Comscore Tracker

5 Sebab Perempuan Harus Terus Mengembangkan Diri, Jangan Mau Kalah!

#IDNTimesLife Peran perempuan amatlah penting! 

Sudah bukan masanya lagi menghubungkan perempuan dengan peran-peran domestik saja. Zaman makin maju, begitu banyak pintu terbuka untuk perempuan dapat mengembangkan diri. Kiprah mereka bahkan selalu dinanti.

Oleh karena itu, sebagai generasi muda, kita harus menyambut dengan sangat positif kesempatan ini. Jika kamu laki-laki, kamu harus memberi dukungan untuk setiap perempuan di sekitarmu agar makin maju. Jika kamu perempuan, kamu gak boleh melangkah mundur.

Apa pun profesi dan latar belakang pendidikanmu, wajib untukmu terus mengembangkan diri karena 5 alasan mendasar berikut ini.

1. Sama seperti laki-laki, perempuan juga punya segudang potensi kemampuan 

5 Sebab Perempuan Harus Terus Mengembangkan Diri, Jangan Mau Kalah!Unsplash.com/thisisengineering

Hidup ini gak pilih kasih kok. Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama diberi bakat, minat, dan kecerdasan. Jadi gak ada alasan lagi untuk perempuan gak yakin dengan dirinya sendiri.

Begitu pula sudah ketinggalan zaman untuk laki-laki meragukan kemampuan perempuan di berbagai bidang. Keduanya punya berbagai potensi kemampuan yang harus terus dikembangkan agar berguna untuk diri sendiri maupun lingkungan yang lebih luas.

2. Tugas di dunia ini terlalu banyak untuk dapat diemban satu kaum saja 

5 Sebab Perempuan Harus Terus Mengembangkan Diri, Jangan Mau Kalah!Unsplash.com/scienceinhd

Ada begitu banyak peran yang harus diambil agar kehidupan ini bisa berjalan dengan baik bahkan makin baik dari masa ke masa. Di bidang kesehatan, pemerintahan, pendidikan, ekonomi, bahkan pertahanan negara; semua membutuhkan keterlibatan laki-laki maupun perempuan.

Gak mungkin kehidupan sekompleks ini bisa berjalan dengan baik jika hanya salah satu kaum yang mengemban tugas sebanyak itu. Jika masih ada yang berpikir gak ada tempat untuk perempuan berkiprah di luar tugas-tugas rumah tangga, itu kesalahan besar.

3. Perempuan harus berjuang mendapatkan tempat mereka dan rasa hormat, bukan sekadar minta diberi 

5 Sebab Perempuan Harus Terus Mengembangkan Diri, Jangan Mau Kalah!Unsplash.com/thisisengineering

Artinya, perempuan gak bisa hanya menuntut kesetaraan dengan laki-laki. Dengan telah terbukanya berbagai kesempatan, tugas perempuan masa kini adalah memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Jangan sampai terlena dan malah berpangku tangan. Perempuan harus belajar dengan giat, bekerja keras, dan berkarya sebaik mungkin di berbagai bidang. Dengan begitu, gak ada lagi yang bisa memandangnya sebelah mata.

Baca Juga: 4 Sosok Ini Para Perempuan Tangguh di Balik Sejarah Sumpah Pemuda

4. Dengan terus mengembangkan diri, perempuan akan lebih dapat bahu-membahu dengan pasangannya membangun keluarga yang kukuh 

5 Sebab Perempuan Harus Terus Mengembangkan Diri, Jangan Mau Kalah!Unsplash.com/thisisengineering

Sama seperti laki-laki, gak semua perempuan akan memilih kehidupan perkawinan. Sebagian ada yang memilih untuk tetap melajang. Namun sebagai lajang maupun berpasangan, pengembangan diri bagi perempuan tetaplah penting.

Pengembangan diri akan membuat perempuan jauh lebih mandiri, fleksibel, dan ulet. Dalam kehidupan berpasangan, tentu ini sangat penting agar beban pasangan gak terlalu besar. Terutama, beban ekonomi.

5. Kiprah perempuan akan menjadi contoh nyata bagi orang-orang yang lebih muda untuk menjadi generasi hebat 

5 Sebab Perempuan Harus Terus Mengembangkan Diri, Jangan Mau Kalah!Unsplash.com/thisisengineering

Orang-orang yang lebih muda bisa siapa saja. Bisa saudara, tetangga, anak, keponakan, siapa pun yang lahir lebih akhir. Akan sulit bagi mereka memercayai kiprah perempuan jika mereka gak melihatnya secara langsung sejak dini.

Tokoh-tokoh perempuan yang diberitakan di berbagai media massa mungkin menginspirasi sebagian generasi muda. Namun bukan gak mungkin sebagian lagi tetap merasa itu terlalu jauh dari mereka.

Mereka butuh melihat lebih banyak lagi peran nyata perempuan di sekitar mereka dalam berbagai lini kehidupan. Agar anak-anak perempuan makin yakin mereka juga akan bisa menyumbang peran lebih dalam kehidupan ini.

Bukan hanya untuk keluarga sendiri. Demikian pula agar anak laki-laki memiliki rasa hormat yang lebih besar pada perempuan sampai kelak mereka dewasa.

Ternyata penting banget kan, pengembangan diri bagi perempuan? Makanya, ayo semangat menggali dan mengasah potensi diri!

Baca Juga: Peran Perempuan Sebagai Ibu yang Tangguh Tanpa Demensia di Usia Tua

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya