Comscore Tracker

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincare

#IDNTimesLife Founder komunitas Rahasia Gadis nih!

Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup memengaruhi mental. Hal ini yang dialami oleh Valencia Nathania (Valen), Founder komunitas Rahasia Gadis sekaligus pemilik beauty brand Harlette Beauty dan Pore Hero. Ia mengaku sempat merasa depresi karena masalah tersebut.

Namun, siapa sangka perjuangannya untuk sembuh dari jerawat, malah membuatnya menginspirasi orang lain? Tak tanggung-tanggung, perempuan berusia 24 tahun ini juga membuat produk perawatan kulit untuk membantu perempuan yang memiliki masalah sepertinya.

Dalam wawancara khusus dengan tim IDN Times, Valen menceritakan kiprahnya yang bermula dari acne fighter hingga bisa menciptakan komunitas Rahasia Gadis dan beauty brand untuk mendukung sesama perempuan. Berikut kisahnya!

1. Valen adalah seorang acne fighter. Ia sempat mengalami jerawat parah karena penggunaan obat kulit dengan bahan berbahaya

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincareinstagram.com/valencianathaniaa

Semua bermula dari jerawat. Mulanya, Valen memiliki wajah yang mulus. Namun saat menduduki bangku kuliah, wajahnya mulai berjerawat parah. Ternyata, hal ini terjadi karena sebelumnya ia pernah memakai obat kulit dengan bahan berbahaya.

"Parah banget jerawatnya. Itu mukanya sampai sakit banget, sih! Kalau kena air, bisa perih banget. Beberapa ada yang bernanah. Kalau kena, udara, angin, itu bisa sakit satu muka gitu," ceritanya via panggilan Whatsapp, Rabu (11/11/2020) lalu.

Walau masalah jerawat terkesan sepele untuk beberapa orang, Valen mengaku sampai stres dan depresi. Apalagi, di zaman itu, media sosial sedang berkembang pesat. Ia merasa insecure saat melihat wajah-wajah mulus wanita lainnya di media sosial.

2. Masalah jerawat membuatnya depresi, Valen berhasil bangkit berkat dukungan teman-teman di Rahasia Gadis

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincareinstagram.com/valencianathaniaa

Mungkin beberapa dari kamu gak asing dengan Rahasia Gadis. Akun Instagram sekaligus komunitas perempuan muda ini, dibuat Valen dan temannya dari keisengan.

Mulanya, akun tersebut hanya berisi info atau tips menarik untuk perempuan. Namun, kini Rahasia Gadis berkembang menjadi komunitas saling dukung.

Ternyata, perkembangan ini juga bermula dari perjuangan Valen menghadapi masalah jerawat. Suatu saat, ia menceritakan permasalahannya di Rahasia Gadis dan ternyata ia mendapat feedback yang sangat positif. 

"Pas aku share di Rahasia Gadis, aku dapat feedback yang positif banget dari teman-teman. Aku gak merasa sendirian di situ. Ternyata, banyak juga yang ngalamin masalah. Walau mungkin bukan masalah yang sama, tapi mereka tetap punya masalah masing-masing dan gak sendirian," ungkapnya.

Dari sini, penggemar tokoh fiksi Cinderella ini, mengubah Rahasia Gadis menjadi komunitas saling support agar perempuan tak merasa sendirian. Komunitas ini terus berkembang hingga kini, akun Rahasia Gadis telah memiliki kurang lebih 3,2 juta pengikut!

3. Valen juga banyak menerima curhatan lewat Rahasia Gadis. Dari sini, ia melihat banyak perempuan yang kerap merasa sendirian

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincareinstagram.com/rahasiagadis

Di komunitas Rahasia Gadis, Valen banyak menerima curhatan soal permasalahan hidup perempuan. Masalah ini cukup beragam. Namun, ia bisa melihat bahwa akar masalah perempuan adalah ia merasa sendirian.

"Sebenarnya masalah perempuan itu banyak ya, tapi lebih spesifiknya itu mereka sering merasa kalau mereka sendirian. Makanya kita bikin confession room di mana mereka bisa curhat di situ dan teman-teman di Rahasia Gadis bisa kasih dukungan. Dari situ, mereka akhirnya sadar bahwa ternyata apa yang mereka alami ini bukan mereka doang," ceritanya.

Baca Juga: Kisah Olivia Leanartha Ikuti Puteri Indonesia & Harapannya Bagi Wanita

4. Masalah jerawat juga membuatnya tertarik untuk mempelajari kesehatan kulit. Pada akhirnya, ia tergerak menciptakan beauty brand sendiri

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincareinstagram.com/harlettebeauty

Selain dikenal sebagai Founder Rahasia Gadis, Valen pun bergerak dalam usaha kecantikan. Ia merupakan Founder dari beauty brand Harlette Beauty (2019) dan Pore Hero (2020). Lagi-lagi, ketertarikannya membuat produk ini, berawal dari masalah jerawatnya.

"Kalau dari mental, aku udah dikuatin banget karena teman-teman di Instagram. Tapi, aku juga pengin tahu gimana supaya aku bisa sembuh. Dari situ, aku belajar banyak sih. Aku belajar dari YouTube, terus akhirnya aku juga sekolah tentang kulit dan skincare, sampai akhirnya bisa bikin Harlette ini," cerita perempuan berzodiak Scorpio ini.

Tak tanggung, Valen mengikuti pelatihan di sebuah lembaga estetika Indonesia dan mempelajari skincare formulation di London. Ia bertekad agar bisa sembuh dari masalah jerawat sekaligus bisa membantu orang-orang yang mengalami kondisi serupa sepertinya.

5. Lewat Harlette Beauty, Pore Hero, dan Rahasia Gadis, Valen ingin terus memberi dampak untuk perempuan

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincareinstagram.com/valencianathaniaa

Menjalankan usaha itu memang tak mudah. Namun, Valen fokus pada niat untuk membantu mereka yang punya permasalahan serupa. Oleh karena itu, ia berani meluncurkan dua brand sekaligus yakni Harlette Beauty yang berfokus pada hidrasi kulit dan Pore Hero untuk kesehatan pori-pori.

"Yang jadi visi misi aku sih dari awal, aku ingin bantu orang-orang yang mengalami hal yang sama. Aku pengin bantu sebisa mungkin, gimana caranya bikin kulit mereka bagus,  meski bukan pakai produk Harlette atau Pore Hero. Jadi, so far sih aku gak memikirkan omset atau profitnya gede," ungkapnya.

Valen pun gak merasa kesulitan dalam menjalani semua usahanya. Baik Harlette Beauty, Pore Hero, dan juga Rahasia Gadis, semua memiliki visi misi yang sama, yakni untuk membantu sesama. Ia pun tidak sendirian dalam menjalani ketiga hal tersebut.

6. "Jangan pernah merasa sendiri karena kamu punya teman-teman yang berjuang bersamamu!" pesan Valen

Acne Fighter, Valencia Nathania Bangun Rahasia Gadis & Usaha Skincareinstagram.com/valencianathaniaa

Akhir kata, Valen mengerti bahwa semua orang punya pergumulannya masing-masing. Namun, bukan berarti kita menghadapi semuanya sendiri. Ia berharap perempuan bisa lebih berani untuk meminta pertolongan dan dukungan. 

"Jangan pernah merasa sendiri karena kamu punya teman-teman yang berjuang bersamamu! Kamu pun harus reach out ke mereka, jadi kita bisa saling support satu sama lain. Dengan satu orang saling kasih support energi positif, pasti semakin besar juga energi positif juga!" tutupnya.

Baca Juga: KPopers Jadi Kreator, Jenifer Wirawan Tebas Stigma KPop Tak Berfaedah

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya