Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah Lingkungan

Kamu sudah memulainya belum? 

Saat memilih produk kecantikan, apakah kamu juga memikirkan dampak produk tersebut terhadap lingkungan? Tanpa kamu sadari, botol-botol skincare tersebut berkontribusi sangat besar pada kerusakan lingkungan. Sampah plastik terus meningkat, menurut data dari Our World Data setiap tahunnya sampah plastik global meningkat sampai 200 kali lipat, lho!

Makanya, stop berkontribusi dalam kerusakan lingkungan lewat hal-hal kecil yang bisa dilakukan tiap hari. Contohnya, beralih ke produk kecantikan organik yang ramah lingkungan. Bukan hanya berdampak baik bagi bumi, tapi bagus juga buat kulitmu karena terhindar dari bahan kimia yang bisa bikin kulitmu rusak kalau dipakai terus-menerus.

Bisa dapetin banyak keuntungan sekaligus, berikut ini berbagai alasan kenapa kamu harus segera beralih ke produk kecantikan ramah lingkungan!

1. Menutrisi kulit dan rambut lebih baik 

5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah Lingkunganilustrasi wajah seseorang (unsplash.com/Amanda Dalbojorn)

Setiap hari kamu menggunakan produk kecantikan tentu karena ingin mendapatkan kulit dan rambut yang lebih sehat. Namun, bahan kimia yang terkandung di dalamnya justru berdampak buruk jika digunakan dalam waktu lama. Itu sebabnya, kamu sudah harus beralih ke produk yang ramah lingkungan karena mereka diproduksi dengan bahan alami dan organik.

Bahan alami yang terkandung di dalam produk kecantikan ramah lingkungan bekerja lebih baik dan bisa digunakan untuk waktu yang lama. Bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam eco-cosmetics adalah minyak zaitun, minyak almond, lidah buaya, minyak kelapa, dan sebagainya yang semuanya itu terkenal dengan manfaat hebat dalam menutrisi kulit dan rambut.

2. Berbau alami yang menenangkan 

5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah Lingkunganilustrasi seseorang sedang memakai skincare (unsplash.com/Mathilde Langevin)

Produk dengan bau yang terlalu mencolok pastinya membuatmu gak nyaman untuk menggunakannya. Alih-alih rajin pakai skincare, kamu pasti langsung mencari produk lainnya dan malah mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Nah, ini alasan lainnya kamu harus segera beralih ke produk organik.

Selain bahan yang lebih bagus buat dipakai long-term, bau yang menenangkan dengan dosis aromaterapi ini merupakan pertimbangan penting, lho.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bikin Kamu Layak Disebut Pahlawan di Tengah Pandemik

3. Packagingnya bisa didaur ulang 

5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah LingkunganLove Beauty and Planet (instagram.com/lovebeautyandplanet_id)

Selain memprioritaskan soal bahan apa saja yang terkandung dalam produk kecantikan, yang gak kalah penting tentunya adalah packaging. Kalau produknya bagus tapi packagingnya sulit didaur ulang, sama saja merugikan bumi, kan? Untungnya, sekarang ini sudah ada banyak produk yang mengusung sustainable beauty yang artinya produk yang diproduksi aman bagi lingkungan.

Seperti Love Beauty and Planet dari Unilever, yang produknya didesain untuk melindungi bumi karena packagingnya 100 persen bisa didaur ulang dan no animal testing, alias tidak melalui proses pengujian atau diujicobakan pada hewan. Selain itu, semua produk mereka juga vegan atau yang berarti tidak mengandung bahan yang bersumber dari hewan.

Lewat kecerdasanmu dalam memilih produk kecantikan, kamu sudah berkontribusi dalam menjaga bumi dan berbuat kebaikan untuk lingkungan. Kelihatannya sepele, sih, tapi #EveryUDoesGood yang konsisten bisa berdampak besar bagi kehidupan di masa depan.

4. Harganya yang tidak lebih mahal, bahkan bisa dibuat sendiri 

5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah Lingkunganilustrasi seseorang sedang memakai masker (unsplash.com/Isabell Winter)

Kamu mungkin berpikir bahwa produk dengan label organik artinya lebih mahal. Padahal tidak sama sekali. Di pasaran kamu tetap bisa mendapatkan produk ramah lingkungan yang harganya terjangkau, kok. Untuk itu, pastikan kamu melakukan riset terkait produk yang paling cocok dengan kebutuhanmu, ya!

Nah, gak perlu khawatir juga soal harga, produk kecantikan dengan bahan alami juga bisa kamu bikin sendiri di rumah kok. Dari masker wajah sampai masker rambut, bisa dibuat dengan bahan-bahan yang ada di rumah seperti telur, lidah buaya, cokelat, mentimun, tomat, dan lain sebagainya.

5. Aman untuk kulit sensitif sekalipun 

5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah Lingkunganilustrasi seseorang sedang memakai skincare (unsplash.com/Mathilde Langevin)

Merkuri, nitrosamine, polietilen, glikol, atau bahan kimia lain gak akan kamu temui dalam produk organik yang bisa menyebabkan alergi dan kemerahan pada kulit. Bayangkan jika bahan pengawet dan parfum sintesis harus menyentuh kulitmu setiap hari untuk jangka waktu yang lama, bagaimana jadinya kulitmu nanti?

Alasan yang gak kalah penting tentunya berhubungan dengan masa depan kulitmu sendiri. Kalau menggunakan produk kecantikan yang ramah lingkungan, bahan organik di dalamnya bisa jadi jaminan kulitmu tetap sehat, bahkan untuk yang paling sensitif sekalipun.

Dengan memilih bahan organik yang ramah lingkungan, kamu bisa merawat tubuh sambil berbuat kebaikan untuk bumi ini. Nah, pertanyaannya, kapan nih kamu mau mulai beralih ke produk organik yang ramah lingkungan?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco Hero

Laura Astrellia Photo Verified Writer Laura Astrellia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya