Comscore Tracker

Bisa Rusak Bulu Mata, 5 Kebiasaan Jelek Ini Harus Segera Ditinggalkan!

Duh jangan dilakukan deh!

Bulu mata memiliki banyak fungsi untuk mata. Salah satu diantaranya adalah melindungi mata dari benda asing seperti misalnya debu, polusi dan sebagainya.

Ketika bulu mata rusak tentunya kita akan mudah terkena iritasi dan infeksi pada mata. Oleh sebab itu tentunya kita harus melindungi bulu mata agar tidak rusak.

Namun biasanya kita memiliki kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok bahkan rusak. Berikut 5 kebiasaan tersebut yang tentunya harus segera kita tinggalkan!

1. Tidur masih memakai makeup

Bisa Rusak Bulu Mata, 5 Kebiasaan Jelek Ini Harus Segera Ditinggalkan!Pexels/Bruce Mars

Saat kita lelah beraktivitas tentunya kita ingin cepat-cepat tidur dan istirahat.

Namun sering kali kita lupa membersihkan makeup, apalagi jika makeup yang digunakan adalah makeup waterproof.

Tak hanya bahaya untuk kulit, tidak membersihkan makeup sebelum tidur akan menyebabkan bulu mata kaku akibat dari maskara yang tidak dibersihkan sebelum tidur.

Bulu mata yang kaku akan menyebabkan bulu mata mudah rontok dan rusak ketika terkena gesekan. Oleh sebab itu upayakan untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur!

2. Mencabut helaian eyelash extention

Bisa Rusak Bulu Mata, 5 Kebiasaan Jelek Ini Harus Segera Ditinggalkan!boulderfacecare.com/

Eyelash extension merupakan suatu teknik memperpanjang bulu mata agar terlihat menarik. Namun kita biasanya suka tak sadar mencabut bulu mata hasil eyelash extension ini.

Perlu kamu ketahui, eyelash extension ditempelkan pada bulu mata asli dan ketika kamu mencabut bulu mata hasil eyelash extension, tentunya bulu mata asli pun akan tercabut dan kedepannya akan mempersulit pertumbuhan bulu mata secara alami.

Baca Juga: 8 Eyelash Serum yang Bisa Melebatkan Bulu Mata Secara Alami

3. Panas

Bisa Rusak Bulu Mata, 5 Kebiasaan Jelek Ini Harus Segera Ditinggalkan!Pexels/Element5 digital

Salah satu beauty hacks yang biasanya ditiru dari pada selebgram adalah memanaskan eyelash curler dengan menggunakan hair dryer atau catokan.

Memang dalam keadaan yang panas eyelash curler efektif melentikan bulu mata. Namun panas akan menyebabkan bulu mata rapuh, mudah rontok atau bahkan terbakar. Tentunya meski bulu mata terlihat lentik kalau bulu mata mudah rontok dan rusak lebih baik beauty hack ini tak usah dilakukan.

4. Jarang membersihkan tools makeup

Bisa Rusak Bulu Mata, 5 Kebiasaan Jelek Ini Harus Segera Ditinggalkan!Pexels/Kinkate

Kita pun biasanya lupa untuk membersihkan alat-alat makeup seperti kuas, brush, dan lain sebagainya. Alat-alat makeup yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri dan bila bakteri tersebut berpindah ke mata tentunya bisa menyebabkan bulu mata mudah rontok, rusak bahkan mata bisa terkena iritasi. Oleh sebab itu perhatikan kebersihan alat-alat makeup yang akan digunakan untuk kebaikan dirimu sendiri.

5. Kasar dalam membersihkan sisa makeup

Bisa Rusak Bulu Mata, 5 Kebiasaan Jelek Ini Harus Segera Ditinggalkan!beautyandmakeup.info

Ada baiknya saat membersihkan makeup kita melakukannya dengan lembut. Terlalu kasar dalam membersihkan sisa makeup, apalagi makeup waterproof bisa menyebabkan bulu mata rontok dan rusak.

Oleh sebab itu sebaiknya gunakan pembersih yang memang efektif membersihkan makeup waterproof supaya makeup pun terangkat dengan mudah dan kamu pun tak perlu bersusah payah untuk membersihkannya apalagi menyebabkan bulu mata tercabut.

Jadi, jika kamu ingin memiliki bulu mata yang lentik, tinggalkan kebiasaan itu ya!

Baca Juga: Buat Bulu Mata Terlihat Tebal dan Lentik dengan 5 Bahan Alami Ini

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya