Comscore Tracker

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!

Cara buatnya juga gampang lho!

Saat ini, terdapat banyak sekali skincare yang bertebaran di pasaran. Baik dari brand lokal sampai luar. Mulai dari masker, serum, sampai toner. Banyak kaum hawa yang ingin mendapatkan kulit yang indah, rela mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk mendapatkan barang tersebut.

Apalagi kalau yang merekomendasikannya adalah beauty vlogger kenamaan seperti Suhay Salim, langsung deh kantong auto jebol. Nah, buat kamu yang ingin merawat penampilan namun tetap ingin irit, bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, berikut contohnya.

1. Ampas kopi

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!Pixabay.com/eliasfalla

Kalau kamu tipikal orang yang suka minum kopi di pagi atau sore hari, sisa ampas kopi mu jangan di buang ya? karena ampas kopimu bisa dijadikan alternatif masker yang mampu membuat wajah lebih cerah dan mengurangi komedo serta bekas jerawat.

Selain itu, kamu juga bisa langsung membuat masker kopi mu dengan menambahkan satu sendok makan bubuk kopi murni dengan air mendidih sampai teksturnya berubah menjadi pasta. Diamkan selama 5 menit agar uap panasnya menghilang, lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Kamu juga bisa tambahkan sedikit madu di dalam maskernya. Gunakanlah secara rutin dua kali seminggu, maka kamu akan langsung melihat perbedaannya!

2. Scrub madu

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!Pixabay.com/monfocus

Sudah dari sejak lama, madu dikenal memiliki kandungan yang sangat baik dalam merawat kecantikan kulit secara alami. Oleh sebab itulah, banyak skincare terkemuka yang menjadikan madu sebagai bahan utama pada produknya.

Kamu bisa membuat masker madu sendiri di rumah dengan cara, mencampurkan satu sendok makan madu murni dengan satu sendok makan gula pasir. Masker ini berkhasiat dalam melembapkan kulit, memudarkan noda hitam, mencerahkan kulit, mengatasi komedo serta mampu memperbaiki tekstur kulit. 

3. Membasuh wajah menggunakan garam

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!Pixabay.com/onefox

Sebelum tidur, kamu bisa terlebih dahulu membasuh wajahmu dengan air hangat yang telah diberi garam. Hal ini dipercaya dapat mengurangi komedo yang membandel. Kamu bisa aplikasikan ini setiap hari, sesaat sebelum tidur. Akan tetapi, cara ini tidak terlalu cocok untuk kamu yang memiliki kondisi kulit yang kering.

Baca Juga: Promo Makeup & Skincare Juni 2020, Ada yang Cuma Sampai Tanggal 6 Lho!

4. Masker teh

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!Pixabay.com/Devanath

Kantong teh bekas yang biasa kamu pakai bisa juga loh dibuat masker rumahan. Caranya, diamkan selama satu malam kantong teh bekasmu. Lalu keesokan paginya, keluarkan teh tersebut dari kantongnya dan beri sedikit madu. Diamkan selama 15 menit di wajah dan bilas menggunakan air hangat.

Masker alami ini dipercaya mampu menangkal efek buruk sinar matahari, memperbaiki kondisi kulit yang terbakar serta melembapkan kulit. Selain itu, kantong teh bekas ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi mata yang lelah. Caranya adalah dengan mendiamkan kantong teh bekas tersebut di pelupuk mata selama beberapa menit.

5. Membersihkan wajah menggunakan es batu   

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!Pixabay.com/Bru-nO

Ingin wajah putih bak porselen? coba deh, bersihkan wajahmu dengan susu yang telah dijadikan es batu. Pertama, bekukan terlebih dahulu susu cair murni di dalam kulkas sehingga menjadi bongkahan es batu. Setelah itu, aplikasikan es batu tersebut ke wajah secara perlahan. Rasakan sensasi dingin di kulitmu yang mampu membuat kulitmu terasa segar seketika.

Selain bisa membuat kulit segar dan terhidrasi, wajah kusam mu juga akan menghilang lho. Asalkan, kamu mengaplikasikannya secara rutin minimal 3 kali seminggu.

6. Masker beras putih

6 Resep Skincare Alternatif dari Bahan Dapur, Anti Mahal!Pixabay.com/ImageParty

Untuk membuat masker dari beras itu caranya cukup mudah lho. Yaitu, dengan terlebih dahulu merendam kurang lebih dua sendok beras selama satu malam. Setelah dicuci dan ditiriskan, tumbuk beras tersebut sampai halus dan rata.

Untuk membuat maskernya, kamu bisa tambahkan air mawar, merek apa saja yang biasa di jual di supermarket. Diamkan selama kurang lebih 15 menit di wajah, kemudian bilas menggunakan air hangat. Masker ini berkhasiat dalam mencerahkan kulit serta memudarkan noda bekas jerawat yang membandel.

Sebelum menggunakannya, ada baiknya kamu melakukan patch test dulu untuk cek apakah kulitmu bereaksi negatif dengan bahan di atas. Karena sensitivitas kulit orang berbeda-beda. Atau yang terbaik adalah konsultasikan dengan dokter kulit, ya!

Maya Andita Photo Verified Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya