Comscore Tracker

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahu

Semuanya punya arti yang penting, lo

Kebanyakan dari kita memilih produk berdasarkan manfaatnya, seperti mencerahkan, melembapkan kulit, hingga menghambat penuaan dini. Biasanya, semua manfaat ini akan dicantumkan dalam kemasan skin care atau makeup yang akan kita beli.

Namun, selain manfaat dan komposisi produk, kamu juga pasti sering menemukan berbagai simbol yang terdapat di kemasan. Meski terlihat sepele dan tanpa makna, simbol ini ternyata memiliki arti penting yang harus kamu ketahui, lo! Dilansir dari laman Mental Floss dan Busle, berikut di antaranya.

1. Green dot

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahuglamourmagazine.co.uk

Simbol pertama adalah green dot. Keberadaan green dot dalam kemasan menandakan bahwa perusahaan dari produk tersebut telah setuju menjadi bagian dari organisasi daur ulang Eropa. Itu berarti, perusahaan telah setuju untuk menanggung semua biaya daur ulang untuk setiap sampah dari produk yang mereka hasilkan.

2. The mobius loop

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahuglamourmagazine.co.uk

Di antara simbol lainnya, the mobius loop adalah simbol yang paling sering muncul di kemasan produk. The mobius loop merupakan simbol panah yang kemudian membentuk segitiga, namun ada juga yang membentuk lingkaran.

The mobius loop berbentuk panah segitiga yang menunjukkan bahwa kemasan produk bisa didaur ulang. Sementara, the mobius loop  yang membentuk lingkaran menunjukkan bahwa kemasan produk dibuat dari hasil daur ulang.

3. Leaping bunny

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahuglamourmagazine.co.uk

Sebelum digunakan oleh manusia, tidak jarang beberapa perusahaan menguji produk mereka pada hewan untuk memastikan bahwa produk tersebut aman bagi manusia. Hal ini tentu saja sangat kejam dan mendapatkan pertentangan dari banyak orang, terutama pencinta hewan.

Nah, untuk mengetahui produk tersebut diuji pada hewan atau tidak, kamu bisa mencari simbol leaping bunny. Simbol ini biasanya berupa gambar kelinci melompat atau wajah kelinci. Jika kamu menemukan simbol ini artinya produk ini tidak pernah diuji coba pada hewan alias tidak ada hewan yang menderita, bahkan mati karena keracunan.

4. Hourglass

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahuglamourmagazine.co.uk

Selain mencantumkan expired date atau tanggal kedaluwarsa, beberapa perusahaan juga melengkapi produknya dengan simbol hourglass atau jam pasir. Simbol ini menunjukkan bahwa produk yang kamu beli hanya akan bertahan maksimal selama tiga puluh bulan atau sekitar dua tahun setelah di produksi oleh pabrik.

Meski kamu tidak pernah membuka skin care atau makeup itu sekalipun, kamu tetap harus membuangnya setelah tiga bulan. Penting untuk diingat, nih.

5. Ecocert

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahubustle.com

Jika the mobius loop menunjukkan kemasan ramah lingkungan, logo ecocert menunjukkan bahwa 95 persen dari isi produk tersebut berasal dari bahan organik. Selain ecocert, beberapa perusahaan menyertakan kata nature yang berarti 50 persen bahan pada produk makeup atau skin care terbuat dari bahan alami.

Selain lebih ramah lingkungan, produk ecocert juga jauh lebih aman untuk digunakan. Produk itu pun tidak akan menimbulkan reaksi kimia pada kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skin Care Korea yang Mampu Mengontrol Kelebihan Minyak!

6. E-mark

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahubustle.com

Hayo ngaku, siapa di sini yang sering dikecewakan oleh kemasan skin care atau makeup? Kita sering membeli skin care atau produk yang berukuran besar, namun isinya lebih sedikit dari kemasannya.

Nah, kalau kamu tidak ingin hal ini terulang kembali, pastikan kamu membeli produk yang memiliki simbol e-mark. Simbol ini menunjukkan bahwa isi produk sesuai dengan kemasannya.

7. PAO

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahubustle.com

PAO atau period after opening adalah simbol yang menunjukkan ketahanan sebuah produk setelah dibuka. PAO sendiri memiliki simbol berupa produk yang terbuka.

Huruf M pada simbol memiliki arti month atau bulan. Jika di dalam simbol PAO tertulis 6M itu artinya produk hanya akan bertahan selama 6 bulan setelah dibuka. Lewat dari itu, kualitas produk akan menurun dan tidak bisa lagi digunakan.

8. Refer to insert

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahuglamourmagazine.co.uk

Kadang, perusahaan tidak bisa menyertakan semua informasi tentang skin care atau produk makeup pada kemasan. Sebagai gantinya, perusahaan akan menyertakan sebuah brosur berisi semua informasi mengenai produk skin care atau makeup yang mereka buat. Untuk itu, perusahaan akan menyertakan simbol refer to insert pada kemasannya.

9. Flame

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahuglamourmagazine.co.uk

Flame memiliki simbol berupa api menyala. Dari gambarnya, kamu mungkin sudah bisa menebak bahwa semua produk dengan simbol flame sangat mudah terbakar.

Jadi, jika kamu menemukan simbol flame pada kemasan skin care atau makeup, itu berarti perusahaan tersebut memperingatkan kamu untuk menyimpan produk mereka di tempat yang aman dan jauh dari api.

10. The USDA organic seal

Jangan Sepelekan! Ini 10 Simbol pada Kosmetik yang Perlu Kamu Tahusonduongcoffee.com

Jika kamu tidak menemukan ecocert, kamu bisa mencari simbol the USDA organic seal. Mirip dengan ecocert, simbol the USDA organic seal juga menunjukkan bahwa 95 persen bahan yang digunakan terbuat dari bahan alami atau organik.

Selain the USDA organic seal, simbol BIO pada produk juga menunjukkan komposisi organik. Biasanya label BIO muncul pada produk kecantikan atau makeup yang berasal dari Prancis.

Sekarang, lebih cermat lagi dalam memilih skin care atau makeup kamu, ya. Sebelum membeli, lihat simbol-simbol yang kamu butuhkan.

Baca Juga: 5 E-commerce Terpercaya buat Beli Produk Skin Care & Beauty!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya