Comscore Tracker

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!

Meski kecil, tapi sangat mengganggu penampilan lho!

Komedo bisa muncul di mana saja, di hidung, dahi, bahkan lengan, punggung, dan dagu. Komedo di dagu muncul karena hormon yang tidak seimbang, kurang bersih mencuci muka, dan juga stres yang diikuti dengan pola makan yang buruk.

Memang menyebalkan sih melihat komedo hitam di dagu ini. Kalau salah membersihkannya, justru akan makin banyak muncul bahkan bisa jadi jerawat besar lho. Berikut cara menyingkirkan komedo yang membandel di dagu, cobain yuk.

1. Sering lakukan eksfoliasi secara teratur

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!theskincareedit.com

Seluruh wajah sampai leher perlu mendapatkan perawatan eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang kalau menumpuk, bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

Gunakan scrub yang lembut untuk membersihkan wajah, khususnya di area t-zone dan dagu. Lakukan seminggu sekali ya, karena terlalu sering justru bisa merusak kondisi wajahmu.

2. Gunakan pore strips yang bisa untuk di dagu

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!skincare.com

Pore strips biasanya digunakan hanya di hidung. Namun dengan perkembangan dunia kecantikan dan skincare sekarang, kamu bisa menemukan pore strips untuk daerah dahi, hidung, dan dagu. 

3. Gunakan masker tanah liat untuk hilangkan komedo

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!rawpixel.com

Masker tanah liat sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati di wajah. Kamu juga bisa mencampurkan masker dengan apple cider vinegar (ACV) yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun bagi pemilik kulit sensitif, hindari menggunakan ACV ya. Menggunakan ACV justru membuat kulitmu makin rusak.

Baca Juga: 5 Alat Pembersih Komedo dari Brand Korea yang Ampuh, Bebas Sakit!

4. Campuran garam laut dan air lemon dapat mencegah timbulnya komedo

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!joyoushealth.com

Garam laut adalah anti bakteri yang baik untuk membuka pori-pori di wajah. Campurkan garam laut dengan beberapa tetes air lemon serta air sedikit hingga jadi pasta. Kemudian gosokkan campuran tersebut di dagu. Tunggu 10 menit, kemudian bilas dan cuci muka sampai bersih. Campuran ini dapat melarutkan kotoran sehingga komedo tak muncul.

5. Homemade spa dan alat penghapus komedo juga bisa kamu gunakan

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!maed.co

Hindari memencet komedo di dagu dengan tangan. Bukan tambah bersih, yang ada malah memperburuk kondisi dagumu hingga sampai ke leher. Gunakan alat penghapus komedo atau jika kamu punya dana, kamu bisa membeli pore vacuum untuk membersihkan komedo.

Namun sebelum dibersihkan, kamu harus mempersiapkan kulit wajahmu dulu. Salah satu yang bisa dilakukan adalah homemade spa dengan mangkuk air panas dan handuk. Taruh kepalamu di atas mangkuk air panas, tutupi dengan handuk, sisakan lubang kecil agar tidak sesak napas. Homemade spa dapat membuka pori-pori di wajahmu, jadi lebih mudah juga untuk dibersihkan.

6. Gunakan masker wajah dari putih telur

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!jessicamoyblog.com

Masker ini bisa kamu buat sendiri hanya dengan berbekal tissue dan putih telur. Cuci bersih wajah dan keringkan, kemudian taruh potongan tissue di dagu. Olesi putih telur hingga cukup tebal di atas tissue dengan menggunakan kuas. Tunggu sampai kering, kemudian lepas tissue. Jangan lupa cuci muka lagi setelah itu, terutama di daerah yang kena putih telur.

7. Buat sendiri masker kulit jeruk

7 Cara Menyingkirkan Komedo Membandel di Dagu, Gak Perlu ke Klinik!unsplash.com/Ana Tofan

Masker kulit jeruk dapat mencegah produksi minyak berlebihan dan penumpukan kotoran di dagu. Keringkan beberapa kulit jeruk, kemudian jadikan bubuk. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta dan oleskan ke dagu. Diamkan 15 menit kemudian cuci dengan air hangat. Rasakan perbedaannya setelah itu.

Itu tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk menyingkirkan komedo membandel di dagu. Namun jika komedo yang diikuti dengan jerawat justru makin mengganggu bahkan sampai muncul di leher juga, maka kamu perlu pergi ke ahlinya untuk perawatan.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh dan Produknya Buat Basmi Komedo Sesuai Letaknya

Liem Ling Photo Verified Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya