Comscore Tracker

5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai Sendiri

Perhatikan sebelum mulai, biar hasilnya nggak jadi kacau!

Mewarnai rambut merupakan salah satu kegiatan yang cukup umum dilakukan sebagai bagian dari penunjang penampilan. Proses pewarnaan saat ini dapat dilakukan di salon maupun secara mandiri.

Namun ketika mengecat rambut sendiri, terkadang hasilnya bisa tidak sesuai dengan harapan. Nah, untuk meminimalisir risiko tersebut, berikut ini ada lima faktor pemicu mengapa pewarnaan rambut secara mandiri bisa gagal dan menghasilkan warna yang tidak sesuai, simak baik-baik ya!

1. Proses pengecatan tidak rata

5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai SendiriIlustrasi warna rambut (unsplash.com/Tim Mossholder)

Ketika memutuskan untuk melakukan pengecatan secara mandiri, pastikan bahwa kamu bisa mengakses seluruh bagian rambut yang diwarnai dengan baik. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan bantuan cermin dan sebaiknya hindari tempat-tempat temaram agar penglihatan kamu dapat bekerja dengan baik.

Bila memungkinkan, mintalah bantuan seseorang untuk mengecat atau memeriksa bagian rambut yang sulit dijangkau. Ingat, jangan pelit mengaplikasikan cat supaya semua bagian tertutup secara merata.

2. Tidak cari tahu produk

5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai Sendiriilustrasi smartphone (unsplash.com/Yura Fresh)

Tidak memperhatikan merek cat yang digunakan juga merupakan bagian dari pemicu mengapa hasil pewarnaan rambut jadi gagal keren. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan research mengenai kandungan, komponen, dan hasil warna setelah digunakan.

Jika mencari referensi di internet, ada baiknya cari seseorang yang memiliki karakteristik rambut sama atau hampir menyerupai dengan yang kamu punya, sebab terkadang jenis rambut pun mempengaruhi hasil akhir sebuah cat.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Gaya Rambut Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Rambut

3. Warna rambut yang terlalu gelap

5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai SendiriIlustrasi perawatan rambut (unsplash.com/Giselle Lazcano)

Warna dasar rambut akan ikut mempengaruhi hasil dari proses pewarnaan, biasanya kegagalan disebabkan oleh dasar rambut yang terlalu gelap, sehingga media menjadi tidak sinkron saat dimasuki menggunakan cat-cat yang diinginkan.

Solusi dari permasalahan ini adalah kamu mesti menggunakan cat yang memiliki efek lebih kuat atau bisa dilakukan dengan melalui proses bleaching terlebih dahulu, untuk pemudaran warna bawaan supaya cat lebih mudah masuk.

4. Bleaching yang masih kurang

5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai SendiriIlustrasi perawatan rambut (unsplash.com/engin akyurt

Bleaching dalam proses pewarnaan rambut perlu dilakukan untuk memudarkan warna asli agar bisa dimasuki oleh warna lain, terutama yang memiliki kontras lebih terang. Umumnya bleaching diperuntukan bagi sebagian orang yang memiliki rambut gelap atau hendak menghilangkan sisa cat yang masih ada.

Bila kamu hendak menggunakan warna-warna terang seperti abu-abu, biru, peach, ataupun ungu, ada baiknya perhatikan tingkat bleaching yang sudah dilakukan agar hasil warna lebih maksimal.

Jika rambut masih dalam kondisi cokelat setelah dilakukan bleaching, akan sulit bagi cat-cat terang untuk masuk, minimal rambut perlu di-bleaching sampai tingkat 8-10 atau mendekati putih.

5. Waktu pengecatan

5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai SendiriIlustrasi jam (unsplash.com/Ocean Ng)

Durasi dalam melakukan pengecatan perlu diperhatikan supaya hasil warna sesuai dengan keinginan kamu. Hindari mengaplikasikan cat terlalu lama jika tidak ingin warna menjadi tebal dan gelap, serta jangan terburu-buru membilas cat jika tidak ingin warna menjadi tipis dan cepat luntur.

Nah, itu dia kelima faktor pemicu mengapa cat rambut bisa gagal ketika diaplikasikan seorang diri. Memang sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengubah gaya rambut, ada baiknya pertimbangkan segala risiko dan jangan ragu untuk cari tahu lebih banyak sebelum dilakukan, untuk menghindari kemungkinan gagal yang fatal.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Hindari Biar Warna Cat Rambut Gak Cepat Pudar

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya