Comscore Tracker

Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengket

Jangan diabaikan, ya!

Memiliki rambut yang lembut dan indah merupakan dambaan bagi setiap cewek. Biasanya cewek rela pergi ke salon untuk melakukan perawatan demi perawatan agar memiliki rambut yang sempurna.

Namun, usaha ke salon yang kalian lakukan bisa saja menjadi sia-sia jika mengabaikan beberapa penyebab rambut lepek dan lengket. Apa saja itu? Nah, berikut adalah lima kebiasaan sepele yang bisa bikin rambut menjadi lepek dan lengket.

1. Menggunakan produk perawatan rambut secara berlebihan

Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengketunsplash.com/Christin Hume

Kebanyakan cewek sangat senang menata rambutnya sehingga mereka kerap menggunakan produk perawatan rambut, umumnya seperti minyak rambut. Hal itu tidak masalah selama mereka bisa mengontrol penggunaannya.

Sebab menggunakan produk perawatan rambut secara berlebihan akan membuat rambut tidak sehat, rambut akan menjadi berat, debu dan polusi akan mudah bercampur dengan keringat sehingga membuat rambut terlihat lepek dan lengket.

2. Keramas terlalu sering

Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengketunsplash.com/Erick Larregui

Banyak orang yang salah persepsi, terlalu sering keramas dianggap akan membuat rambut semakin bersih. Namun faktanya berkebalikan. Sering keramas justru membuat rambut tidak sehat karena dapat mengurangi minyak alami yang ada di kulit kepala.

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Rambut Kekinian dengan Hairpin, Makin Manis!

3. Tidak membersihkan kondisioner rambut dengan sempurna

Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengketunsplash.com/averie woodard

Pastikan kamu membersihkan kondisioner rambut secara sempurna. Karena jika tidak dibilas dengan bersih, akan membuat rambutmu berminyak. Alih-alih rambut menjadi lembut dan halus justru kerusakan rambut yang kamu dapatkan.

4. Tidak rutin mebersihkan sisir rambut

Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengketunsplash.com/Armin Lotfi

Kebiasaan sepele seperti lupa membersihkan sisir rambut ternyata bisa mengancam kesehatan rambutmu, lho. Sisir rambut yang kotor cenderung mudah memindahkan debu maupun keringat ke dalam rambut. Hal itu bisa membuat rambut menjadi kotor dan lengket.

5. Kerap menyentuh rambut

Girls, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Rambutmu Lepek dan Lengketunsplash.com/Element5 Digital

Poin kelima ini kerap dilakukan oleh kebanyakan orang. Menyentuh rambut terlalu sering bisa membuat rambut menjadi cepat kotor dan lepek lantaran banyak kotoran atau debu dari jari-jari tangan yang berpindah ke rambut. Sehingga ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan ini agar kesehatan rambutmu tetap terjaga.

Itulah lima kebiasaan sepele yang bisa membuat rambutmu menjadi lepek dan lengket. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 DIY Masker Rambut Alami yang Efektif Perangi Kerontokan

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You