Comscore Tracker

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Banyak penyebab yang dianggap sepele padahal berbahaya

Kondisi kulit yang tampak kering, tidak cerah atau selalu berminyak, bisa mengindikasikan telah terjadi tanda-tanda kulit kusam. Kulit kusam akan berakibat pada penampilan yang kurang segar dan jadi gak menarik.

Kalau dibiarkan terus-terusan, kulit kusam ini bisa memunculkan berbagai masalah lain lho. Jadi, sebelum semua itu terjadi lebih baik kenali 5 penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya di bawah ini girls!

1. Penumpukan sel kulit mati

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinyaimabeautygeek.com

Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk di atas permukaan wajah menyebabkan rona wajah yang keabuan dan terlihat kusam meski sudah dibersihkan. Masalah ini tidak bisa diatasi hanya dengan membersihkan wajah dengan sabun cuci muka, namun perlu eksfoliasi yang intens.

Ada dua jenis ekfoliasi yang bisa dipilih yaitu eksfoliasi fisikal atau eksfoliasi kimia. Eksfoliasi fisikal bisa langsung dilakukan dengan bantuan serbuk kopi, teh, atau oat. Sedangkan untuk eksfoliasi kimia, cari produk perawatan dengan kandungan lactic acids, glycolic acids, atau citric acids.

2. Dampak buruk paparan sinar matahari

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinyabyrdie.com

Meskipun sinar matahari memiliki vitamin D yang baik untuk kesehatan kulit, namun manfaat tersebut hanya bisa dirasakan pada sinar matahari pada waktu tertentu. Selebihnya sinar matahari membahayakan kesehatan kulit karena punya sinar UV yang kuat. Dampak buruk paparan sinar matahari ini yang juga jadi salah satu penyebab noda hitam, hiperpigmentasi, dan kulit kusam.

Solusinya tentu dengan menggunakan produk tabir surya sebelum berkegiatan di luar ruangan. Gunakan tabir surya dengan tingkat minimal SPF 30 dan yang paling baik SPF 100.

Baca Juga: Atasi Kulit Kusam dengan Perawatan Diamond Facial

3. Tekanan stres yang tinggi

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinyabrositpitlegko.ru

Bukan hanya jerawat yang bisa muncul ketika kamu mengalami tekanan stres yang tinggi, tapi itu pun dapat memengaruhi kondisi kulit kusam. Ketika hormon stres meningkat, tekanan darah akan cenderung lebih banyak mengalir ke organ vital dan mengurangi pasokannya ke wajah sehingga kulit akan terlihat pucat dan kusam.

Selain dengan menghilangkan rasa stres itu sendiri, kamu perlu melakukan sedikit pemijatan wajah ketika mencuci muka atau melakukan rangkaian skincare rutin lainnya.

4. Polusi kotor di sekeliling kita

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinyadermstore.com

Asap kendaraan, asap rokok, dan jenis polusi lain yang ada di sekeliling kita juga termasuk dalam penyebab kulit kusam. Mengapa begitu? Karena polusi akan mengakibatkan radikal bebas terjebak dalam kulit sehingga merusak kolagen sebagai sumber kekenyalan dan kesegaran wajah. Ini akan menyebabkan warna kulit tidak merata dan terlihat gelap.

Perbaiki kondisi ini dengan cara menggunakan produk pembersih dengan cleansing tool, lalu lengkapi produk anti polusi yang bisa mengeluarkan racun dalam kulit seperti bahan charcoal, vitamin C, dan skincare yang mengandung antioksidan tinggi.

5. Kulit mengalami dehidrasi

Sering Gak Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinyatheogeeclinic.com

Tubuh bukan satu-satunya hal yang bisa mengalami dehidrasi, tapi kulit pun dapat menderita hal yang sama. Kulit yang dehidrasi kemungkinan besar diakibatkan kurangnya asupan air putih dan kelembapan alami sehingga kulit akan terlihat kusam dan tidak segar.

Minum banyak air putih dan lengkapi ekstra pelembab di setiap rutinitas perawatan pagi dan malam hari kalian untuk mengatasi kondisi kulit dehidrasi.

Baca Juga: Panu, Penyakit Kulit yang Disebabkan oleh Bersarangnya Jamur di Tubuh

Lil El Photo Community Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You