Comscore Tracker

5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!

Pastikan kamu lakukan dengan tepat, ya!

Kuku merupakan bagian tubuh yang sering diabaikan. Padahal kuku sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Coba bayangkan ketika bentuk kuku gak beraturan, pasti gak sedap dipandang mata. Apalagi kalau kuku mudah patah dan patahnya gak beraturan, rasanya gimana gitu.

Mendapatkan kuku kuat, panjang, dan sehat tidaklah sulit. Hanya saja, dibutuhkan cara yang tepat sehingga hasilnya memuaskan. Seperti apa? Yuk, disimak!

1. Perbanyak konsumsi vitamin B5

5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!pexels.com/Valeria Boltneva

Sama seperti bagian tubuh yang lain, kuku juga membutuhkan suplai vitamin yang cukup agar kutikula kuku semakin kuat. Perbanyak konsumsi vitamin B5 dalam menu makananmu sehari-hari. Nah, vitamin ini bisa kamu temukan pada ikan, jamur, ayam kalkun, dan telur.

2. Manfaatkan kandungan minyak zaitun

5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!pexels.com/Designecologist

Zat yang terkandung di dalam minyak zaitun sangat ampuh menguatkan lapisan kuku. Oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan kuku. Diamkan selama 10-15 menit hingga minyak zaitun meresap. Lakukan secara rutin, minimal 1x dalam sehari untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Miliki Tangan Mulus dan Kuku Mengilap dengan 8 Langkah Ini

3. Lakukan manicure secara rutin

5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!pexels.com/Designecologist

Selanjutnya, jangan lupa manicure. Tidak perlu harus ke salon karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Yang pasti, kamu harus punya alat-alat manicure yang lengkap sehingga hasil manicure tampak sempurna atau bahkan sama seperti di salon.

4. Rendam ke dalam perasan air jeruk

5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!pexels.com/Joyce White

Selain minyak zaitun, kamu bisa memanfaatkan air jeruk untuk menguatkan kukumu. Caranya, peras air jeruk secukupnya, lalu campurkan dengan air hangat. Rendam kuku selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas kuku pakai air dingin untuk menghindari kesan lengket di tangan.

5. Hindari aplikasi kuteks secara berlebihan

5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!pexels.com/Element5 Digital

Kuteks mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kuku. Selain itu, kuteks juga menyebabkan kuku menjadi kusam dan menguning setelah kuteks terkelupas. Untuk itu, kurangi aplikasi kuteks untuk sementara waktu sehingga kutikula kuku bisa bernapas.

Ingin dapatkan kuku kuat tapi gak bisa-bisa? Nah, kamu bisa segera aplikasikan cara di atas untuk mendapatkan kuku kuat impianmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Awas, 5 Cara Pakai Gel Nail Polish Ini Malah Merusak Kuku Aslimu Girls

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You