Comscore Tracker

5 Trik Makeup untuk Wanita yang Memiliki Kulit Wajah Kering

Supaya penampilanmu terlihat sempurna

Kamu pasti sudah tahu kalau jenis kulit setiap wanita berbeda-beda. Ada wanita yang memiliki jenis kulit wajah normal, berminyak, sensitif, kering, dan kombinasi. Karena itulah produk kecantikan yang dipakai pun harus disesuaikan dengan jenis kulit, supaya tidak menimbulkan masalah pada kulit.

Untuk wanita yang memiliki jenis kulit kering, tentu harus memilih produk kecantikan yang bisa membuat kulit wajah tetap sehat dan lembap. Termasuk ketika sedang mengaplikasikan makeup. Karena kalau salah memilih, maka hasil riasan wajah akan tampak retak-retak atau cracking.

Inilah beberapa trik makeup yang bisa dipakai oleh para wanita yang memiliki kulit wajah kering supaya hasil riasannya sempurna.

1. Biasakan untuk memakai pelembap sebelum mulai merias wajah

5 Trik Makeup untuk Wanita yang Memiliki Kulit Wajah Keringrd.com

Para pemilik kulit wajah kering tidak boleh lupa memakai pelembap karena pelembap dapat membantu melembapkan kulit wajah yang kering. Foundation tidak dapat menggantikan fungsi pelembap dalam melembapkan wajah, bahkan yang paling cair sekalipun.

Untuk jenis kulit wajah kering, pilihlah pelembap yang teksturnya cream karena mengandung lebih banyak minyak yang bisa melembapkan kulit wajah. Kulit yang lembap bisa membuat riasan lebih tahan lama di wajah.

2. Jangan mengoleskan foundation menggunakan jari

5 Trik Makeup untuk Wanita yang Memiliki Kulit Wajah Keringself.com

Walaupun saat ini sudah banyak wanita yang menggunakan sponge (busa) untuk mengoleskan foundation di wajah, namun masih ada saja wanita yang suka memakai jari tangan dalam mengoleskan foundation. Hal ini sangat tidak disarankan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering karena bisa menyebabkan riasan terlihat retak-retak.

Biasakan untuk memakai sponge (busa) ketika sedang mengoleskan makeup, karena sponge dapat membantu meratakan foundation di wajah. Selain itu sponge juga bisa membantu foundation terserap dengan baik di kulit wajah yang kering.

Baca Juga: Malas Makeup di Pagi Hari? Ini 6 Cara Agar Kamu Tetap Tampil Cantik!

3. Pilih makeup yang bertekstur liquid dan cream

5 Trik Makeup untuk Wanita yang Memiliki Kulit Wajah Keringfasho22.com

Untuk kulit wajah yang kering, disarankan untuk memilih makeup yang memiliki tekstur cair (liquid) atau cream. Misalnya saja untuk foundation, pilihlah yang berbentuk cair agar bisa meresap dengan baik di kulit yang kering.

Sedangkan untuk blush on, pilihlah yang bentuknya cream. Dengan begitu foundation akan lebih mudah menempel dan tidak memberikan kesan kering pada kulit wajah.

4. Jangan memakai bedak

5 Trik Makeup untuk Wanita yang Memiliki Kulit Wajah Keringpremiumbeautynews.com

Para wanita pemilik kulit wajah kering tidak wajib mengoleskan bedak saat memakai makeup. Karena pada umumnya bedak tidak akan bertahan lama pada wajah, dan cenderung menyebabkan cracking atau riasan wajah terlihat retak-retak.

Namun kalau kamu tidak terbiasa kalau tidak memakai bedak, maka oleskanlah bedak hanya di area T saja yakni dahi, hidung, dan dagu. 

5. Rajin melakukan face scrub pada wajah

5 Trik Makeup untuk Wanita yang Memiliki Kulit Wajah Keringstandard.co.uk

Pada kulit wajah yang kering, biasanya akan sering terlihat muncul kulit yang mengelupas karena penumpukan kulit mati. Untuk itulah, para pemilik kulit wajah yang kering harus rajin membersihkan wajah memakai face scrub untuk mengangkat kulit mati.

Namun pakailah face scrub yang lembut dan biasakan untuk mengoleskan pelembap bertekstur cair setelah melakukan scrubbing. Lakukanlah face scrub setidaknya sekali dalam seminggu.

Nah ternyata mudah sekali ya mengaplikasikan makeup pada kulit yang kering, tanpa terlihat cracking atau retak-retak. Sama seperti jenis kulit berminyak, kulit kering juga memerlukan perhatian yang lebih. Oleh karena itu jangan malas ya untuk merawat kulitmu.

Baca Juga: 8 Inspirasi Party Makeup Look Simple yang Bikin Penampilanmu Cetar

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You