Comscore Tracker

5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di Indonesia

Wanita-wanita hebat dan pantang menyerah menegakan keadilan

Perjuangan dalam menegakan hak asasi di Indonesia tidak terlepas dari usaha yang dilakukan oleh para aktivis yang setia dan gigih memperjuangkannya. Mereka dengan pantang menyerah, berani membela tanpa sedikit pun takut pada ancaman.

Di antara para aktivis yang giat memperjuangkan keadilan bagi para korban pelanggaran HAM tersebut, terdapat 5 aktivis perempuan yang telah memberikan pengaruh yang cukup besar, berikut ini tokoh-tokohnya.

1. Suciwati

5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di IndonesiaInstagram/omahmunir

Namanya menjadi terkenal sejak kematian suaminya yang juga seorang aktivis HAM, bernama Munir. Wanita kelahiran Malang, 23 Maret 1968 ini terus memperjuangkan pelanggaran HAM atas terbunuhnya Munir yang hingga kini kasusnya masih digantung.

Sejak kematian Munir pada tahun 2004 lalu, Suciwati tak pernah menyerah sedikit pun untuk mendapatkan keadilan di mata hukum. Perjuangannya tersebut pun membuat publik menjulukinya sebagai wanita tangguh karena telah membuka mata dunia betapa pentingnya penegakan HAM di Indonesia.

2. Maria Catarina Sumarsih

5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di IndonesiaInstagram/sumarsihmaria

Peristiwa tragedi Semanggi yang terjadi saat revolusi 1998, telah menyisakan banyak penderitaan bagi para keluarga korban yang gugur pada peristiwa tersebut. Saat peristiwa naas itu terjadi, salah seorang korban yang bernama Wawan ditemukan tewas ditembak peluru tajam. Ia adalah putra pertama dari Maria Catarina Sumarsih atau lebih dikenal dengan nama Sumarsih saja.

Sumarsih adalah sosok yang pantang menyerah dan sangat berani memperjuangkan hak asasi anaknya selama bertahun-tahun. Ia pernah disorot media saat melempar telur ke arah tempat duduk fraksi Militer yang hadir di persidangan pada tahun 2001 karena hasil persidangan kasus anaknya tersebut dianggap bukan pelanggaran HAM berat. Saat ini ia masih aktif melakukan aksi protes terhadap pelanggaran HAM di Indonesia dan mencetuskan aksi Kamisan.

3. Veronica Koman

5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di Indonesiapressfrom.info

Veronica ialah salah satu aktivis HAM yang paling vokal membicarakan kasus pelanggaran HAM yang ada di Papua. Namanya pun disebut-sebut pada kasus kerusuhan Papua beberapa waktu lalu. Saat ini, ia masih ditetapkan sebagai buronan karena dituduh menghasut kerusuhan dikarenakan cuitannya di Twitter pada 18 Agustus 2019 lalu. Meski begitu, di luar kontroversial yang ada, perjuangannya memperjuangkan HAM di Papua menghantarkanya meraih penghargaan  dari organisasi Australia ACFID yang bernama  Sir Ronald Wilson Award.

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu 5 Selebritis Ini Ternyata Menjadi Aktivis!

4. Anis Hidayah

5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di IndonesiaInstagram/anishiedayah

Memulai kiprah sebagai aktivis sejak duduk di bangku kuliah, Anis Hidayah dikenal sebagai sosok yang kritis dan juga pemberani. Ia bekerja keras melakukan perjuangannya untuk melindungi hak-hak para buruh migran yang tertindas khususnya para pekerja perempuan. Pada tahun 1998, ia bersama rekan-rekannya membentuk forum Solidaritas Perempuan Jawa Timur sebagai wadah advokasi untuk para mantan buruh migran.

5. Yuyun Wahyuningrum

5 Perempuan Aktivis HAM Paling Berpengaruh di IndonesiaInstagram/yuyunwahyuningrum

Tak hanya sekedar memperjuangkan HAM di Indonesia, Yuyun juga berperan dalam perjuangan HAM di tingkat ASEAN. Ia menjabat sebagai penasehat senior di Human Right Working Room (HRWR) ASEAN sejak tahun 2010.

Selain itu, ia juga menjadi penasehat senior di ASEAN untuk bidang perlindungan HAM yang berkantor pusat di Bangkok. Berbagai kasus pelanggaran HAM yang turut diperjuangkan oleh Yuyun ialah kasus minoritas Rohingya di Myanmar.

Itulah 5 perempuan aktivis HAM yang berpengaruh di Indonesia. Meski jalan yang ditempuh mereka dalam memperjuangkan HAM tidak mudah, mereka tetap bersemangat dalam menegakan keadilan. Panjang umur perjuangan!

Baca Juga: Aktivis Ini Suarakan Pentingnya Kesetaraan Bagi Wanita di Kantor dan Ranjang!

Maya Andita Photo Community Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You