Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Obati Luka Bakar Akibat Terkena Alat Catok Rambut

Jangan panik dulu!

Saat kita menggunakan catokan untuk membuat rambut terlihat rapi biasanya sesekali kita tanpa sengaja mengalami luka bakar karena menyentuh alatnya yang panas. Entah luka bakar itu serius atau ringan kamu tetap harus cepat-cepat mengobatinya. Saat ini terjadi maka jangan panik dulu dan cukup terapkan lima langkah berikut ini!

1. Kompres air dingin

5 Tips Ampuh Obati Luka Bakar Akibat Terkena Alat Catok Rambutmedicalnewstoday.com

Hal pertama yang mesti kamu lakukan saat mengalami luka bakar karena catokan adalah mengompres luka tersebut dengan air dingin. Namun jangan langsung menggunakan es batu karena akan membuat kulit kaget. Biasanya luka bakar tersebut akan sedikit membaik dengan mengompresnya.

2. Jangan biarkan luka dalam keadaan terbuka

5 Tips Ampuh Obati Luka Bakar Akibat Terkena Alat Catok Rambutrawpixel.com/roungroat

Saat luka belum kering lebih baik kamu menutupi luka bakar tersebut dengan kain kasa untuk mencegah lukamu mengalami infeksi akibat kuman yang datang dari luar. Namun jika hanya memerah maka kamu cukup mengoleskan krim topikal khusus luka bakar agar cepat sembuh.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel dengan Cepat & Alami

3. Jangan pakai makeup dulu

5 Tips Ampuh Obati Luka Bakar Akibat Terkena Alat Catok RambutPexels/Kaboompics

Jika luka bakar terjadi pada wajahmu lebih baik jangan menggunakan makeup dulu sampai sembuh. Hal ini karena bahan kimia yang terkandung dalam makeup berbahaya dan bisa menyebabkan luka sulit untuk sembuh. Begitupun jika luka bakar tersebut ada di area tubuh maka lebih baik jangan menggunakan body lotion atau parfum dahulu.

4. Pakai sunscreen

5 Tips Ampuh Obati Luka Bakar Akibat Terkena Alat Catok Rambutindependent.co.uk

Meski luka bakar akibat catokan sudah membaik namun ada baiknya kamu tetap mengaplikasikan sunscreen di area tersebut. Hal ini karena luka bakar meski sudah membaik tetap sensitif dan jika langsung terpapar cahaya matahari biasanya luka tersebut akan mengalami iritasi. Oleh sebab itu tak ada salahnya kamu mengaplikasikan sunscreen ke area tersebut sampai betul-betul pulih.

5. Pakai pelembab

5 Tips Ampuh Obati Luka Bakar Akibat Terkena Alat Catok Rambuthealthline.com

Biasanya luka bakar akan menutup dan sembuh selama kurun waktu 5-7 hari namun jelas pasti menyisakan koreng. Meski kamu ingin menggaruknya usahakan jangan melakukan hal itu karena nantinya pasti menyisakan bekas luka.

Tetapi jika luka bakarnya hanya menyisakan sisa warna merah maka lebih baik kamu menggunakan pelembab atau petroleum jelly. Hal ini biasanya efektif untuk mengurangi luka bakar meninggalkan bekas warna hitam.

Dengan begitu pastinya luka bakar tersebut tidak akan menyisakan bekas luka!

Baca Juga: 5 Cara Memilih Catokan yang Sesuai dengan Jenis Rambut

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You