Comscore Tracker

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah Pilih

Beda jenis kulit, beda jenis foundation

Mengenali jenis-jenis alas bedak sangat penting, karena penggunaan alas bedak yang tepat merupakan kunci keberhasilan tata rias wajah kamu. Salah memilih alas bedak bisa membuat riasan wajah seperti “pecah” alias tidak menempel secara merata. Selain itu, alas bedak yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa memicu timbulnya komedo dan jerawat. Berikut adalah 10 jenis foundation berdasarkan tekstur jenis kulit:

1. Sheer Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/jaymanuelbeauty

Jenis alas bedak ini cocok untuk jenis kulit normal. Mudah diaplikasikan, ringan, cepat menyatu dengan warna kulit, serta wajah tampak lebih cerah dan bebas minyak.

 

2. Oil Based Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/missha_germany

Kandungan minyak yang tinggi menyebabkan alas bedak ini tidak cocok diaplikasikan pada semua jenis kulit. Akan tetapi, jenis alas bedak ini cocok diaplikasikan pada jenis kulit kering. Sehingga kandungan minyaknya selain bermanfaat untuk menghasilkan polesan dasar tata rias yang maksimal, juga berfungsi memberikan kelembapan pada kulit.

3. Cream Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/syloft

Selain oil based foundation, cream foundation juga cocok diaplikasikan pada jenis kulit kering. Kandungan minyak dan teksturnya yang lembut sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit kering dan normal. Selain itu, tekstur cream-nya yang halus sangat bermanfaat menyamarkan kerutan halus di wajah.

4. Matte Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/thebodyshop

Kulit berminyak cenderung lebih rewel dengan berbagai produk kosmetik, terutama yang mengandung minyak. Untuk alas bedak, jenis matte foundation merupakan jenis alas bedak yang tepat untuk kulit berminyak. Matte foundation ini sifatnya cepat kering di wajah. Jadi, mengaplikasikannya tipis-tipis saja, jangan terlalu tebal.

5. Stick Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/andmakeupbegins

Jika jenis kulit kamu berjerawat, sebaiknya pilihlah alas bedak jenis stick, karena bentuk stick menyebabkan pamakaian alas bedak ini minim kontak langsung dengan kulit tangan yang kaya kuman, sehingga lebih terjamin kesterilannya.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Kering, 5 Foundation Drugstore Ini Layak Dicoba!

6. Liquid Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/joninnewyork

Liquid foundation adalah jenis foundation yang berbentuk cair. Alas bedak ini ada dua macam yaitu, berbahan dasar air yang cocok untuk jenis kulit berminyak, sementara liquid foundation yang berbahan dasar minyak bisa diaplikasikan untuk jenis kulit kering.

7. Mousse Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/inglot_bih

Alas bedak ini cocok untuk semua jenis kulit dan semua usia. Alas bedak ini memiliki tekstur halus menyerupai busa. Mousse foundation ini tidak mudah menggumpal walaupun diulaskan dibagian kulit yang sudah berkerut ataupun didaerah lipatan sekalipun. Sehingga memberikan hasil maksimal pada setiap aplikasi.

8. Two way cake

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/glamsmakeupafrica

Jenis alas bedak ini sangat unik dan cocok untuk semua jenis kulit. Bentuknya seperti bedak. Uniknya, alas bedak ini bisa digunakan dalam dua bentuk. Jika menginginkan bentuk alas bedak cair, tinggal aplikasikan two way cake dengan kapas basah. Sebaliknya, jika menginginkan hasil yang padat, tinggal aplikasikan two way cake dengan spons kering.

 

9. Compact Foundation

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/misscalleis

Compact foundation adalah alas bedak two in one. Ia merupakan gabungan antara alas bedak dan bedak tabur. Praktis penggunaannya, cukup sapukan ke wajah dengan menggunakan spons seperti mengaplikasikan bedak biasa. Jenis bedak ini sangat digemari oleh para wanita aktif.

10. Tinted Moisturizer

Kenali 10 Jenis Foundation Ini, Jangan Salah PilihInstagram.com/imsoofancyblog

Tinted moisturizer lebih tepatnya adalah pelembab wajah yang dilengkapi dengan pigmen (berwarna). Sehingga bisa dijadikan alternatif untuk memberikan kesan warna lebih cokelat pada wajah. Namun, foundation ini tidak bisa menutupi flek wajah dengan baik. Untuk dandanan minimalis, pelembab ini cocok digunakan dan diaplikasikan untuk semua jenis kulit.

Sudah tahukan beberapa jenis foundation yang cocok untuk jenis kulit wajahmu? Pilih jenis foundation yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu ya!

Baca Juga: 5 Tips Hindari Cakey Saat Pakai Foundation, Rahasia Makeup Paripurna

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya