Comscore Tracker

Mau Ganti Skincare? Ini 5 Tipsnya Biar Wajahmu Gak Breakout

Check this out, ladies!

Memilih skincare yang pas untuk kulit bukan hal yang mudah. Kadang justru sangat tricky mengingat kulit wajah yang senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Produk yang saat ini cocok belum tentu cocok setelah 6 bulan kemudian karena kondisi kulit yang telah berubah.

Inilah yang membuat kita, para cewek, kebingungan saat ingin mengganti produk. Alih-alih ingin kulit wajah cerah, glowing, dan plumpy, malah jadi breakout gak karuan. Agar hal ini gak terjadi, simak 5 tips memilih skincare berikut ini.

1. Cari tahu tipe dan kondisi kulitmu

Mau Ganti Skincare? Ini 5 Tipsnya Biar Wajahmu Gak Breakoutpexels.com/Andrea Piacquadio

Jenis kulit itu dibagi menjadi 4, yaitu kering, berminyak, kombinasi, dan normal. Sedangkan kondisinya cukup beragam, ada acne prone, dehidrasi, sensitif, rosacea, eczema, pigmentasi, psoriasis, pokoknya masalah yang terjadi pada kulit. Lantas kulitmu termasuk tipe dan kondisi yang mana? Hal ini penting untuk menghindari salah memilih produk.

Jika tipe kulit kering, misalnya, tapi produk yang dipakai untuk kulit berminyak, maka kulitmu akan tambah kering. Sebab, tekstur produk biasanya ringan guna menghindari efek greasy. Coba kenali tipe dan kondisi kulit sebaik mungkin agar produk yang dipakai sesuai.

2. Ketahui masalah yang terjadi pada kulitmu

Mau Ganti Skincare? Ini 5 Tipsnya Biar Wajahmu Gak Breakoutpexels.com/ Ekaterina Bolovtsova

Apakah akhir-akhir ini kulit wajahmu bermasalah, seperti kemerahan? Jika iya, ada baiknya gunakan produk yang mengandung niacinamide, vitamin c, snail mucin, atau azelaic acid. Dilansir dari Science Becomes Her, kandungan ini ampuh melawan masalah kulit kemerahan.

Begitu pula dengan masalah kulit yang lain seperti acne prone, rosacea, dan sebagainya. Gunakan satu produk khusus untuk mengatasi masalah ini, lalu lanjut dengan penggunaan produk perawatan seperti biasanya.

Baca Juga: 5 Bahaya jika Kamu Terlalu Sering Gonta-ganti Skincare

3. Baca ingredients, cara penggunaan, dan review produk

Mau Ganti Skincare? Ini 5 Tipsnya Biar Wajahmu Gak Breakoutpexels.com/Natalia Hawthorne

Membaca kandungan suatu produk itu penting sebelum digunakan untuk mengetahui apakah produk itu bakal cocok atau tidak di wajah. Apabila kulitmu alergi terhadap kandungan parfum, misalnya, kamu bisa beralih ke produk yang fragrance free guna menghindari breakout

Selain itu, baca pula cara penggunaan produk yang benar. Apakah boleh dipakai setiap hari atau cuma 3-4 kali seminggu saja? Dan yang terakhir, baca review produk untuk mengetahui khasiat produk tersebut pada orang-orang yang mengalami masalah kulit yang sama denganmu.

4. Hindari kandungan yang bikin kulitmu alergi

Mau Ganti Skincare? Ini 5 Tipsnya Biar Wajahmu Gak Breakoutpexels.com/Linda Prebreza

Ambil contohnya essential oil. Meski essential oil ini bagus sebagai anti-inflamantori, anti-bakterial, dan melembapkan kulit, tidak semua cocok dengan kandungan ini. Pemakaian minyak esensial yang terlalu sering justru bikin kulit breakout, seperti yang dilansir Paula's Choice

Paula juga menambahkan kalau kebanyakan minyak esensial mengandung parfum, yang tentu membahayakan kulit dalam jangka panjang. Sebaiknya lakukan research terlebih dahulu tentang kandungan yang gak cocok untuk kulit kamu agar breakout gak terjadi lagi dan lagi.

5. Hindari mengganti produk dalam waktu bersamaan

Mau Ganti Skincare? Ini 5 Tipsnya Biar Wajahmu Gak Breakoutpexels.com/cottonbro

Berdasarkan pengalaman pribadi, mengganti skincare dalam waktu bersamaan rentan bikin kulit breakout.  Sebab, kulit masih butuh waktu untuk menyesuaikan kandungan yang ada pada satu produk baru terlebih dulu. Setelah itu baru pada produk lainnya. Ketika kandungan baru yang masuk terlalu banyak, maka kulit lebih rentan breakout

Sebaiknya ganti produk satu per satu, lalu lihat reaksi yang muncul. Kalau memang gak cocok, hentikan dan cari produk pengganti lain yang lebih cocok. Selain untuk menghindari breakout, cara ini juga ampuh untuk menghemat pengeluaran skincare-mu.

Kalau mau ganti skincare dan gak mau kulitmu breakout, bisa banget terapkan tips-tips di atas. Kamu harus rajin-rajin mencari tahu tentang kondisi kulit, yang dibutuhkan kulit, hingga kandungan tertentu yang kemungkinan dapat menimbulkan iritasi. Butuh usaha ekstra lho untuk menemukan skincare yang sesuai. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kulit Wajahmu Alami 5 Tanda Ini? Waktunya Ganti Skincare!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya