Comscore Tracker

Novia Wijayanti, Body Builder Wanita yang Penuh Inspirasi!

Olahraga sambil mengurus anak & menempuh kuliah gizi!

Body builder adalah kegiatan pembentukan tubuh yang melibatkan hipertropi otot intensif. Kegiatan ini umumnya digemari pria untuk membuat badan mereka lebih berotot dan kekar. Meskipun begitu, ternyata ada juga lho perempuan yang tertarik untuk membentuk tubuh seperti ini!

Salah satunya, Novia Wijayanti. Perempuan berusia 26 tahun ini telah rutin berolahraga dan membentuk tubuhnya sejak dua tahun yang lalu. Ia juga berhasil menjuarai kompetisi internasional dalam body contest, lho! Yuk, simak kisahnya!

1. Awalnya, ia berolahraga sebagai pelarian stres akibat rumah tangganya yang retak

Novia Wijayanti, Body Builder Wanita yang Penuh Inspirasi!instagram/noviawijayantiii

Setiap cerita inspiratif tentu memiliki masa lalu di baliknya. Ternyata, Novia baru terjun ke dunia olahraga sejak mengalami masalah rumah tangga dua tahun yang lalu.

Ia menikah muda setelah lulus sekolah. Namun, rumah tangganya ini tidak berjalan dengan lancar dan harus berakhir dengan perceraian.

"Aku sempat berantem dengan mantan suami, jadi stres. Biasanya, kalau perempuan stres itu nangis. Nah, aku mikir gimana supaya gak terlalu stres, Jadi, aku olahraga," tutur Novia ketika diwawancarai via telepon (3/6).

Selain itu, ia biasa berolahraga setelah mengantar anak-anaknya bersekolah. Menurutnya, daripada harus kumpul-kumpul dengan ibu-ibu lainnya, lebih baik ia berolahraga sambil menunggu anaknya. 

2. Dari pelarian menjadi kebiasaan, Novia malah mencintai olahraga. Ia bahkan menjuarai kompetisi body contest di Korea lho!

Novia Wijayanti, Body Builder Wanita yang Penuh Inspirasi!instagram/noviawijayantiii

Berawal dari pelarian, Novia malah mencintai dunia olahraga. Selain membuat tubuh semakin sehat, ia merasa menemukan keluarga baru yakni teman-temannya di dunia gym. Teman-temannya inilah yang mendukungnya untuk mengikuti body contest.

"Awalnya gak kepikiran untuk ikut kontes, tapi teman-teman kayak dukung aku untuk ikut. Ya sudah, aku coba ikut kontes pertama di Bandung. Eh juara pertama, kaget dong!," ungkap ibu dua anak ini.

Novia terkejut sekaligus bersyukur karena keberhasilannya ini. Dari sinilah, ia terpacu untuk mengikuti body contest di luar negeri. Pada tahun 2019, ia pun berhasil menjuarai ICN Bikini Model World Champ di Korea Selatan.

3. Tak tanggung-tanggung, Novia kini juga menempuh kuliah di Jurusan Ilmu Gizi untuk mempelajari gizi atlet lebih lanjut

Novia Wijayanti, Body Builder Wanita yang Penuh Inspirasi!instagram/noviawijayantiii

Menjadi seorang olahragawan bukanlah hal yang mudah. Novia tahu bahwa ia tidak bisa selalu mengandalkan tubuhnya untuk terus sukses. Ia pun mulai belajar ilmu gizi, terutama gizi atlet. 

"Kita tahu bahwa kita gak selamanya fit dan bisa ikut event terus. Jadi aku mikir, gimana supaya tetap bisa kreatif dan aku memutuskan untuk kuliah gizi biar tahu gimana gizi seorang atlet," tutur mahasiswa semester dua jurusan Ilmu Gizi, Universitas Esa Unggul ini.

Baca Juga: Nicky Oliviane, Srikandi Penyapu Ranjau Paku

4. Menjadi olahragawan, single parent, dan mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi, bagaimana cara Novita mengatur waktu, ya?

Novia Wijayanti, Body Builder Wanita yang Penuh Inspirasi!instagram/noviawijayantiii

Kini, bisa dibilang Novia memiliki tiga peran utama dalam hidupnya. Ia adalah seorang single parent, olahragawan, sekaligus mahasiswa di saat yang bersamaan. Di tengah tiga perannya ini, Novia tetap bisa mengatur semua waktunya dengan baik, lho!

"Saat ini kan semua belajar online dan aku juga kuliah online juga. Ketika belajar online, kakaknya ada tugas, adiknya tugas, maminya juga ada tugas juga. Belum lagi harus masak juga. Tapi so far okelah, bisa mengatur waktu," ungkapnya

Sebagai body builder, Novia rutin melakukan olahraga minimal 1-2 jam dalam satu hari. Ia pun kerap membawa anak-anaknya berenang sekaligus olahraga bareng di hari minggu.

"Senangnya anak-anak nurut dan mereka happy banget punya mommy kayak aku," ucapnya.

5. Belajar dari pengalamannya, ia percaya perempuan zaman sekarang sangat kuat dan pintar!

Novia Wijayanti, Body Builder Wanita yang Penuh Inspirasi!instagram/noviawijayantiii

Ketika rumah tangganya hancur, Novia sempat mengira ia tidak bisa menghidupi anak-anaknya dengan baik. Nyatanya, kini ia berhasil membuktikan bahwa ia mampu. Dari sini, ia percaya bahwa perempuan saat ini sesungguhnya sangat hebat dan kuat!

"Perempuan di Indonesia sekarang hebat-hebat banget gila! Zaman dulu, kita harus nurut sama suami. Tapi sekarang, kita bisa membuktikan bahwa kita bisa menghasilkan uang sendiri dan menjadi panutan anak-anaknya," tutup Novia.

Baca Juga: Peran Monica Oudang Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19 Lewat YABB

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya