Comscore Tracker

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benar

Lakukan dengan tepat agar koleksi sifon-mu awet

Tren pakaian kaum hawa yang beragam dan banyak pilihan, membuat tidak habis cara untuk padu padan pakaian sesuai gaya yang diinginkan. Banyaknya pilihan juga memunculkan beragam bahan pakaian salah satunya bahan sifon (chiffon).

Kain Sifon adalah jenis kain yang lembut sehingga cara merawat, mencuci dan penyimpanan yang benar membuat pakaian berbahan sifon favorit kita akan awet. Nah, bagaimana mencuci kain berbahan sifon yang benar, berikut informasi untuk kamu ikuti:

1. Pisahkan pakaian berbahan sifon

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benarsapulpalaundry.com

Kain sifon memiliki sifat yang lembut dan mudah menyerap warna. Untuk itu langkah awal dalam mencuci kain berbahan sifon yang benar adalah memisahkan dengan jenis kain lain, juga dengan warna kain lainnya termasuk untuk kain berbahan sifon itu sendiri.

Ini dilakukan karena kain sifon memerlukan treatment benar untuk sifatnya sebagai kain berbahan lembut. Jadi jika mencuci kain berbahan sifon pisahkan kain sifon di tempat tersendiri ya, dan juga cuci kain sifon sewarna saja. 

2. Rendam pakaian

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benarzappos.com

Setelah memisahkan kain sifon dengan kain berbahan lain juga sewarna, langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu merendam kain sifon tersebut. Rendamlah pakaian berbahan sifonmu dengan cukup air, hal ini dilakukan terlebih dahulu untuk memastikan kain sifon menyerap air, sehingga akan mudah untuk melakukan proses mencuci selanjutnya.

3. Menggunakan deterjen

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benarhype.sg

Menggunakan deterjen jenis cair atau bubuk tidak masalah untuk mencuci kain berbahan sifon. Meski berbeda konsentrat namun memiliki fungsi sama yaitu untuk membersihkan pakaian. Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan deterjen pada kain berbahan sifon yaitu tidak  menggunakan secara berlebihan atau menuang deterjen terlalu banyak pada pakaian. Ini dilakukan agar serat juga warna kain tetap terjaga dan tidak mudah pudar.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Jamur dari Pakaian Tanpa Pemutih

4. Mengucek pakaian sifon

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benardelzani.com.au

Setelah menakar deterjen secukupnya dan memastikan kain sifon sudah menyerap air campuran deterjen, maka yang dilakukan selanjutnya yaitu mencuci pakaian berbahan sifon menggunakan tangan.

Penggunaan mencuci dengan mesin cuci memang tidak dilarang, tapi disarankan lebih baik mencuci menggunakan tangan dengan cara mengucek perlahan kain sifon. Mengucek kain sifon jangan terlalu keras ya, jika terdapat noda membandel rendam dan beri deterjen lebih pada area yang terkena noda lalu kucek perlahan hingga noda hilang.

5. Tidak menggunakan pengering

Punya Koleksi Pakaian Berbahan Sifon, Begini Cara Mencuci yang Benarescape.com.au

Setelah melakukan serangkaian cara mencuci di atas, rangkaian proses terakhir yang dilakukan adalah memeras kain yang telah dikucek dengan deterjen dan dibilas hingga bersih.

Memeras kain dengan tangan dianjurkan daripada menggunakan mesin pengering kain. Hal ini dilakukan agar serat kain sifon terjaga dan tidak mudah melar. Peras kain sifon perlahan lalu jemur kain dengan cara menggantung dan diangin - anginkan di pencahayaan cukup matahari. 

Terlihat cantik dengan pakaian bagus gak lepas dari cara perawatan yang benar. Rajin merawat dan memperlakukan pakaian dengan baik akan membuat pakaian favorit kita awet dan dapat dipakai di ocassion apapun.

Baca Juga: 6 Tipe Orang Mencuci Pakaian, dari Cara Manual hingga Jasa Laundry

J.Sari Photo Community Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You