Comscore Tracker

Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: "Stand Up for Yourself!"

#IDNTimes Jangan diam saja!

Memperingati Hari Perempuan Internasional 2021, aktris kebangsaan Indonesia, Cinta Laura, turut membagikan pandangannya dalam isu pelecehan seksual. Sebagai wanita yang tegas dan percaya diri, ia mengaku tak pernah takut bersuara ketika mengalami atau melihat pelecehan.

Dalam konferensi media “Stand Up Melawan Pelecehan Seksual di Ruang Publik” dari L'Oreal, Senin (8/3/2021), perempuan berusia 27 tahun ini mengajak sesama wanita untuk lebih berani. Tak hanya itu, ia juga berbagi pengalaman saat menghadapi pelecehan seksual.

1. Cinta pernah mendapat catcalling sementara ia berpakaian biasa saja dan bermasker

Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: Stand Up for Yourself!instagram.com/claurakiehl

Cinta bercerita bahwa ia mengalami pelecehan seksual yang tidak menyenangkan baru-baru ini. Saat ia hendak pergi makan malam dengan temannya, ia mendapat catcalling ketika keluar dari mobil yang ditumpanginya.

"Dia bilang, 'Oh, seksi'. Aku marah banget. Padahal waktu itu aku pakai masker, jadi gak dikenali dan pakai baju tertutup dan celana panjang biasa," tuturnya.

2. Tidak terima perlakuan tersebut, Cinta memilih melawan sang pelaku catcalling

Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: Stand Up for Yourself!instagram.com/claurakiehl

Cinta tak terima saat mendapat pelecehan seksual secara verbal tersebut. Untungnya, karena ia punya karakter yang berani dan outspoken, perempuan berdarah Jerman ini akhirnya balik melawan sang pelaku.

Ia mengeluarkan ponselnya dan mulai merekam pelaku. "Mas, tadi bilang apa? Ayo bilang sini," ujarnya menirukan apa yang diucapkannya kala itu. Aksi ini ternyata membuat pelaku kaget dan takut.

"Sepertinya dia gak menyangka aku bakal seperti itu," lanjutnya lagi.

3. Dari pengalamannya, ia sadar bahwa masih banyak orang menormalisasikan perilaku catcalling

Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: Stand Up for Yourself!instagram.com/claurakiehl

Pengalaman Cinta ini hanya satu dari banyak pengalaman lain yang pernah ia terima. Dari sini, ia merasa bahwa masyarakat masih rentan melakukan catcalling karena tidak menganggap hal tersebut salah. 

"Mayoritas masyarakat Indonesia tidak sadar apa saja bentuk pelecehan, sehingga banyak tindakan tidak benar yang dinormalisasi," ucapnya.

Baca Juga: Anak Tunggal Kesayangan, 10 Momen Hangat Cinta Laura dan Orang Tua

4. Seperti dirinya, Cinta ingin perempuan tidak takut membela dirinya saat menerima catcalling atau jenis diskriminasi apa pun

Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: Stand Up for Yourself!instagram.com/claurakiehl

Bagi Cinta, membela diri sendiri merupakan tanggung jawab kita sebagai perempuan. Jangan mau direndahkan dan jangan mau diperlakukan tidak adil! Perempuan harus sadar bahwa dirinya berharga.

"Know your self worth! Jangan biarkan orang lain menilai harga diri kita. Oleh karena itu, aku mengajak kita semua untuk jangan diam saja. Stand up for yourself!" serunya.

5. Cinta pun mengajak kita semua untuk bertindak saat menjadi saksi pelecehan seksual

Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: Stand Up for Yourself!instagram.com/claurakiehl

Tak hanya mengajak kita untuk membela diri sendiri, Cinta juga mengajak kita untuk berani bertindak untuk orang lain. Ketika melihat seseorang mengalami pelecehan seksual, beranikan dirimu untuk mencegah atau tidak memperparah keadaan. 

"Mungkin kamu merasa tidak ingin ikut campur, jadi diam saja. Tapi kita perlu berpikir bahwa stand up bukan berarti ikut campur, tapi kita melindungi sesama," tutupnya.

Baca Juga: 9 Adu Gaya Polly Alexandria Vs Cinta Laura, Sama-sama Cinta Indonesia

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya