Comscore Tracker

Prediksi Tren Makeup 2021, Lebih Praktis dan Fokusnya di Area Mata

#IDNTimesLife Ini kata direktur brand makeup ternama

Sepanjang tahun 2020, pandemik COVID-19 telah mengubah dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Saat ini, beraktivitas di luar rumah mewajibkan kita untuk mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker.

Alhasil, tren makeup pun turut mengalami perubahan. Dalam wawancara khusus (26/2/2021), Claudia See, Direktur Ange Gardien Paris, turut memprediksi bagaimana pergeseran tren makeup yang disebabkan oleh pandemik. Berikut pemaparan tren makeup 2021.

1. Pandemik membuat konsumen lebih memperhatikan bahan-bahan dan juga nilai tambah suatu produk

Prediksi Tren Makeup 2021, Lebih Praktis dan Fokusnya di Area Matailustrasi kosmetik (Pexels/ freestocks.org)

Pandemik telah mengubah banyak kebiasaan makeup wanita dan juga mengubah apa yang dianggap sebagai trendi. Trendi tidaklah lagi hanya tentang gaya atau warna, tetapi juga tentang bahan dan kemasan.

Pandemik ini telah membuat para wanita mempertanyakan asumsi mendasar tentang bagaimana mereka menikmati hidup. Ini pada akhirnya memengaruhi penggunaan dan ekspektasi mereka pada produk kosmetik.

"Konsumen sekarang lebih memahami bahan-bahan yang digunakan pada produk kecantikan dan tidak hanya mengharapkan merek kecantikan untuk memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan nilai mereka, tetapi juga memberikan nilai tambah pada gaya hidup yang ingin mereka capai," ungkap Claudia.

2. Warna nude dan netral akan mendominasi

Prediksi Tren Makeup 2021, Lebih Praktis dan Fokusnya di Area Matapexels.com/Emma Bauso

Pandemik juga mengubah kebutuhan wanita dalam makeup. Kini, lebih banyak wanita ingin merasa nyaman daripada tampil mencolok dalam merias diri. Oleh karena itu, warna nude dan netral akan lebih dominan.

"Kami merasa bahwa warna-warna nude dan netral akan menjadi lebih dominan, seiring dengan warna-warna cerah ringan untuk menampilkan kontras dan untuk saat-saat mereka memiliki kesempatan berdandan," ungkapnya.

3. Formulasi makeup yang menghidrasi

Prediksi Tren Makeup 2021, Lebih Praktis dan Fokusnya di Area Matapexels.com/Ryanniel

Penggunaan masker dalam jangka panjang, sering kali membuat kulit lecet serta menyebabkan peradangan dan kekeringan kulit. Untuk itu, formulasi makeup yang menghidrasi, diprediksi akan dibutuhkan, terutama untuk cushion foundation.

Sebagai referensi, Claudia merekomendasikan Naturale Glow Cushion Foundation AGP yang mengandung acacia peptide dan niacinamide yang bisa menjaga pelindung kulit kita.

"Acacia Peptide membantu menstimulasi faktor pelembap alami dalam kulit untuk hidrasi kulit yang optimal dan mencegah hilangnya kelembapan, sementara niacinamide adalah vitamin yang mencerahkan kulit sekaligus membantu memperbaiki pelindung kulit kita. Bahan-bahan ini membantu melawan tekanan pada kulit kita saat kita memakai masker sehari-hari," terangnya.

Baca Juga: Sering Pakai Masker, Ini Tutorial Makeup 2021 ala Arumi Bachsin

4. Fokus utama pada makeup mata

Prediksi Tren Makeup 2021, Lebih Praktis dan Fokusnya di Area MataPexels.com/Sean Patrick

Biasanya, penggunaan masker menyembunyikan separuh wajah sehingga mata jadi fokus utama makeup. Hal ini dapat ditangani dengan sederhana, seperti memakai maskara atau eyeshadow yang dapat langsung menguatkan penampilan atau bahkan mengubah suasana hati.

Sebagai referensi, Claudia menyarankan Here’s Proof Volumising Mascara dari Ange Gardiens yang secara dramatis mengangkat, menggulung, dan memperbesar bulu mata. Produk ini diklaimnya sangat berguna bagi wanita Asia, yang umumnya memiliki bulu mata lebih tipis dan pendek. Selain itu, ada juga Vitamins Showtime Eye Palette yang memiliki sembilan warna berpigmen tinggi.

"Anda dapat memilih dari berbagai warna segar dan nude hingga gelap dan canggih untuk menciptakan berbagai tampilan. Tekstur yang lembut dan gampang dicampurkan, juga membuat produk tersebut sangat mudah digunakan bagi pemula," paparnya.

5. Pada akhirnya, selama pandemik berlanjut, makeup akan lebih praktis dan menjunjung tinggi kesehatan

Prediksi Tren Makeup 2021, Lebih Praktis dan Fokusnya di Area Matapexels.com/cottonbro

Hingga 2021, pandemik masih berlanjut. Oleh karena itu, makeup pun akan lebih mengutamakan kepraktisan sehari-hari sembari mempertimbangkan kebugaran dan kesehatan. 

"Jadi, di tahun 2021, merek kami akan kami arahkan untuk membantu para wanita merasa nyaman dan cantik, serta memberdayakan mereka untuk menjalani hidup yang positif dan sehat," tutup Claudia.

Baca Juga: 6 Prediksi Tren Makeup Tahun 2021, Ada Maskara Warna-warni

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya