Comscore Tracker

Inspiratif, 5 Perempuan Tangguh Ini Berkontribusi Besar di Dunia Medis

Perempuan yang membawa perubahan berkat penemuannya

Dunia medis telah ada sejak ribuan tahun silam dan terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Gak bisa dimungkiri, medis atau bidang kedokteran sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia, praktik ini menjadi jembatan penyelamat jutaan nyawa di dunia.

Menurut sejarahnya, kedokteran atau medis dahulunya didominasi oleh pria. Namun stigma tersebut berhasil dipatahkan oleh ke-5 perempuan ini. Mereka berhasil menjadi sosok perempuan yang turut andil dalam bidang kedokteran dan membawa perubahan bagi dunia. Siapa saja mereka?

1. Dr. Jane C. Wright

Inspiratif, 5 Perempuan Tangguh Ini Berkontribusi Besar di Dunia Medisnokert.hu

Dr. Jane C. Wright adalah sosok perempuan yang berpengaruh dalam bidang medis khususnya terkait kanker. Ia adalah pelopor dan penemu kemoterapi hingga metotreskat, yakni metode pengobatan kanker kulit dan payudara (1940).

Kecerdasannya dalam bidang kedokteran ternyata warisan dari ayah dan kakeknya. Ayah Dr. Jane C. Wright yakni Dr. Louis T. Wright adalah lulusan Harvard Medical School yang ditunjuk sebagai staf rumah sakit di kota New York sedangjan kakeknya adalah lulusan Meharry Medical College.

2. Dr. Gertrude B. Elion

Inspiratif, 5 Perempuan Tangguh Ini Berkontribusi Besar di Dunia Medistwitter.com/Naiaradiazfdez

Perempuan kelahiran New York, 23 Januari 1918 ini membawa perubahan dalam dunia medis meliputi obat penghambat proses leukimia, malaria, asam urat, herpes, pengembangan obat AIDS, antivirus acyclovir dan lainnya. Berkat karyanya tersebut ia pun diberi penghargaan Nobel pada tahun 1988.

Di balik keberhasilannya tersebut terselip cerita panjang dan inspiratif. Setelah meraih gelar sarjana jurusan Kimia (1927), ia ditolak oleh berbagai program pascasarjana. Alih-alih terus mengejar mimpinya melanjutkan pendidikan, ia malah memilih menjadi asisten labolatorium (tidak dibayar) dan menjadi guru sains cadangan di sekolah umum New York City. Dan tampaknya jalan tersebut lah yang membawanya menjadi perempuan berpengaruh dalam bidang medis di dunia setelah berkolaborasi dengan George Hitchings, ahli biokimia.

3. Dr. Gerty Cori

Inspiratif, 5 Perempuan Tangguh Ini Berkontribusi Besar di Dunia Medisstdaily.com

Gerty Cori lahir dengan nama Gerty Theresa Radnitz di Praha, 15 Agustus 1896. Ia adalah wanita pertama yang meraih penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1947. Pamannya yang notabene profesor kedokteran anak di Universitas Praha adalah sosok yang berpengaruh dalam karirnya di dunia medis.

Gerty Cori dengan teman kuliahnya yang menjadi suaminya, Carl F. Cori, memiliki minat dan bakat yang sama. Suami istri ini pun melakukan penelitian terkait biomikia, fisiologi dan metabolisme. Mereka penasaran dengan kerja hormon menjadikan glukosa sebagai metabolisme tubuh. Setelah bertahun-tahun keduanya pun mengidentifikasi enzim yang memfasilitasi dekomposisi glikogen menjadi glukosa.

Gak hanya meraih penghargaan Nobel, Dr. Gerty pun banyak meraih penghargaan lainnya, diantaranya Squibb Award dalam endokrinologi (1947), The Midwest Award dari American Chemical Society (1946), Garvan Medal dan Women's National Press Award (1948) dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Bukti Bahwa IU Sosok Wanita Inspiratif, Punya Prinsip & Empati

4. Dr. Helen Brooke Taussig

Inspiratif, 5 Perempuan Tangguh Ini Berkontribusi Besar di Dunia Medisdeafniche.com

Perempuan berpengaruh dalam dunia medis lainnya adalah Dr. Helen Brooke Taussig. Ia menempuh pendidikan mengenai anatomi, histologi dan bakteriologi di Harvard Medical School dan Boston University. Bukan perkara mudah, selama menempuh pendidikan ia didiskriminasi di kelas histologi oleh sesama pelajar laki-laki. Lantaran pada masanya belum mengenal kesetaraan gender.

Berkat kegigihannya, ilmuan sekaligus dokter kelahiran Cambridge, 24 Mei 1898 ini berhasil menciptakan kardiologi pediatrik (1949) dan bersama Drs. Alfred Blalock dan Vivien Thomas, ia menciptakan Prosedur Blalock-Taussig (prosedur bedah bagi anak yang menderita tetralogi fallot).

Berkat prestasinya, pada tahun 1965 Dr. Helen menjadi wanita pertama yang menjadi presiden American Hearth Association.

5. Dr. Virginia Apgar

Inspiratif, 5 Perempuan Tangguh Ini Berkontribusi Besar di Dunia Medisinverse.com

Dr. Virginia Apgar lahir di Westfield, New Jersey, 7 Juni 1909. Dr. Virginia menempuh pendidikan di Mount Holyoye College (1929), Columbia University College of Physician & Surgeon (1933) dan menempuh pendidikan pascasarjana sebagai dokter bedah pada tahun 1937.

Dr. Virginia Apgar kini dikenal sebagai dokter asal Amerika Serikat ahli anastesi, teratologi, pendiri neonatologi hingga pencetus skor apgar yang kini sering digunakan sebagai metode penentu kesehatan bayi yang baru lahir.

Pada tahun 1995, Dr. Virginia pun dilantik sebagai National Women’s Hall of Fame atas jasanya menjadi wanita berpengaruh dalam sejarah dunia medis.

Itulah 5 perempuan yang berkonstibusi besar dalam dunia medis. Penemuan mereka yang luar biasa membawa perubahan berarti dalam dunia medis yang kita kenal sekarang.

Baca Juga: 10 Potret Single Mom Artis Paling Inspiratif, Para Wanita Tangguh Nih!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya