5 Kesalahan Memakai Bulu Mata Palsu, Pantas Gak Nempel!

Selalu hati-hati dalam penggunaan lem

Bulu mata palsu merupakan salah satu aksesori kecantikan yang kerap digunakan untuk membantu meningkatkan penampilan mata agar lebih dramatis. Bulu mata palsu sendiri dibuat dari berbagai bahan dan memiliki model tertentu yang bisa membuat tampilan kamu semakin menawan.

Untuk bisa merekatkan produk ini, biasanya digunakan lem khusus yang dirancang agar aman bersentuhan dengan kulit. Tetapi, kadang-kadang ada saja yang belum bisa menggunakan bulu mata palsu dengan optimal karena beberapa penyebab.

Oleh sebab itu, simak dulu lima kesalahan memakai bulu mata palsu berikut ini yang bisa menyebabkan kamu kesulitan menggunakannya bahkan berisiko tidak nempel. Yuk, simak!

1. Perbedaan mata dan model bulu mata

5 Kesalahan Memakai Bulu Mata Palsu, Pantas Gak Nempel!sepasang bulu mata palsu (unsplash.com/Giorgio Trovato)

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa bulu mata memiliki model yang berbeda-beda. Hal itu dilakukan bukan saja untuk menambah variasi terhadap tampilan bulu mata, tetapi untuk membuatnya cocok antara satu produk dengan mata. Salah satu kesalahan mengapa kamu kesulitan menggunakan produk bulu mata palsu ialah karena aksesori kecantikan tersebut tidak sama dengan bentuk mata kamu.

Hal ini akan membuat kamu kesulitan menempelkannya, bahkan membuatnya tidak nyaman ketika digunakan. Oleh sebab itu, solusi yang bisa diatasi apabila kamu menjumpai bulu mata palsu tidak cocok dengan bentuk mata kamu ialah dengan mengguntingnya.

Kamu bisa mengukur diameter mata dengan panjang bulu mata. Jika terlalu panjang, maka kamu bisa mengguntingnya dengan hati-hati. Namun jika modelnya benar-benar jauh berbeda dan membuat kamu tidak nyaman, maka kamu harus membeli produk yang baru.

2. Kualitas lem yang buruk

5 Kesalahan Memakai Bulu Mata Palsu, Pantas Gak Nempel!ilustrasi bulu mata palsu (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Kualitas lem menjadi salah satu kunci agar proses pemakaian bulu mata palsu tampil lebih alami dan maksimal. Bila kamu menjumpai bahwa produk sulit menempel, bisa jadi hal itu dikarenakan kualitas lem yang sangat buruk. Biasanya, lem yang sudah tidak bisa digunakan lagi, maka kinerjanya pun akan menurun.

Hal itu membuat kamu akan kesulitan ketika hendak menempelkan aksesori kecantikan tersebut. Maka dari itu, solusi yang ditawarkan ialah dengan membeli lem baru supaya produk bulu mata palsu yang kamu gunakan dapat menempel dengan baik dan hasilnya optimal.

3. Kondisi sekitar mata yang kurang optimal

5 Kesalahan Memakai Bulu Mata Palsu, Pantas Gak Nempel!wanita memakai bulu mata palsu (unsplash.com/Alexander Grey)

Selain berasal dari produk, kadangkala bulu mata palsu yang tidak bisa menempel dengan baik dikarenakan kondisi area sekitar mata kamu yang kurang optimal. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kemudahannya, sehingga kamu harus memperhatikan kondisi kesehatan dan kebersihan mata untuk mendapatkan manfaat bulu mata palsu yang maksimal dan bisa menempel dengan baik.

Biasanya hal itu disebabkan oleh minyak yang ada di sekitar kelopak mata, adanya kotoran, adanya kondisi sensitif, dan sejenisnya. Pastikan untuk menggunakan primer yang tepat untuk membantu bulu mata palsu supaya menempel dengan baik.

Di samping itu, hindari penggunaan produk tersebut apabila kamu sedang memiliki masalah mata yang memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Bulu Mata Palsu Bawah untuk Memperkuat Pesona 

4. Penggunaan lem yang berlebihan

5 Kesalahan Memakai Bulu Mata Palsu, Pantas Gak Nempel!seseorang mengoleskan lem pada bulu mata (pexels.com/cottonbro studio)

Kesalahan berikutnya yang kerap dilakukan saat memasang bulu mata palsu ialah dengan menggunakan lem berlebihan. Cara ini sama sekali tidak direkomendasikan karena bukannya efektif menempel dengan baik, hal tersebut malah membuat kamu tidak nyaman.

Hal itu karena nantinya lem akan terlihat di sekitar area mata dan membuatnya terasa berat. Selain itu, bulu mata palsu akan sulit dibersihkan karena lem yang menempel di mana-mana. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil yang terbaik disarankan menggunakan lem bulu mata dengan tipis dan merata di seluruh bagian.

Ini akan membantu bulu mata palsu menempel dengan baik tanpa meninggalkan efek berat atau tidak nyaman di sekitar mata. Selain itu, kamu juga bisa membersihkannya dengan nyaman karena penggunaannya sudah sesuai anjuran.

5. Menempelkan bulu mata saat lem masih sangat basah

5 Kesalahan Memakai Bulu Mata Palsu, Pantas Gak Nempel!ilustrasi kotak bulu mata palsu (pexels.com/Abdulrhman Alkady)

Menempelkan bulu mata saat kondisi lem baru saja dioleskan dan masih basah menjadi salah satu kesalahan penggunaan bulu mata palsu yang sering sekali dilakukan. Hal ini sangat berpotensi membuat aksesori kecantikan tersebut tidak mampu menempel dengan baik dan nantinya lem bisa menempel kemana-mana.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menunggu selama beberapa detik sampai lem tersebut setengah kering. Nantinya lem bulu mata akan bekerja dengan baik dan menempel di kulit secara nyaman sehingga tampilan kamu pun jadi semakin menawan dan tidak perlu khawatir bahwa lem akan merusak penampilan di sekitar mata.

Penggunaan bulu mata palsu merupakan salah satu hal yang umum dilakukan dalam dunia kecantikan tetapi kadangkala seseorang menggunakan produk dengan salah sehingga hasilnya jadi kurang optimal.

Buat kamu yang kerap memiliki masalah kesulitan dalam penggunaan produk ini, bisa jadi diakibatkan karena lima kesalahan memakai bulu mata palsu seperti penjelasan di atas. Oleh sebab itu, jangan bosan untuk terus belajar dan praktik supaya tampilan kamu selalu menawan.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Aplikasikan Bulu Mata Palsu, Ciptakan Glam Look! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya