Comscore Tracker

Jangan Asal Pakai, Teliti Dulu 5 Cara Pakai Retinol

Menawarkan manfaat, tapi juga kerugian

Bagi skincare lunatic, istilah retinol pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Kandungan yang satu ini banyak digunakan dalam produk skincare, khususnya produk anti-aging karena dipercaya dapat membuat kulit jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

Setelah mengetahui kalau retinol memberi banyak manfaat, kamu pasti tertarik menggunakannya. Tapi sebelumnya, kamu harus tahu dulu fakta tentang retinol biar gak asal pakai saja. Yuk, simak faktanya di bawah ini!

1. Bagus untuk memperlambat penuaan di wajah

Jangan Asal Pakai, Teliti Dulu 5 Cara Pakai Retinolpexels.com/chris howard

Retinol merupakan kandungan yang ampuh melawan penuaan. Bagi kamu yang punya masalah kerutan dan garis-garis halus di wajah, maka retinol akan sangat membantu. Retinol akan membantu meregenerasi kulit, sehingga struktur kulit menjadi lebih sehat, cerah, dan pastinya awet muda.

2. Butuh waktu lama untuk melihat reaksinya

Jangan Asal Pakai, Teliti Dulu 5 Cara Pakai Retinolpexels.com/Daria Shevtsova

Sebagus apapun kandungan skincare, tetap saja butuh waktu lama untuk melihat hasilnya. Sama seperti retinol ini, butuh waktu sekitar 8-12 minggu untuk melihat hasilnya di kulit wajah. Jadi, jangan pikir kulitmu bisa langsung cerah berseri dan tampak muda dalam 1-2 minggu, ya. Tetap sabar!

3. Harus digunakan dengan dosis yang tepat, lho!

Jangan Asal Pakai, Teliti Dulu 5 Cara Pakai Retinolescentual.com

Penggunaan retinol atau retinoid yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit. Untuk itu, gunakan dalam dosis yang tepat. Bagi pemula, misalnya, kandungan retinol sebanyak 0,01%-0,03% saja sudah cukup kok. Apalagi kalau usiamu masih muda.

Baca Juga: Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid

4. Menimbulkan efek samping yang berbeda-beda

Jangan Asal Pakai, Teliti Dulu 5 Cara Pakai Retinolpexels.com/Jenna Hamra

Reaksi kulit seperti kemerahan, terkelupas, gatal, atau kering bisa saja terjadi setelah penggunaan retinol atau retinoid, terutama bagi pemula. Tapi, tetap perhatikan batasan reaksinya. Apabila reaksi yang timbul sangat parah, kamu bisa menghentikan penggunaan retinol dan segera konsultasi ke dokter.

5. Butuh anjuran atau saran dari dokter

Jangan Asal Pakai, Teliti Dulu 5 Cara Pakai Retinolhealthline.com

Penggunaan retinol gak bisa sembarangan, lho! Terlebih lagi bagi ibu hamil, menyusui, dan sedang mengalami masalah kulit yang serius. Kamu harus konsultasikan dulu ke dokter, baik mengenai takaran penggunaan retinol maupun produk retinol yang cocok untuk kulit wajahmu.

Intinya, jangan asal pakai saja. Ketahui dulu fakta dan seluk beluk dari kandungan skincare yang hendak dipakai guna meminimalisir masalah pada kulit.  

Baca Juga: Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinol

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You