Comscore Tracker

5 Tanda yang Mengindikasikan Kulitmu Alami Over Moisturizing, Yuk Cek!

Duh jangan dilakukan deh!

Pelembab memang memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit agar kulit tetap sehat juga terawat. Pelembab memang amat penting untuk menghindari kulit terkena berbagai radikal bebas yang membahayakan. Namun ada kalanya ketika menggunakan pelembab kulit kita mengalami over moisturizing yang menyebabkan kulit mengalami bahaya. Berikut lima tanda saat kulitmu mengalami over moisturizing, sudah tahu?

1. Pori-pori tersumbat

5 Tanda yang Mengindikasikan Kulitmu Alami Over Moisturizing, Yuk Cek!cheatsheet.com/

Pelembab memang banyak manfaatnya namun ketika kamu terlalu banyak mengaplikasikannya bisa saja pori-porimu tersumbat. Ketika pori-pori tersumbat justru berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat malah datang.

Hal ini karena pelembab yang kamu gunakan justru tidak tersebar dengan merata malah menutupi pori padahal kondisi ini jelas berbahaya karena kulit tidak bisa bernafas dan akhirnya komedo dan jerawat hadir.

2. Kulit terasa lengket

5 Tanda yang Mengindikasikan Kulitmu Alami Over Moisturizing, Yuk Cek!timesofindia.indiatimes.com

Tanda lainnya kamu alami kondisi over moisturizing adalah kulit terasa lengket setelah mengaplikasikan pelembab. Padahal harusnya ketika pelembab digunakan kulitmu tetap terasa nyaman tidak lengket.

Nah bila kondisi ini kamu alami ada baiknya coba kurangi dahulu pemakaian pelembab agar masalah kulit seperti jerawat tidak timbul dan mengurangi kecantikan kulit.

Baca Juga: Kulitmu Sensitif? Hindari Penggunaan Skincare dengan 7 Kandungan Ini

3. Produk sulit diserap kulit

5 Tanda yang Mengindikasikan Kulitmu Alami Over Moisturizing, Yuk Cek!scienceabc.com

Jika kamu menggunakan pelembab dan pelembab tersebut sulit untuk terserap di kulit boleh jadi kamu sedang mengalami kondisi 'kelebihan pelembab'. Hanya karena kamu ingin kulitmu sehat bukan berarti kamu menggunakan pelembab berlebihan yang akhirnya malah merusak kulit. Pakailah pelembab sewajarnya saja agar kulitmu bisa merasakan manfaatnya.

4. Pelembab mudah habis

5 Tanda yang Mengindikasikan Kulitmu Alami Over Moisturizing, Yuk Cek!cosmopolitan.com

Jika dalam seminggu atau dua minggu sesudah kamu membeli pelembab tetapi pelembab yang kamu gunakan cepat habis maka kamu harus curiga karena bisa saja kamu berlebihan dalam memakai pelembab.

Meski kamu terobsesi memiliki kulit glowing nan cantik bukan berarti kamu harus memakai pelembab secara berlebihan. Pakai secukupnya saja sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

5. Kulit berminyak

5 Tanda yang Mengindikasikan Kulitmu Alami Over Moisturizing, Yuk Cek!skinstore.com

Tanda terakhir kamu alami over-moisturizing adalah kulit tampak berminyak meskipun kondisi kulit asalmu kering atau normal. Kamu harus curiga bila hal ini terjadi karena bisa saja ini adalah bentuk respon bila kondisi kulitmu sedang tidak baik karena kamu berlebihan dalam mengaplikasikan pelembab.

Nah jangan dilakukan lagi ya!

Baca Juga: Penyebab Kulit Kering, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kelembapannya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You