Comscore Tracker

Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilih

Facial wash apa yang cocok untuk kulit wajahmu?

Seseorang disarankan untuk mencuci kulit wajah mereka menggunakan sabun khusus setidaknya dua kali sehari. Facial wash yang memiliki kandungan lebih lembut dari sabun batang pun hadir dengan beberapa jenis dan menawarkan beberapa kelebihan, seperti mampu membersihkan wajah dari kotoran, debu, makeup, serta menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah.

Nah, di bawah ini ada lima jenis facial wash yang wajib kalian ketahui agar tak salah pilih. Yuk, kita cari tahu bersama.

1. Cleansing foam atau foaming facial wash

Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilihmyloadedcargo.com

Foaming facial wash atau cleansing foam adalah pembersih wajah berbentuk busa yang biasanya memberikan efek kering pada kulit wajah setelah penggunaannya hingga tidak disarankan untuk kalian yang memiliki tipe kulit berminyak.

Di Indonesia, jenis facial wash yang satu ini paling mudah ditemui di mini market atau toko-toko terdekat. Saat ini, facial wash bentuk ini hadir dalam berbagai varian, seperti khusus untuk kulit berjerawat, normal, dan untuk semua jenis kulit.

2. Cleansing gel

Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilihinstagram.com/ovalebeautyid/

Selanjutnya ada facial wash berbentuk gel. Dalam jenis ini, ada cleansing gel yang menghasilkan busa dan ada juga yang tidak. Cleansing gel digadang-gadang bisa membersihkan secara lebih mendalam alias deep cleanser dibanding dengan facial wash bentuk lain karenakan gel dalam facial wash ini lebih mudah diserap kulit wajah karena ringan di kulit.

Cleansing gel ini juga sangat disarankan untuk kulit sensitif, berminyak, ataupun berjerawat karena formula gel yang lembut ini aman dan tidak menambah iritasi pada kulit berjerawat.

Untuk kulit kering ataupun normal disarankan untuk menggunakan cleansing gel tanpa busa karena pembersih jenis tersebut tidak akan membuat kulit wajah kalian jadi semakin kering.

Baca Juga: Perawatan Wajah Alami yang Bikin Makeup Natural Paripurna, Gak Mahal!

3. Cleansing Water

Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilihjournal.sociolla.com

Micellar atau cleansing water adalah pembersih wajah yang memiliki konsentrasi air. Belakangan ini, bentuk facial wash yang satu ini begitu diminati karena ampuh membersihkan wajah dari debu, kotoran, bahkan make-up waterproof sekalipun!

Selain itu, penggunaan cleansing water yang satu ini juga cukup mudah, yaitu hanya dengan menuangkan cairan cleasing water secukupnya pada permukaan kapas dan langsung oleskan di wajah kalian untuk menghapus segala 'dosa-dosa' pada kulit wajah kalian.

Meskipun menyerupai air, ternyata ada beberapa cleansing water yang mengandung alkohol. Nah, untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, sensitif, ataupun berjerawat hindari pemakaian cleansing water yang mengandung alkohol, meskipun brand tersebut mengatakan, bahwa cleansing water tersebut cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Karena kandungan alkohol tadi bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit wajah kalian jadi lebih kering bahkan mengelupas, lho.

4. Cleansing balm

Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilihprojectvanity.com

Nah, pembersih wajah yang satu ini memiliki kandungan minyak berberbentuk balm dengan konsistensi kental. Fungsi cleansing balm yang satu ini adalah untuk membersihkan kulit wajah dari makeup dengan lebih lembut sehingga tak menyebabkan iritasi pada jenis kulit kering, karena cleansing balm sangat direkomendasikan untuk kalian yang memiliki tipe kulit kering.

Cara penggunaan yang gampang serta mudah dibawa ke mana-mana juga menjadi nilai tambah untuk bentuk pembersih wajah yang satu ini.

5. Cleansing oil

Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilihinnisfree.co.kr

Berbahan dasar minyak, cleansing oil juga menjadi salah satu bentuk facial wash yang digemari kalangan perempuan akhir-akhir ini. Cleansing oil dipilih karena bisa menghapus semua jenis make-up dan sunscreen secara lebih cepat dan mudah, membuat kulit terasa lebih kenyal dan halus, serta dapat membersihkan sebum yang dihasilkan kulit wajah.

Bentuk facial wash yang satu ini memiliki perbedaan daripada pembersih wakah bentuk lain, yaitu cara kerja cleasing oil dinilai lebih baik daripada bentuk facial wash pada umumnya, seperti gel atau foam.

Hal ini karena minyak merupakan jenis pelarut khusus (sekelompok bahan yang dapat melarutkan zat serupa) lipofilik yang secara alami bisa menarik minyak lainnya yang dihasilkan kulit wajah, termasuk sebum. Inilah yang membuat cleansing oil bisa dengan cepat membersihkan makeup dan sebum sambil melembutkan kulit wajah pada waktu bersamaan.

Cleansing oil yang memiliki lebih dari satu campuran minyak disarankan untuk digunakan pada kulit kombinasi dan berminyak. Jika kandungan suatu cleansing oil hanya memiliki satu campuran minyak, maka hindarilah. Karena hal tersebut bisa membuat wajahmu justru tambah berminyak.

Itulah lima jenis facial wash yang bisa digunakan sesuai dengan jenis kulit kalian. Kira-kira bentuk facial wash mana yang cocok untuk jenis kulit kalian, girls?

Baca Juga: Micellar Water hingga Cleansing Balm, Apa Beda 8 Pembersih Wajah Ini? 

Ines Sela Melia S. Photo Verified Writer Ines Sela Melia S.

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You