-zat anorganik misalnya titanium dioksida atau zink oksida. Sedangkan untuk chemical sunscreen biasanya zat aktif yang digunakan berasal dari zat organik, misalnya oksibenzena, okstisalat atau homosalat.

Namun yang pasti harus kamu ketahui kedua produk memang melalui serangkaian proses kimia, hanya saja yang membedakan adalah dari segi zat aktifnya sehingga kedua sunscreen ini diberi nama physical sunscreen maupun chemical sunscreen.

2. Kandungan zat aktif chemical sunscreen gampang rusak

5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!instyle.com/

Perbedaan selanjutnya adalah umumnya chemical sunscreen gampang rusak atau menurun dari segi perlindungannya terhadap sinar matahari dan memerlukan pengaplikasian secara berkala untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. 

Biasanya zat aktif yang mudah rusak adalah avobenzene yang menjadi kurang stabil ketika terpapar sinar matahari. Namun kini banyak juga chemical sunscreen yang zat aktifnya lebih stabil dan tak perlu pengaplikasian berulang, misalnya uvinul A

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik, Biar Gak Gosong Waktu Main ke Pantai!

3. Physical sunscreen terasa berat untuk diaplikasikan

5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!nationaleczema.org

Berbeda dengan chemical sunscreen, physical sunscreen umumnya memang terasa lebih berat ketika diaplikasikan, sehingga membuat kurang nyaman untuk para pengguna. Selain terasa berat, physical sunscreen pun menghasilkan lapisan putih pada kulit atau sering disebut white cast yang terlihat mengganggu.

4. Chemical sunscreen sering berpotensi menyebabkan iritasi sehingga harus hati-hati

5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!transfercancun-airport.com

Meski chemical sunscreen lebih nyaman dan tak terasa berat, nyatanya sesekali produk ini berpotensi mengiritasi sebagian orang. Jika kamu merasakan perih dan panas ketika mengaplikasikan sunscreen boleh jadi kamu terkena iritasi dan pemakaiannya harus dihentikan.

Potensi iritasi ini disebabkan oleh beberapa chemical uv filter seperti oksibenzena, avobenzena, dan enzacamena yang memang dari segi struktur kimianya cenderung kurang ramah di kulit.Tentunya pilihlah sunscreen yang memang cocok dan aman di kulit, jika memang kulitmu cenderung sensitif lebih baik pilih saja physical sunscreen.

5. Physical sunscreen tak perlu penggunaan secara berkala

5 Beda Physical Vs Chemical Sunscreen yang Keduanya Harus Kamu Tahu!archive.spright.com/

Terakhir bila dibandingkan dengan chemical sunscreen, physical sunscreen tak perlu pemakaian berulang karena uv filternya atau kandungan zat aktifnya lebih stabil ketika terpapar sinar matahari. Tentunya kamu bisa lebih enjoy beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa khawatir kulitmu menjadi terbakar oleh sinar UVA dan UVB.

Nah, pilih sesuai kebutuhanmu ya!

Baca Juga: Sudah Tahu? Ternyata Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya