Comscore Tracker

Agar Tidak Semakin Menyiksa, Hindari 5 Makanan Ini Selama Masa PMS

Percaya deh, makanan ini bikin kamu semakin menderita!

PMS atau datang bulan menjadi salah satu momen paling tidak menyenangkan bagi perempuan. Perut yang kram, badan yang mendadak terasa pegal, sampai mood yang naik turun menjadi penyebabnya. Tidak heran jika selama PMS, perempuan akan jadi lebih sensitif dari biasanya.

Meski gejala tersebut adalah hal yang wajar, bukan berarti tidak ada cara untuk mengurangi ‘penderitaan’ kamu selama masa PMS. Nyatanya ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk meredakan gejala PMS salah satunya adalah dengan memperhatikan apa yang kamu makan. Dan agar tidak semakin menyiksa, berikut ini 5 makanan yang harus kamu hindari selama masa PMS.

1. Makanan kemasan

Agar Tidak Semakin Menyiksa, Hindari 5 Makanan Ini Selama Masa PMSunsplash.com/Frankie Cordoba

Meski enak, nyatanya makanan kemasan memiliki banyak sekali bahan yang tidak kita kenal bahkan cenderung berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Selama masa PMS, bukan hanya perasaan tapi tubuh kita pun akan jadi lebih sensitif. Dan mengkonsumsi makanan yang memiliki asal-usul tidak jelas hanya akan membuat tubuh terutama sistem pencernaan kamu jadi bermasalah.

2. Makanan yang berbahan dasar susu

Agar Tidak Semakin Menyiksa, Hindari 5 Makanan Ini Selama Masa PMSunsplash.com/Monika Grabkowska

Meski segelas susu hangat membuat kita merasa lebih baik, namun sebaiknya kamu menghindari susu dan semua makanan yang berbahan dasar susu seperti keju atau yoghurt. Ini karena susu dan produk berbahan susu mengandung asam arakidonat yang dapat memicu terjadinya keram pada perut.

3. Goreng-gorengan

Agar Tidak Semakin Menyiksa, Hindari 5 Makanan Ini Selama Masa PMSinstagram.com/fries.on.fire

Percaya atau tidak, makanan yang kita makan mempengaruhi suasana hati kita terutama saat sedang PMS. Beberapa makanan seperti gorengan mengandung lemak trans yang meningkatkan kadar estrogen dan membuat mood kita yang pada dasarnya sudah jelek jadi semakin kacau.

Baca Juga: 7 Penyebab Munculnya Gejala PMS tapi Tidak Kunjung Menstruasi

4. Burger dan makanan berlemak tinggi lainnya

Agar Tidak Semakin Menyiksa, Hindari 5 Makanan Ini Selama Masa PMSinstagram.com/tomtom_fitnes

Bukan rahasia lagi jika makanan berlemak adalah salah satu musuh perempuan yang patut diwaspadai. Selain bisa membuat tubuh jadi melar, makanan berlemak akan semakin berbahaya jika dikonsumsi saat sedang PMS. Ini karena mengkonsumsi makanan berlemak tinggi saat PMS akan membuat perut kamu kram dan kembung. Bukan hanya itu, konsumsi makanan berlemak tinggi juga membuat wajah kamu jadi gampang jerawatan.

5. Coklat dan semua makanan manis

Agar Tidak Semakin Menyiksa, Hindari 5 Makanan Ini Selama Masa PMSinstagram.com/cindynoona

Coklat memang selalu berhasil membuat suasana hati kamu jadi lebih baik. Tapi disisi lain, mengkonsumsi coklat dan aneka camilan manis lainnya justru akan mengganggu kadar gula darah dalam tubuh. Dan jika pun kamu ingin benar-benar makan coklat, pilihlah dark coklat yang memiliki kandungan gula lebih sedikit.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja Saat Kamu Sedang PMS

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya