Comscore Tracker

Jangan Asal, Ini 5 Cara Cerdas Lakukan Eksfoliasi agar Kulit Tak Rusak

Yuk terapkan mulai dari sekarang!

Salah satu cara membuat kulit tampak sehat dan bercahaya adalah dengan metode eksfoliasi kulit. Meski kamu bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan metode satu ini tetap saja kamu harus berhati-hati.

Alih-alih kulit cerah bisa saja justru kulitmu mengalami iritasi jika tidak melakukan eksfoliasi dengan benar. Terapkan lima cara di bawah ini saat proses eksfoliasi wajah, biar tetap aman!

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Jangan Asal, Ini 5 Cara Cerdas Lakukan Eksfoliasi agar Kulit Tak RusakIlustrasi perawatan kulit (unsplash.com/Curolog)

Eksfoliator sendiri ada dua jenis, yaitu fisik dan kimia. Jika kulitmu cenderung sensitif kamu bisa menggunakan eksfoliator fisik seperti scrub.

Kamu juga bisa menggunakan eksfoliator kimia yang mengandung senyawa pengeksfoliasi seperti AHA dan BHA atau toner, lotion, serta cleanser. Dengan mengetahui perbedaan kedua eksfoliator tersebut kamu bisa lebih mudah mempertimbangkan mana yang aman untuk kulitmu.

2. Siapkan kulit sebelum eksfoliasi

Jangan Asal, Ini 5 Cara Cerdas Lakukan Eksfoliasi agar Kulit Tak Rusakilustrasi perawatan kulit (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Meski eksfoliasi merupakan suatu metode pengangkatan sel kulit mati, tapi ada baiknya kamu membersihkan kulit wajah terlebih dulu sebelum melakukan proses eksfoliasi. Hal ini agar kulitmu lebih siap menerima proses eksfoliasi dan penyerapan nutrisi dari produk eksfoliator pada kulit pun akan lebih maksimal.

Kamu bisa mempersiapkan kulit dengan cleansing brush sebelum memulaik eksfoliasi, misalnya. Dengan begitu kulitmu akan terlihat bersinar dan bebas kusam tentunya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Face Scrub Lokal untuk Eksfoliasi Wajah di Rumah

3. Beri kulit nutrisi

Jangan Asal, Ini 5 Cara Cerdas Lakukan Eksfoliasi agar Kulit Tak Rusakilustrasi perawatan kulit (unsplash.com/Ivan Samkov)

Setelah melakukan metode eksfoliasi biasanya kulit wajah akan sedikit sensitif. Oleh karena itu, imbangi dengan memberi kulit nutrisi yang tepat lewat skincare yang cocok.

Selain itu setelah eksfoliasi biasanya produk skincare yang kamu pakai akan terserap dengan baik sehingga jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Kulit glowing yang kamu dambakan saat ini tentu bukan impian lagi.

4. Cari tahu kondisi kulit pasca eksfoliasi

Jangan Asal, Ini 5 Cara Cerdas Lakukan Eksfoliasi agar Kulit Tak Rusakilustrasi perawatan kulit (pexels.com/Ivan Samkov)

Beberapa orang dianugrahi kulit yang sensitif sehingga diperlukan perawatan kulit yang esktra. Begitupula saat kamu merasakan kulitmu sakit dan kemerahan pasca eksfoliasi, maka baiknya kamu berhenti sejenak melakukan kegiatan tersebut.

Memiliki kulit yang sensitif memang harus berhati-hati dan lakukan eksfoliasi sebulan sekali saja. Dengan begitu, kulitmu tetap akan baik-baik saja dan tidak mengalami iritasi.

5. Gunakan sunscreen setelah proses eksfoliasi

Jangan Asal, Ini 5 Cara Cerdas Lakukan Eksfoliasi agar Kulit Tak Rusakilustrasi menggunakan sunscreen (pexels.com/cottonbro)

Umumnya kulit akan lebih sensitif setelah melakukan eksfoliasi sehingga kamu harus menggunakan sunscreen ketika melakukan aktivitas di luar. Apalagi sinar matahari yang menyengat akan membuat kulit terasa sakit. Oleh karena itu, baiknya lakukan eksfoliasi kulit wajah dan tubuh seminggu sekali saja.

Yuk, terapkan lima cara di atas agar proses eksfoliasi tidak menyakiti kulitmu. Pastikan kamu rutin melakukan aktivitas satu ini satu minggu sekali, agar tidak ada penumpukan sel-sel kulit di tubuhmu, ya.

Baca Juga: 5 Jenis Kandungan Skincare yang Baik untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya