Comscore Tracker

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kini

Belajar dari ucapan Ibu R.A Kartini
Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri - R.A Kartini

Itulah sepenggal pesan dari Ibu Raden Adjeng Kartini, pelopor kebangkitan perempuan pribumi yang lahir pada tanggal 21 April yang kemudian kita rayakan setiap tahunnya sebagai hari kartini. Pada pesan yang disampaikan Ibu RA Kartini ini membuktikan kepedulian beliau terhadap hidup anak muda khususnya perempuan.

Sejarah RA Kartini sendiri memang sangat menginspirasi banyak perempuan. Sosok yang cerdas, berkeinginan kuat dan mandiri seperti beliaulah yang dibutuhkan oleh suatu bangsa. Kalau kamu berpikir sangat sulit menjadi seperti beliau, coba ikuti 6 tips sederhana ini supaya kamu bisa jadi Kartini masa kini.

1. Atur waktu dengan bijak, kurangi hal-hal yang gak bermanfaat, kayak nonton TV misalnya

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kiniunsplash.com/jeshoots

Untuk menjadi Kartini masa kini kamu perlu mengatur waktumu dengan baik. Ini adalah syarat utama dan banyak diantara mereka yang tidak tahu caranya. Nah, coba deh untuk tidak menonton televisi berjam-jam. Bukan berarti menonton televisi adalah kegiatan yang salah. Namun kamu harus bijak mengaturnya.

Tahukah kamu bahwa ada banyak hal lain yang tidak kalah menghibur yang dapat kamu lakukan selain menonton tv seperti langkah no 2. Keraslah terhadap dirimu sendiri. Sikap ini akan membantumu menjadi Kartini masa kini.

2. Cobalah belajar bahasa baru

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kiniunsplash.com/slavab

Sikap selalu ingin belajar dan berkata "Aku mau" adalah syarat menjadi Kartini masa kini. Mempelajari bahasa baru akan menjadi keseruan yang luar biasa untukmu. Kamu bisa buktikan sendiri, di beberapa artikel yang membahas manfaat belajar bahasa baru. Namun alasan utama mengapa Kartini masa kini perlu belajar bahasa baru adalah karena belajar bahasa baru membuatmu naik satu kelas.

Berteman dengan wanita di seluruh dunia dapat semakin menguatkan nilai seorang Kartini. Ia tidak lagi diinjak-injak oleh kaki pria karena ia sangat dibutuhkan oleh lingkungannya.

Ayo katakan "Aku mau belajar bahasa baru!"

3. Membaca buku setiap hari

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kiniunsplash.com/fabspotato

Tidak perlu diragukan lagi bagaimana kekuatan sebuah buku. Namun bagaimana sikapmu setelah membaca buku itulah yang perlu dipertanyakan. Tidakkah menjadi percuma membaca buku setiap hari jika kamu hanya diam saja dan tidak melakukan apapun setelahnya? Menjadi Kartini masa kini harus bergerak dan melakukan perubahan. Tidak lemah, galau, pengecut dan takut keluar dari zona nyaman.

Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. - RA Kartini

Baca Juga: Simbolkan Perjuangan Kartini, Wanita Ini 21 Jam Menari Sintren

4. Belajarlah bagaimana menghadapi orang yang keras kepala

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kiniunsplash.com/fabspotato

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup berdampingan dengan beragam sifat manusia. Bahkan dalam sejarahnya, Ibu RA Kartini menemukan bahwa dirinya lemah dan pengecut ketika berhadapan dengan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yaitu Ayahnya sendiri. Ia harus bisa meluluhkan hati Ayahnya yang bersikeras menentang mimpinya menjadi dokter tanpa melukai hati sang Ayah. Namun Kartini muda yakin yang dibutuhkan dalam menghadapi sifat Ayahnya adalah keberanian dan keinginan tidak mau direndahkan sebagai perempuan dan tidak boleh menahannya dalam diam jika tidak ingin diinjak-injak.

Di lingkunganmu pasti ada seseorang seperti Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat kan? Apakah kamu dapat menghadapinya?

5. Tulis tujuan hidupmu sekaligus daftar cara mendapatkannya

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kiniunsplash.com/esteejanssens

Meski setiap kemungkinan dapat terjadi dalam perjalanan kita meraih mimpi, seperti halnya Ibu R.A Kartini yang tidak dapat melanjutkan mimpinya menjadi dokter dan berakhir menjadi guru, namun percaya atau tidak mimpi yang ditulis seperti memiliki kekuatan sihir.

Sebenarnya bukan soal apa yang kita tulis, tetapi kemauan dan keyakinan kita menulis mimpi itulah yang membuatnya menjadi kenyataan. Suatu hari, meskipun mimpi itu tidak terwujud, takdir lain yang lebih baik akan menghampiri kita. Seperti halnya Ibu R.A Kartini yang tidak pernah menyangka bahwa kegagalannya menjadi dokter pada akhirnya membuat namanya terus dikenang sampai saat ini.

6. Luangkan waktu untuk olahraga dengan rutin

6 Tips Jadi Perempuan Millennial ala Kartini Masa Kiniunsplash.com/jp_photography

Langkah terakhir ini merupakan langkah paling penting untuk mendukungmu melakukan semua langkah diatas, yaitu memiliki jiwa dan raga yang sehat. Harga kesehatan tidak ternilai harganya. Ada juga yang bilang, agar dapat dicintai banyak orang, seseorang harus hidup lebih lama.

Jadi, luangkan waktu berolahraga setiap pagi atau di akhir pekan. Hiduplah dengan sehat karena kamu harus memastikan mimpimu terwujud 20 atau 30 tahun yang akan datang.

Itu tadi 6 tipsnya. Sederhana bukan? Jika kamu mampu melaluinya, itu berarti kebahagiaan akan datang padamu. Selamat mencoba ya.

Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang padamu - R.A Kartini

Baca Juga: Hari Kartini, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menjadi Wanita yang Berkelas

Kotik Aptiyas Photo Community Writer Kotik Aptiyas

I am on the hunt for who I've not yet become. Find me on IG @kotikap15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You