Comscore Tracker

Sama Sekali Gak Benar, Ini 5 Stereotip Wanita Karier yang Harus Diubah

Sudah tahun 2020 masih anggap buruk wanita karier?

Sebagaimana laki-laki seorang perempuan pun sebenarnya berhak untuk bekerja dan memulai karier. Hanya saja masih ada anggapan miring kalau seorang perempuan harusnya tidak bekerja dan hanya wajib mengurus rumah tangga saja. Ini 5 stereotip seorang wanita karier yang sama sekali gak benar, yuk ubah pandangan!

1. Gak bisa mengurus rumah tangga

Sama Sekali Gak Benar, Ini 5 Stereotip Wanita Karier yang Harus DiubahPexels/Pixabay

Semua wanita bisa bekerja sekaligus mengurus rumah tangga lho karena wanita itu jagonya multitasking. Oleh sebab itu jangan beranggapan negatif kalau seorang wanita yang bekerja tidak bisa mengurus rumah. Asalkan semuanya seimbang tentunya seorang wanita bisa melakukan banyak hal sekaligus.

2. Wanita karier adalah perawan tua

Sama Sekali Gak Benar, Ini 5 Stereotip Wanita Karier yang Harus DiubahPexels/Bruce Mars

Hanya karena bekerja bukan berarti seorang wanita dianggap perawan tua. Itu sama sekali gak benar karena siapa pun berhak untuk bekerja. Selain itu banyak juga perempuan yang sudah menikah dan bekerja. Sehingga anggapan seorang wanita karier itu adalah perawan tua adalah hal yang salah dan fatal.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Perempuan Hebat, Kamu Memilikinya?

3. Tidak memiliki sifat keibuan

Sama Sekali Gak Benar, Ini 5 Stereotip Wanita Karier yang Harus Diubahexpress.co.uk

Mau ibu rumah tangga ataupun wanita karier sama-sama memiliki jiwa seorang perempuan dan tentunya memiliki sifat keibuan. Jelas merupakan hal yang keliru menganggap wanita karier tidak bisa menjadi ibu yang baik dan tidak bersifat keibuan. Banyak wanita karier yang sukses juga jadi seorang ibu dan mendidik anak-anaknya menjadi sukses.

4. Melawan kodrat

Sama Sekali Gak Benar, Ini 5 Stereotip Wanita Karier yang Harus DiubahPexels/Marek Levak

Mungkin dulu wanita tidak bisa berkarier dan hanya menjadi ibu rumah tangga saja. Namun seiring adanya emansipasi wanita tentunya siapa saja bisa bekerja termasuk wanita. Seorang wanita yang bekerja sama sekali tidak melawan kodrat karena setiap orang juga memiliki hak yang sama termasuk seorang wanita.

5. Tidak boleh jadi pemimpin

Sama Sekali Gak Benar, Ini 5 Stereotip Wanita Karier yang Harus DiubahPexels/Fauxels

Banyak yang beranggapan bahwa seorang wanita kalaupun bekerja tidak boleh menjadi seorang pemimpin. Hal ini karena banyak yang menganggap derajat wanita lebih rendah dari pria sehingga hanya pria yang boleh jadi pemimpin. Padahal hal tersebut sama sekali gak benar karena baik wanita ataupun pria punya hak yang sama sebagai pemimpin dan derajatnya juga sama.

Yuk ubah semua pandangan di atas karena seorang wanita karier pun bisa sukses sebagai ibu!

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dimiliki Wanita Karier Agar Sukses Pekerjaannya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya