Comscore Tracker

5 Problematika yang Selalu Dihadapi Seorang Perempuan

Apa kamu juga selalu merasakannya?

Beberapa perempuan beranggapan, jika cantik versi dirinya sendiri adalah standar kecantikan yang terbaik dibandingkan harus mendengar komentar orang lain yang justru akan mempersulit diri sendiri.

Sayangnya, meski tidak semua menggubris komentar orang lain, nyatanya semua perempuan pasti pernah merasakan lima problematika di bawah ini. Kalian termasuk yang selalu atau pernah merasakannya, nih?

1. Self esteem

5 Problematika yang Selalu Dihadapi Seorang Perempuanpixabay.com/nikolapeskova

Seorang perempuan benar-benar sangat menjaga harga dirinya di depan orang lain agar ia bisa dihargai orang lain, terutama kaum laki-laki yang kadang masih suka berpikiran kolot dan merendahkan harga diri perempuan. Biasanya, perempuan menjaga harga dirinya dengan bersikap bijaksana dan menjaga kehormatannya sebagai seorang perempuan.

Untuk titik terendah self esteem seorang perempuan adalah ketika dirinya berusi 13 tahun atau saat remaja. Perempuan dengan self esteem rendah biasanya ragu untuk menyebutkan kelebihan diri sendiri, tidak menyadari potensi yang ada dalam dirinya, dan sulit untuk mendapatkan apa yang diinginkannya karena kurang percaya diri.

2. Berat badan yang katanya 'gak ideal'

5 Problematika yang Selalu Dihadapi Seorang Perempuanpixabay.com/typographyimages

Contoh kecilnya adalah ketika seorang wanita disinggung masalah bentuk tubuh yang terlihat lebih berisi. Untuk sebagian perempuan yang sangat mementingkan pendapat orang lain pasti akan langsung kepikiran dan mencari cara agar bentuk tubuhnya kembali 'ideal' untuk membungkam komentar negatif orang lain.

3. Diet: Banyak gangguan, banyak halangan, kadang berhasil, kadang juga gagal

5 Problematika yang Selalu Dihadapi Seorang Perempuanpixabay.com/janeb13

Isu yang paling mencolok adalah bentuk tubuh super kurus. Karena hal tersebutlah banyak perempuan yang berbondong-bondong untuk melakukan diet, termasuk diet ketat yang ternyata dapat memicu terjadinya masalah pada diri seorang perempuan.

Diet yang dilakukan perempuan pun tak selamanya berjalan mulus. Banyak sekali hambatan dan halangan ketika niat untuk diet sudah ada di depan mata dan sudah dimantapkan dalam hati. Berusaha keras untuk diet pun kadang terasa sia-sia ketika hasil yang didapatkan tak sesuai harapan, kurang berhasil, atau gagal.

Untuk beberapa alasan, diet sah-sah saja dilakukan, misalnya seorang perempuan sudah terkena obesitas, maka diet itu sangat dianjurkan bahkan diperlukan agar perempuan tersebut tak terjangkit penyakit lain yang menyebabkan komplikasi. Namun hal yang perlu tetap diingat ketika ingin diet adalah jangan sampai hal tadi membuat kalian mengabaikan faktor-faktor kesehatan, yang nantinya malah membuat diet kalian tidak berhasil.

Baca Juga: Agar Tak Bocor ke Media, Tesla Suap Korban Diskriminasi

4. Diskriminasi warna kulit

5 Problematika yang Selalu Dihadapi Seorang Perempuanpixabay.com/trevoykellyphotography

Beruntunglah wanita yang tinggal dan hidup di Indonesia. Berkat emansipasi wanita, kini wanita jadi lebih dihargai dalam beberapa aspek kehidupan. Namun, pikiran kolot kadang membuat wanita merasakan diskriminasi. Salah satu contohnya adalah soal warna kulit.

Di beberapa negara yang mayoritas berkulit putih, cerah, dan bersinar akan mendiskriminasi seseorang yang kulitnya jauh atau bahkan sedikit lebih gelap dari warna kulit putih normal di negara tersebut.

Walaupun rata-rata kulit wanita Indonesia adalah berwarna sawo matang, tapi terkadang wanita-wanita dengan warna kulit eksotis khas negeri tropis ini mendapatkan diskriminasi di negaranya sendiri. Salah satu contoh diskriminasinya adalah adanya acuan warna kulit yang putih berseri, seperti model iklan produk kecantikan di televisi.

Secara tak langsung hal tersebut menimbulkan sebuah isu baru tentang diskriminasi warna kulit, yang secara halus mengatakan, jika wanita Indonesia yang katanya 'berkulit hitam' bisa mendapatkan kulit putih bersinar, seperti yang digaungkan iklan TV, dan bisa masuk dalam deretan wanita dengan standar kecantikan dunia.

5. Style: Mengikuti trend fashion itu suatu keharusan

5 Problematika yang Selalu Dihadapi Seorang Perempuanpixabay.com/Free-Photos

Masalah kecantikan memang menjadi masalah paling menonjol, karena kecantikan benar-benar menjadi cover seorang wanita. Masalah kecantikan ini beragam, mulai dari bagian tubuh, wajah, hingga fashion style orang itu sendiri. Gaya berbusana seorang perempuan juga bisa menggambarkan kepribadian yang ada di dalam diri perempuan itu sendiri.

Dari dulu hingga kini, tren fashion di seluruh penjuru dunia memang tidak ada habisnya. Setiap waktu, ada saja inovasi baru dari bidang fashion yang selalu menjadi trensetter. Bagi seorang perempuan, mengikuti tren fashion yang sedang berlangsung itu adalah suatu keharusan.

Berbagai alasan pun ada di balik keputusan seorang wanita mengikuti tren fashion masa kini, seperti agar tampil beda, menarik lawan jenis, sebagai pemuas hasrat dalam diri, dan agar tak dicap ketinggalan zaman. Duh!

Tidak ada larangan untuk seorang wanita yang ingin meningkatkan kepercayaan diri atau ingin tampil lebih cantik lagi, tentu dengan cara mereka sendiri . Tapi ingatlah, yang berlebihan itu justru tidak baik.

Untuk beberapa alasan positif, mempercantik diri atau melakukan suatu hal agar meningkatkan self esteem dalam diri itu bisa diambil sebagai jalan terbaik, tapi yang paling terpenting dalam semua hal tadi adalah keep being you and love yourself!

Baca Juga: Ketika Diskriminasi Itu Masih Ada...

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya