Comscore Tracker

Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!

Supaya kamu terhindar dari berbagai macam infeksi!

Ketika masa menstruasi berlangsung banyak perempuan yang masih saja cuek akan kebersihan. Padahal saat menstruasi berlangsung bakteri dan jamur akan tumbuh subur bila kita tak menjaga kebersihan terutama di area kewanitaan.

Apalagi bila darah yang keluar teramat banyak, otomatis kita wajib menjaga kebersihan agar menghindari resiko infeksi yang membahayakan. Berikut lima cara yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kebersihan saat haid, simak baik-baik ya!

1. Gantilah pembalut empat jam sekali

Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!huffingtonpost.com

Saat menstruasi tentu area kewanitaan akan rentan terinfeksi bakteri dan jamur. Oleh karena itu gantilah pembalut selama empat jam sekali untuk menghindari resiko infeksi. Hal ini berlaku juga ketika darah haid yang keluar sudah sedikit karena jamur dan bakteri ganas bisa mengancammu ketika haid. So, mulailah untuk lebih mempedulikan kebersihan saat haid ya demi kebaikanmu sendiri!

2. Bersihkan area kewanitaan dengan benar

Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!Pexels/Bruce Mars

Saat haid usahakan untuk membersihkan vagian dengan benar agar bakteri dan jamur tak menyebabkan infeksi. Bersihkan area vagina dari depan ke belakang jangan sebaliknya karena daerah anus mempunyai banyak bakteri patogen yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu bersihkan area kewanitaanmu dari arah depan ke belakang sampai benar-benar bersih.

Baca Juga: Girls, Periode dan Durasi Haid Ternyata Bisa Diatur Lho! Ini 7 Caranya

3. Jangan gunakan sabun atau cairan pembersih vagina

Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!Pexels/Pixabay

Sebaiknya hindari penggunaan sabun dan cairan pembersih vagina saat hendak membersihkannya. Karena faktanya sabun dan cairan vagina akan membunuh semua bakteri dari bakteri patogen sampai bakteri yang menjaga keseimbangan pH vagina dan memiliki rentang pH sekitar 3,5-4,5. Oleh sebab itu cukup gunakan air bersih yang mengalir saja dalam membersihkan vagina.

4. Buang pembalut dengan keadaan bersih

Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!wisegeek.com

Para wanita biasanya suka malas dalam membersihkan darah yang menempel pada pembalut. Padahal darah itu mengandung berbagai bakteri yang berbahaya yang bisa menyebar ke lingkungan. Oleh karena itu lebih baik bersihkan pembalut sebelum dibuang karena bakteri dan jamur yang terdapat di dalamnya bisa menyebabkan penyakit bila dibuang ke lingkungan begitu saja. Nah antisipasi hal tersebut ya sebelum terjadi dan tanamkan rasa peduli terhadap lingkunganmu ya!

5. Jangan memakai dua pembalut sekaligus

Jangan Teledor, Ini 5 Cara Jaga Kebersihan Area Wanitamu Saat Haid!todayifoundout.com/

Biasanya saat darah haid keluar sangat banyak, para wanita memutuskan untuk menggunakan dua pembalut sekaligus untuk mencegah bocor. Padahal hal itu jelas-jelas salah karena hanya akan membuat pembalutmu menjadi sarang bakteri. Sebaiknya ganti saja pembalutmu selama empat jam sekali untuk tetap menjaga kebersihannya. Kamu gak mau kan bakteri patogen menginfeksi vaginamu?

Yuk jangan malas lagi saat haid!

Baca Juga: Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus Haidmu

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You