Comscore Tracker

5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!

Apalagi buat kita yang tinggal di iklim tropis

Pori-pori besar merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang dapat dialami siapa saja, khususnya bagi kita yang tinggal di Negara tropis seperti Indonesia. Udara yang lembap dan panas membuat produksi kelenjar minyak semakin banyak dan akhirnya membuat pori-pori wajah tampak membesar.

Dalam virtual event Rojukiss #noPOREblem, Jumat (16/10/2020) dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK (Dewi) memberi tips jitu mencegah pori-pori membesar. Kira-kira bagaimana ya?

1. Rajin membersihkan wajah

5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Rajin membersihkan wajah sangat penting untuk menjaga pori-pori. Apabila wajah tak dibersihkan dengan maksimal, kotoran yang tertinggal di kulit bisa menumpuk dan akhirnya menyumbat pori-pori.

"Meski kamu gak sering pakai makeup, tapi pasti pernah terpapar debu, kotoran, terutama kalau sering di outdoor. Jadi pastikan muka selalu berada dalam keadaan bersih, apalagi sebelum tidur,"  terangnya.

2. Rutin gunakan pelembap sesuai tipe kulitmu

5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!pexel.com/spy.com

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin kulit juga semakin menyusut. Alhasil, kulit yang semula kencang dapat mulai terlihat pori-porinya. Oleh karena itu, kulit butuh dijaga kelembapannya.

"Pelembap wajah itu harus dipakai minimal dua kali sehari, pagi dan malam. Cari yang sesuai tipe kulitmu karena memang jenis pelembap berbeda-beda kecocokannya sesuai jenis kulit," ungkap Dewi.

3 . Lakukan eksfoliasi kulit secara berkala

5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Eksofoliasi wajah merupakan proses yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran, debu, sisa makeup, dan sel-sel kulit mati secara lebih dalam. Proses ini perlu dilakukan secara berkala untuk menghindari penyumbatan pori-pori wajah.

"Eksfoliasi bisa dilakukan satu atau dua minggu sekali supaya sel-sel kulit mati terangkat. Kalau dibiarkan mengendap bisa menimbulkan jerawat juga," tutur Dewi.

Baca Juga: Mengenal dan Mengatasi 'Maskne', Jerawat akibat Masker 

4. Jangan lupa tabir surya!

5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

"Paparan sinar matahari juga dapat mempengaruhi kondisi kulit dan membuat kulit kita kehilangan elastisitas sehingga pori-pori tampak lebih besar," terang Dewi.

Selama ini kita tahu bahwa paparan sinar matahari membuat kulit cepat kusam. Ternyata, paparan ini juga bisa membuat pori-pori tampak lebih besar lho! Oleh karena itu pastikan selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

5. Gunakan masker dengan kandungan alami

5 Tips Mencegah Pori-pori Membesar, Langsung dari Dokter Kulit!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Selanjutnya, penggunaan masker secara rutin juga bisa membantu mencegah pori-pori membesar. Meskipun begitu, pastikan masker memiliki kandungan alami agar tidak merusak kulit wajah.

"Salah satu bahan alami, seperti witch hazel memiliki efek seperti astringent sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan mengencangkan tampilan pori," terang Dewi.

Baca Juga: Tenangkan Kulit Wajahmu dengan 6 Masker Wajah Berbahan Dasar Oat Ini!

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya