Comscore Tracker

Priyanka Chopra Ajak Perempuan Terus Memperjuangkan Kesetaraan Gender

#IDNTimesLife Karena perjuangan ini belum usai!

Kesetaraan gender merupakan perjuangan yang terus digalakkan hingga saat ini. Walau memang, perempuan generasi saat ini sudah hidup lebih layak dari sebelumnya, namun kesenjangan masih saja terjadi.

Aktris sekaligus ambassador UNICEF, Priyanka Chopra pun turut memperjuangkan kesetaraan gender ini. Ia lahir dan besar di India, di mana masih terdapat kesenjangan gender yang memprihantikan. 

Dalam konferensi virtual #WeSeeEqual P&G, Rabu (17/2/21), Priyanka membagikan pandangannya tentang perjuangan kesetaraan gender. Berikut pemaparannya!

1. Lahir dan besar di India, Priyanka prihatin dengan tingkat kesejahteraan perempuan di sana

Priyanka Chopra Ajak Perempuan Terus Memperjuangkan Kesetaraan GenderPriyanka Chopra dalam virtual #WeSeeEqual Summit P&G. 17 Februari 2021. IDN Times/Klara Livia

Priyanka lahir dan besar di India, negara yang masih memiliki tingkat kesetaraan gender rendah. Beruntungnya, ia memiliki orangtua yang menghargai kesetaraan, sehingga ia bisa mengejar cita-citanya setinggi mungkin. Sayangnya, hal ini gak dirasakan oleh mayoritas anak perempuan di India.

"Di rumah aku dihargai, didukung, sehingga aku merasa bernilai. Tapi, banyak sekali anak perempuan di negaraku yang tidak dihargai. Mereka tidak punya pilihan, harus menikah di usia muda, dan tidak sekolah. Kesenjangan ini benar-benar memprihatinkan," curhat pemeran film Baywatch ini.

2. Gak hanya di India, kesenjangan ini juga masih ia rasakan saat bekerja di dunia hiburan

Priyanka Chopra Ajak Perempuan Terus Memperjuangkan Kesetaraan GenderPriyanka Chopra dalam virtual #WeSeeEqual Summit P&G. 17 Februari 2021. IDN Times/Klara Livia

Seperti yang kita ketahui, kini Priyanka sukses berkarya sebagai seorang aktris dan produser film. Meskipun begitu, ia masih merasakan kesenjangan gender dalam bidang kerjanya ini. 

"Ketika dewasa, aku masuk dalam dunia hiburan. Ternyata, banyak sekali pemangku kepentingan laki-laki dalam industri ini, hingga ada persepsi bahwa laki-laki yang pegang industri ini. Bahkan dalam bayaran, banyak aktor laki-laki yang dibayar lebih mahal daripada perempuan, padahal mereka pemeran utama," ceritanya lagi.

3. Menurut Priyanka, kesenjangan ini membuat perempuan merasa hidup untuk orang lain, bukan untuk dirinya sendiri

Priyanka Chopra Ajak Perempuan Terus Memperjuangkan Kesetaraan Genderinstagram.com/priyankachopra

Kesenjangan gender tentu membawa berbagai dampak buruk terhadap perempuan. Bagi Priyanka, salah satu dampak yang cukup memprihatinkan yakni, perempuan gak hidup untuk dirinya sendiri. Tuntutan menikah dan mengurus keluarga membuatnya merasa hidup untuk orang lain, bukan dirinya sendiri.

"Gak apa-apa memberi waktu untuk dirimu sendiri, sayangnya banyak perempuan merasa ini sulit. Jadi, apabila kamu berkeluarga, cobalah mengobrol dengan pasanganmu agar bisa memiliki waktu untuk dirimu sendiri," ungkap istri Nick Jonas tersebut.

Baca Juga: Pesona Maudy Ayunda Kalahkan Ariana Grande dan Priyanka Chopra

4. Baginya, "A sense of purpose" sangat penting untuk disadari perempuan agar mau memperjuangkan nilai dirinya

Priyanka Chopra Ajak Perempuan Terus Memperjuangkan Kesetaraan GenderPriyanka Chopra dalam virtual #WeSeeEqual Summit P&G. 17 Februari 2021. IDN Times/Klara Livia

Selain itu, Priyanka juga mengingatkan pentingnya 'sense of purpose' untuk membuat perempuan sadar akan nilai dirinya. Apabila kamu merasa punya tujuan di dunia ini, maka kamu juga akan terus berjuang untuk dirimu sendiri.

"A sense of purpose is very important for every woman. Apa pun itu ambisimu, misal ingin menjadi CEO, ingin membesarkan anakmu sampai kuliah, apa pun itu sangat penting. Karena terkadang kita terlalu terperangkap dalam ketakutan, sampai akhirnya tidak berani punya sense of purpose," ungkap perempuan berusia 38 tahun itu.

5. Perjuangan belum usai, Priyanka mengajak perempuan untuk terus memperjuangkan kesetaraan gender untuk generasi selanjutnya

Priyanka Chopra Ajak Perempuan Terus Memperjuangkan Kesetaraan Genderinstagram.com/priyankachopra

Sejak dahulu, kesetaraan gender merupakan perjuangan perempuan yang masih belum tuntas. Memang, saat ini perempuan generasi sekarang sudah bisa hidup lebih layak di banding generasi sebelumnya. Meskipun begitu, perjuangan ini masih belum usai.

"Women before us, fight for us. Sekarang ini giliran kita untuk memperjuangkan kesetaraan gender yang lebih baik lagi untuk generasi setelah kita. Itu tujuan kita bersama," tutupnya.

Baca Juga: Akrabnya Bikin Baper, 9 Potret Priyanka Chopra Bareng Seleb Dunia

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya