Comscore Tracker

5 Makanan Ini Bikin Rambut Makin Lepek

Ternyata bukan karena salah memilih produk saja

Rambut lepek sering kali dipermasalahkan oleh cewek. Wajar saja, rambut lepek dipercaya bisa merusak penampilan. Berbagai cara pun kerap dilakukan untuk mengatasi rambut lepek, seperti gonta ganti sampo, vitamin, bahkan rela tiap hari catokan agar rambut kelihatan lebih fresh dan gak kumal.

Pada umumnya, rambut lepek disebabkan karena perubahan iklim dan kondisi kulit kepala. Tapi, ternyata makanan yang kamu konsumsi juga bisa menyebabkan rambut lepek, lho! Jadi, kamu perlu lebih hati-hati saat memasukkan makanan ke mulut.

Berikut 5 jenis makanan yang harus kamu hindari, karena berpotensi menimbulkan rambut lepek.

1. Makanan yang manis

5 Makanan Ini Bikin Rambut Makin Lepekpexels.com/Pixabay

Hormon berperan besar dalam fungsi tubuh. Maka dari itu, menjaga produksi hormon agar tetap seimbang itu sangat penting. Tapi, makanan yang manis atau mengandung gula menyebabkan hormon tubuhmu tidak seimbang.

Makanan manis seperti permen, cokelat, atau apapun yang mengandung gula sebaiknya dikurangi. Gula dipercaya dapat mendorong produksi kelenjar, sehingga tubuh menghasilkan minyak berlebih.

2. Susu

5 Makanan Ini Bikin Rambut Makin LepekPexels/Rawpixel

Olahan susu bukan hanya dipantangkan bagi orang yang sedang menjalani diet sehat saja, tapi juga bagi kamu yang memiliki masalah rambut lepek. Sebab, produk yang terbuat dari olahan susu dapat meningkatkan produksi minyak. Misalnya saja, mentega dan keju.

Selain itu, produk olahan susu juga mengandung jumlah testeron yang besar, yang dapat mempengaruhi sebum pada tubuh.

Baca Juga: Gak Cuma Gampang Merawatnya, Ada 5 Manfaat Kece Jika Rambutmu Pendek

3. Gorengan

5 Makanan Ini Bikin Rambut Makin Lepekpexels.com/Valeria Boltneva

Gorengan paling enak disantap di sore hari sambil bersantai. Tapi, kandungan minyak dalam gorengan harus diwaspadai, karena secara tidak langsung dapat mendorong produksi minyak pada kelenjar.

Aneka gorengan seperti kentang goreng, keripik, atau hamburger sebaiknya mulai dikurangi dari sekarang demi memperbaiki kondisi rambutmu.

4. Karbohidrat kompleks

5 Makanan Ini Bikin Rambut Makin Lepekpexels.com/Sydney Troxell

Karbohidrat kompleks terdapat pada makanan yang mengandung karbohidrat olahan, misalnya roti tawar. Apabila karbohidrat kompleks yang dikonsumsi terlalu banyak, kinerja tubuhmu menjadi lebih berat. Hal inilah yang membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih, sehingga minyak di kulit kepala bertambah banyak.

5. Makanan yang mengandung garam

5 Makanan Ini Bikin Rambut Makin Lepekpexels.com/Kaboompics.com

Garam sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Namun, konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan rambut lepek, lho! Garam dipercaya dapat mempercepat rangsangan pada tubuh, termasuk kelenjar minyak. Alhasil, kadar minyak di tubuh semakin banyak.

Untuk itu, kurangi konsumsi garam, terutama pada jajanan yang bercita rasa asin. Misalnya, keripik kentang, keripik ubi, doritos, dan kacang asin.

Punya masalah rambut lepek? Untuk mengatasinya, gunakan produk perawatan rambut yang tepat dan hindari lima makanan di atas, ya!

Baca Juga: 12 Makanan Penambah Darah untuk Melawan Gejala Penyakit Anemia

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya