Comscore Tracker

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesia

Para perempuan hebat, nih!

Dunia politik itu memang identik sama dunia pria, oleh karena itulah jumlah politisi perempuan bisa dibilang masih sedikit terutama di Indonesia. Kendati jumlahnya masih sedikit, bukan berarti politisi ini gak punya suara dan gak bisa berprestasi. Justru dengan kemampuannya, mereka berhasil jadi tokoh yang cukup disegani di dunia politik Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut IDN Times sajikan daftar beberapa politisi perempuan berprestasi di Indonesia. 

1. Susi Pudjiastuti

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesiabisnis.liputan6.com

Siapa yang gak kenal dengan Menteri Kelautan nyentrik satu ini? Karakter ceplas-ceplosnya, bikin siapa pun jatuh hati padanya. Menteri Susi begitu ia biasa disapa memang sosok srikandi di era modern ini, karena gak cuma percaya diri saja tapi ia juga pemberani. Buktinya kapal asing yang mau mencuri di perairan Indonesia langsung diledakannya. Gak ketinggalan netizen yang kerap nyinyir padanya di Twitter dan sosial media lainnya pun dibungkam mulutnya dengan jawaban cerdas nan santai.

Hayo ngaku deh, kamu pasti ngefans banget kan sama menteri nyentrik yang punya maskapai penerbangan Susi Air ini?

2. Sri Mulyani

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesiainstagram.com/smindrawati

Definisi perempuan idaman bisa dibilang ada pada Menteri Keuangan Indonesia ini. Menteri Sri Mulyani merupakan sosok perempuan yang cerdas. Sebelum dipercaya sebagai Menteri di jajaran kabinet presiden Joko Widodo, Menteri Sri Mulyani sempat menjadi Kepala Bappenas dan juga Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Bersatu di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menariknya, menteri yang lahir pada 226 Agustus 54 tahun yang silam ini juga sempat menjadi orang Indonesia pertama yang sukses menduduki jabatan Direktur Pelaksana Bank Dunia. Salut!

3. Rieke Diah Pitaloka

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesiabintang.com

Kalau kamu ingat, politisi satu ini dulunya adalah seorang aktris. Ia pernah berperan jadi tokoh Oneng di sitkom Bajaj Bajuri yang digambarkan sebagai seorang istri yang polos. Sukses jadi aktris, Rieke pun beralih jadi politisi dengan bergabung bersama dengan Partai Kebangkitan Bangsa. Namun beberapa tahun kemudian, Rieke pun pindah partai ke PDI-P dan berhasil menjadi anggota DPR-RI hingga sekarang.

Rieke terkenal juga dengan sikapnya yang keras terhadap isu-isu sosial, terutama yang berhubungan dengan tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Perempuan yang pernah menjadi calon Gubernur Jawa Barat ini bisa dibilang sosok idaman yang lantang menyuarakan pendapat dan cerdas.

Baca Juga: Sri Mulyani, Megawati Hingga Julia Perez, Siapa Lebih Populer?

4. Retno Marsudi

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesiapinterest.com

Siapa yang gak kenal dengan politisi satu ini? Ia adalah Menteri Luar Negeri perempuan pertama Indonesia yang punya segudang pengalaman. Menteri kelahiran 27 November 1962 ini bisa dibilang adalah sosok idola banget. Menteri pemilik nama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi ini punya segudang pengalaman yang banyak di bidang diplomasi luar negeri terutama wilayah Eropa.

Sebelum menjabat sebagai Menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, Menteri Retno adalah seorang duta besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda. Menteri Retno juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Eropa dan Amerika serta duta besar untuk Islandia dan Norwegia.

5. Siti Nurbaya Bakar

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesiakatadata.co.id

Politisi dari Partai NasDem ini bisa dibilang sosok panutan. Di usianya yang bisa dibilang sudah tak muda lagi, Menteri Siti berhasil menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bawah Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Selama menjabat sebagai Menteri, perempuan kelahiran 28 Juli 60 tahun silam ini mendapat sejumlah penghargaan seperti Laporan Akuntansi Standar Tertinggi dari Menteri Keuangan dari 2008 hingga 2011 dan penghargaan WTP Laporan Keuangan dari BPK-RI.

Sebelum menjadi Menteri, ibu dari 2 orang anak ini juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPD-RI dari tahun 2006 hingga 2013. Gak berlebihan jika nama Menteri Siti dimasukkan dalam daftar politisi perempuan dengan prestasi berlimpah.

6. Yenny Wahid

Kagum, Ini Para Politisi Keren & Cerdas dari Indonesiaabc.net.au

Politisi yang juga puteri dari mendiang Presiden Abdurrahman Wahid ini bisa dibilang juga adalah sosok idola kaum muda. Dia memiliki karakter yang tegas. Kiprahnya di dunia politik Indonesia gak perlu ditanya lagi, sudah banyak dan tentunya mendulang prestasi yang bikin siapa saja berdecak kagum.

Pemilik nama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ini pernah menjabat sebagai staf khusus kepresidenan bidang komunikasi politik di bawah kepemimpinan ayahnya Gus Dur dan Susilo Bambang Yudhoyono. Jauh sebelum itu, perempaun kelahiran Jombang ini juga pernah menjadi reporter selepas kuliah untuk kantor berita Australia, The Sydney Morning Herald dan The Age. Berkat reportasenya terkait konflik Timor Timur, istri dari Dhorir Farisi ini pernah diganjar dengan penghargaan dari Walkley Award.

Itulah deretan politisi perempuan dengan sederet prestasi membanggakan di Indonesia. Berani mengambil pekerjaan yang selama ini dominasi kaum pria, membuktikan mereka adalah contoh perempuan hebat yang patut dijadikan teladan.

Baca Juga: Disindir Bodoh, Balasan dari Menteri Susi Keren Banget!

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You