Comscore Tracker

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya 

Tampil memikat, isi dompet tetap selamat 

Tampil modis dan stylish banyak menjadi gaya hidup sebagian orang. Jika merasa salah satunya, tentu kamu tahu bahwa mengikuti tren dan mode yang up to date memerlukan biaya yang tak sedikit. Bagi orang yang  peduli pada cara berpakaian, tentu kamu tak ingin terlalu sering berpenampilan yang sama berulang kali. Namun, selalu berganti pakaian dan aksesori tentulah bukan pilihan bijak karena berpotensi menuju ke arah konsumtif yang berlebihan.

Namun, bukan berarti kamu harus menghentikan total caramu berpenampilan yang mungkin sudah menjari ciri khasmu sebagai pribadi unik. Jika kamu tak ingin punya tampilan yang sama atau itu-itu saja setiap hari, berikut tips agar tetap gaya, tetapi tidak membuat dompet kamu jebol.

1. Miliki outfit berwarna netral

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya ilustrasi rok (pexels.com/Dhyamis Kleber)

Rok atau celana dengan warna netral mudah dipadupadankan dengan banyak atasan dan menghasilkan penampilan yang berbeda. Bahkan, satu bawahan bisa digunakan untuk berbagai gaya dengan bermacam-macam tema. Dengan begitu, kamu tak perlu membeli banyak bawahan untuk setiap atasan yang akan kamu kenakan.

Sebaiknya, kamu juga memperhatikan kualitas bahan dan hasil akhir sebuah produk. Untuk item yang akan sering dipakai, kekuatan dan kualitas adalah hal penting jika ingin memiliki produk yang awet.

2. Pilih model sederhana untuk item yang sering dipakai

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya ilustrasi orang memakai jaket (pexels.com/Julia Avamotive)

Sebuah jaket yang terlalu ramai akan menenggelamkan model pakaian di baliknya. Selain itu, jaket yang tampak mencolok tentu saja akan membuat perhatian terpusat pada jaket. Ini bisa membuat orang bahkan tak ingat pakaian apa yang kamu kenakan kemarin dan hanya mengingat jaketnya. Dengan begitu, kamu terkesan tidak berganti pakaian.

Kamu juga bisa menerapkan hal ini pada perlengkapan penampilan selain pakaian, misalnya sepatu, tas, ikat pinggang dan sebagainya.

3. Kreatif dalam mix and match

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya ilustrasi gaya pakaian (pexels.com/mentatdgt)

Kembangkan kreativitas kamu dalam mix and match pakaian serta aksesori yang kamu miliki. Keterampilan memadukan pakaian dan aksesori bisa memberikan beragam penampilan yang berbeda untuk setiap item yang kamu punya.

Satu pakaian bisa memberimu banyak tampilan berbeda dengan mengubah pasangan dan mengganti aksesorinya. Dengan sering berlatih, kamu akan semakin mudah menemukan gaya yang pas untuk dirimu dengan memaksimalkan apa yang ada dalam lemari kamu.

Baca Juga: 5 Pakaian Pria yang Bisa Dikenakan untuk Berbagai Musim, Wajib Punya!

4. Utamakan kualitas di atas kuantitas

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya ilustrasi berbelanja (pexels.com/Sam Lion)

Memiliki pakaian berkualitas bagus akan membuatmu terhindari dari boros. Itu karena pakaian dengan kualitas buruk tentu cepat rusak. Dengan pakaian berkualitas, kamu gak harus terlalu sering membeli yang baru.

Jadi, periksa baik-baik kualitas setiap item pakaian dan perlengkapan sebelum membelinya. Dengan begitu, kamu tak membuat lemarimu penuh dengan barang-barang murahan yang tak terpakai. Selain itu, tumpukan pakaian dan aksesori  yang terlalu banyak juga akan membuatmu kesulitan menemukan pakaian yang akan kamu pakai.

5. Buat daftar belanja

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya ilustrasi membuat daftar (pexels.com/Picjumbo.com)

Tentukan terlebih dahulu style yang akan kamu pilih. Lalu, kamu bisa membuat daftar produk yang akan kamu kenakan sebagai penunjang pilihan gaya kamu. Daftar produk ini untuk mencegah kamu membeli banyak item lain karena berbagai alasan, seperti modelnya lucu atau harganya murah. 

Barang-barang yang tak ada hubungannya dengan gaya kamu sering kali hanya akan teronggok tak terpakai. Ini tentu sesuatu yang mubazir, bukan? Jangan lupa menetapkan juga anggaran untuk membatasi pengeluaran kamu agar tak meluas ke mana-mana.

6. Manfaatkan program diskon

6 Tips dan Trik Berhemat buat yang Suka Tampil Gaya ilustrasi diskon (pexels.com/Artem Beliaikin)

Kamu bisa memperoleh pakaian dan aksesori penunjangnya dengan harga miring pada saat ada program diskon. Namun, kamu harus jeli mengecek harga sesungguhnya. Dengan mengetahui harga asli dari suatu produk, itu akan menghindarkan kamu dari jebakan "diskon palsu", embel-embel diskon sebenarnya hanya untuk menarik pembeli, tetapi harganya telah dinaikkan terlebih dahulu.

Prinsip ini berguna untuk memperoleh produk berkualitas bagus dengan harga di bawah harga normal. Ini dapat kamu terapkan untuk produk pakaian dan aksesorinya yang bersifat timeless, baik dari segi bahan maupun model. Dengan begitu, kamu bisa memakainya untuk jangka panjang tanpa merasa ketinggalan zaman.

Semua cara-cara di atas memerlukan konsistensi dan kemauan yang kuat agar dapat berhasil. Walaupun mungkin awalnya sulit, jika dibiasakan, hal tersebut akan lebih mudah untuk diterapkan ke depannya.

Baca Juga: 5 Kelebihan Menjemur Pakaian di Bawah Terik Matahari

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya