Comscore Tracker

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajah

Biar tetap sehat dan cantik

Berbagai cara dilakukan orang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk perawatan wajah dan juga melakukan perawatan-perawatan khusus di rumah kecantikan. Namun kadang-kadang orang lupa bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari justru bisa memicu kerusakan kulit.

Berikut  10  kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan kulit:

1. Salah memilih kosmetik

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi produk kosmetik (Pexels.com/ Engin akyurt)

Kesalahan memilih kosmetik bisa berkibat buruk pada kulit. Tak jarang kulit menjadi iritasi dan juga berjerawat.

Cermati jenis kulitmu agar bisa memilih jenis kosmetik yang tepat. Jika kulitmu kering dan sensitif hindari kosmetik yang dapat membuat kulit semakin kering dan iritasi, seperti kosmetik yang mengandung pewangi, retinoid atau alpha hydroxy acid.

Selain itu, kamu harus meneliti komposisi dari produk yang akan kamu pakai. Cek juga kemasan, label, izin edar dari BPOM dan tanggal kedaluwarsa.Hindari produk yang memiliki kandungan berbahaya seperti merkuri dan lain-lain. 

2. Tidur tanpa membersihkan wajah

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi orang tidur (Pexels.com/ Andrea Piacquodia)

Kotoran dan sisa-sisa make up yang masih menempel pada wajah akan membuat kulit tersumbat dan berpotensi menimbulkan jerawat. Jangan malas untuk membersihkan wajah sebelum  tidur  ya.

3. Jarang mencuci peralatan make up

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi peralatan malke up (Pexels.com/ /Beata Dudová)

Spon wajah dan kuas sering lupa dibersihkan. Padahal hal ini bisa membuat spon dan kuas menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.  Bersihkan alat-alat make up milikmu seminggu sekali dengan sabun dan air hangat. Dan ganti segera peralatan yang sudah tidak layak pakai.

4. Sering menggosok kulit dengan keras

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi perawatan kulit wajah (Pexels.com/ Polina Tankilevitch )

Scrub kulit wajah memang diperlukan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Tetapi ini tidak boleh dilakukan terlalu sering, cukup satu atau dua kali seminggu. Jika terlalu berlebihan akan membuat minyak alami kulit hilang.  Lakukan dengan perlahan agar kulit tetap lembut. Tetapi saat kulit kamu sedang kering atau teriritasi, hindari dulu melakukan scrub.

5. Berlama-lama mandi

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi bak mandi (Pexels.com/ Alleksana)

Baca Juga: 9 Peribahasa Indonesia dengan Kata 'Mandi', Tahu Arti Mandi Sedirus? 

Mandi yang terlalu lama dapat merusak kulit. Cukup 5-10 menit saja ya.  Hindari menggunakan air yang terlalu  panas. Lebih baik gunakan air hangat atau dingin agar kulit  tidak rusak.

6. Merokok

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi tanda dilarang merokok (Pexels.com/ George Morina)

Merokok dapat membuat kulit tampak kusam dan kehilangan kolagen sehingga kulit kehilangan elastisitas. Selain itu gerakan wajah saat mengisap rokok dan memicingkan mata juga mempercepat timbulnya  kerutan pada kulit terutama sekitar bibir dan mata.

7. Tidak pakai tabir surya

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi tabir surya (Pexels.com/ Nadine Wuchenauer)

Saat keluar rumah, jangan biarkan kulit tanpa perlindungan. Sinar matahari dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit seperti kulit kering, kerutan dan juga noda-noda hitam . Oleskan tabir surya dengan minimal SPF 15.

8. Stres

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi oorang stres (Pexels.com./ Anna Shvets)

Stres yang berlarut dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu timbulnya jerawat serta masalah kulit lainnya. Kelola stres  dengan benar. Mintalah bantuan keluarga atau ahli jika diperlukan.

9. Kurang tidur

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi orang tidur (Pexels.com/ Miriam Alonso)

Kolagen pada tubuh akan menghalangi pembentukan kerutan pada wajah sehingga wajah terhindar dari penuaan dini. Jika kurang tidur, maka tubuh tidak dapat membentuk kolagen dengan optimal. Akibatnya  akan muncul lebih banyak kerutan pada kulit wajah yang membuatnya  terlihat lebih tua dari  usia sebenarnya.  Selain itu, kurang tidur juga memperbesar risiko timbulnya jerawat. Jadi, atur baik-baik waktu tidur kamu dan berusahalah konsisten.

10. Makan sembarangan

10 Pantangan untuk Menghindari Kerusakan Kulit Wajahilustrasi makan (Unsplash.com/Ali Inay)

Beberapa jenis makanan mempunyai akibat buruk bagi kulit jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, selain memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi, kamu juga harus memperhatikan seberapa banyak kamu menyantapnya. Ketidakseimbangan dalam asupan yang diperoleh tubuh dapat menyebabkan gangguan pada tubuh termasuk kulit.

Sekarang kamu sudah tahu kan kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit rusak. Menurut kamu kebiasaan buruk apa lagi yang bisa memicu kerusakan  pada kulit?

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kulit dan Rambut, Sudah Tahu?

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya