6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facial

Supaya hasilnya tetap maksimal

Beauty treatment atau perawatan kecantikan, adalah hal yang biasa dilakukan oleh para wanita saat ini. Tujuan utamanya tentu saja untuk menjaga dan merawat kulit, supaya tetap cantik dan terlihat awet muda.

Salah satu perawatan kecantikan yang sering dilakukan oleh para wanita adalah facial, karena facial membuat kulit menjadi bersih, serta bebas dari komedo. Nah supaya hasil perawatan kamu maksimal, jangan lakukan enam hal ini setelah melakukan facial.

1. Memakai makeup tebal di wajah

6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facialpexels.com

Setelah melakukan facial, biasanya kulit wajah kamu akan berwarna kemerahan. Ini termasuk hal yang wajar, dan warna kulit kamu akan menjadi normal kembali dengan sendirinya. Kamu tidak perlu menutupi warna kemerahan di kulit wajahmu dengan memakai concealer, atau foundation. 

Ingatlah, sehabis melakukan facial pori-pori kulit wajahmu menjadi lebih terbuka. Dan memakai makeup, bisa menutupi pori-pori. Apalagi kalau sponge atau brush makeup yang kamu pakai jarang dibersihkan, kotoran akan dengan mudah masuk ke wajahmu serta menimbulkan jerawat atau komedo. Hindari memakai makeup tebal selama 1 hingga 2 hari setelah facial.

2. Membersihkan wajah menggunakan scrub

6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facialverywellhealth.com

Saat melakukan facial, kulit wajahmu sudah dibersihkan hingga ke pori-pori yang terdalam. Oleh karena itu membersihkan wajah dengan memakai scrub, sudah tidak diperlukan lagi. melakukan face scrub setelah selesai melakukan facial, dapat merusak lapisan perlindungan kulit, dan mengakibatkan kerusakan kulit yang permanen. 

Oleh karena itu biasanya face scrub hanya boleh dilakukan 1x seminggu. Dan kalau kamu baru saja melakukan facial, hindari melakukan face scrub selama 3 atau 4 hari setelah facial.

3. Berjemur di bawah terik matahari

6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facialpexels.com
dm-player

Kulit yang baru di-facial, sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet. Karena itu hindarilah berjemur, atau terkena sinar matahari secara langsung. Kalaupun kamu tetap harus beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk memakai sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit.

Baca Juga: 5 Efek Samping Perawatan Facial yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kecewa

4. Melakukan sulam alis atau tato alis

6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facialthebeautycollectivepdx.com

Setelah facial, kulit wajahmu masih sangat sensitif dan masih dalam proses meregenerasi sel-sel kulit baru. Hindari mencabut bulu alis, melakukan tato alis ataupun sulam alis, selama satu minggu setelah facial. 

5. Terlalu sering menyentuh wajah

6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facialorogolddeeppeeling.com

Memang setelah melakukan facial, kulit wajah akan terasa lebih kencang dan lebih halus. Hal ini akan membuat kamu tergoda untuk terus menyentuh kulit wajahmu. Padahal nih, hal itu malah bisa menimbulkan jerawat di kulit wajahmu. Karena pori-pori kulit wajahmu masih terbuka, dan kulit wajahmu juga masih sensitif.

6. Memakai aneka produk perawatan kulit

6 Hal Ini Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Facialthecut.com

Produk perawatan wajah seperti face mask, peeling, dan face cleanser serta face toner, memang normal saja dipakai untuk merawat kulit wajah. Tapi setelah melakukan facial, sebaiknya hindari dulu memakai aneka produk perawatan wajah ini karena dapat membuat kulitmu menjadi iritasi. Produk skincare ini, aman kamu pakai kembali 2 - 3 hari setelah facial.

Baca Juga: Lakukan Facial Ala Klinik Kecantikan di Rumah dengan 5 Langkah ini

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya