Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, 5 Biang Kerok Siklus Haid Tidak Teratur

Kadang ada yang gak kita sadari tapi tetap dilakukan

Proses menstruasi merupakan hal yang biasa bagi seorang perempuan dan itu menandakan bahwa sang perempuan tidak hamil. Namun beberapa orang mendapatkan siklus haid yang tidak teratur sehingga lumayan meresahkan. Nah jangan khawatir lagi, ini 5 biang kerok yang bikin siklus haid menjadi tidak teratur, sudah tahu?

1. Obesitas

Sering Gak Sadar, 5 Biang Kerok Siklus Haid Tidak Teraturilustrasi obesitas (pexels.com/Andres Ayrton)

Meski kamu tak terobesi mendapat tubuh langsing namun pastikan berat badanmu tidak berlebihan. Karena jika kamu mengalami obsesitas jelas saja siklus haidmu akan menjadi tidak teratur.

Hal ini karena saat obesitas biasanya merupakan tanda jika kamu mengalami gangguan kelenjar tiroid. Kelenjar ini penting untuk proses metabolisme tubuh dan jika terganggu tentunya siklus haid pun menjadi ikutan terganggu.

2. Diet

Sering Gak Sadar, 5 Biang Kerok Siklus Haid Tidak Teraturilustrasi diet (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Meski diet sangat bagus untuk tubuh dan membantu tubuh agar tetap sehat tentu ada efek samping yang harus kamu hadapi. Kabarnya diet bisa ikut mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur.

Hal ini karena saat diet asupan nutrisi untuk tubuh menjadi berkurang sehingga produksi hormon tertentu seperti hormon menstruasi pun jadi ikut terpengaruh. Meski begitu kamu tak perlu khawatir karena saat selesai program diet biasanya siklus haid akan kembali teratur.

3. Stress

Sering Gak Sadar, 5 Biang Kerok Siklus Haid Tidak Teraturilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ternyata siapa sangka stres ikut mempengaruhi siklus haid pada seorang wanita. Hal ini karena saat stres biasanya ikut mempengaruhi hormon hipotalamus dan hormon ini ternyata ikut mempengaruhi hormon mensturasi juga.

Tak heran siklus haid pun menjadi tidak teratur dan tidak sesuai tanggal yang sudah kamu tetapkan. Oleh sebab itu jangan terlalu stres dan jangan bekerja berlebihan karena hanya akan membuatmu lelah hingga akhirnya stres.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Kebersihan Area Kewanitaan saat Haid, Jangan Jorok!

4. KB

Sering Gak Sadar, 5 Biang Kerok Siklus Haid Tidak Teraturilustrasi vitamin D (pexels.com/Anna Shvets)

Untuk mencegah hamil tentunya para ibu rumah tangga biasa menggunakan KB entah dalam bentuk pil, hormon ataupun IUD. Kabarnya penggunaan KB seperti pil membuat haid seorang wanita akan menjadi kurang teratur.

Selain itu penggunaan IUD pun juga ikut mempengaruhi siklus haid bahkan darah haid akan lebih banyak dari biasanya. Selain itu penggunaan IUD akan membuat perut terasa lebih sakit saat haid daripada biasanya.

5. Sering begadang

Sering Gak Sadar, 5 Biang Kerok Siklus Haid Tidak Teraturilustrasi begadang (pexels.com/cottonbro)

Kurang tidur atau terbiasa begadang bisa menghambat siklus menstruasi sehingga menjadi tidak teratur. Hal ini karena saat kurang tidur tentu kadar hormon melatonin menjadi sedikit padahal hormon ini sangat penting untuk regulasi sistem produksi wanita. Sehingga tak heran siklus haid pun menjadi berantakan dan tidak teratur.

Meskli saat ini siklus haidmu masih tak teratur tak ada salahnya untuk menghindari 5 hal di atas. Karena siklus haid yang teratur akan lebih memudahkanmu untuk mempersiapkan haid di bulan selanjutnya.

Baca Juga: Doa Agar Cepat Haid, Lengkap dengan Terjemahan dan Artinya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya